Perbincangan Jenewa Gagal, Saudi Lancarkan Serbuan Besar-besaran ke Yaman

Pembicaraan Jenewa Gagal, Saudi Lancarkan Serangan Besar-besaran ke Yaman

Perbincangan Jenewa Gagal, Saudi Lancarkan Serbuan Besar-besaran ke Yaman

HODEIDA – Gabungan pimpinan-Saudi yang Disokong AS pada dini hari Senin (10/09) meluncurkan serbuan udara teranyar ke provinsi Hodeidah. Pusat media Ansharullah mengabarkan bahwa serbuan udara itu dilancarkan di gunung Malh, distrik Moneera.

Cepat sesudah perbincangan damai yang ditengahi PBB di Jenewa gagal akibat blokade yang diberlakukan Arab Saudi kepada gerakan Houthi Ansharullah sehingga delegasi kubu itu tidak dapat Sampai di Jenewa, Gabungan melancarkan lebih dari 40 serbuan udara dan secara random menghancur-leburkan infrastruktur di Hodeidah.

Baca: Saudi Cegat Houthi Keluar Yaman, Perbincangan Damai di Jenewa Gagal

Kantor berita SABA dengan mengutip dari seorang pejabat mengabarkan bahwa pada hari Sabtu saja, gabungan Saudi melancarkan 15 serbuan udara ke provinsi dimana pelabuhan Inti Yaman Ada itu. Serbuan udara ditujukan ke distrik al-Hally dan al-Monirh, menyebabkan kerusakan besar pada properti penduduk.

Gabungan Saudi juga menembakkan rentetan mortir secara random ke beberapa situs di Hodeidah, menyebabkan sejumlah korban yang belum dapat dipastikan jumlahnya.

Kecuali ke Hodeidah, Arab Saudi dan koalisinya juga membombardir provinsi Sa’ada, Yaman.

“5 serbuan udara Saudi di kota Saada, utara Yaman, cuma dalam SATU jam terakhir!!” ungkap seorang aktivis kemanusiaan Yaman, Adel Hashem dalam postingan twitternya. “Pukul 11.37 malam waktu ini!….merasa kuatir di Saada,” cuitnya pada Minggu malam (09/09) waktu setempat.

Penting dicatat bahwa Adel ialah aktivis yang menjalankan LSM Pembangunan Kebutuhan Manusia (HND) dan ia berangkat ke Saada untuk menjalankan misi kemanusiaan. Sebagaimana servis medis, LSM di Yaman terpaksa beroperasi dalam keadaan bahaya di sejauh waktu.

Kecuali ke ibukota provinsi, Yemen Press Agency yang mengutip seorang pejabat mengabarkan bahwa jet perang gabungan pimpinan Saudi juga melancarkan serbuan di wilayah lain di provinsi itu. (ARN)


Source by Muhammad Zuhdi

You might like

About the Author: Muhammad Zuhdi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.