Perbedaan NU-nya Gus Dur dan NU-nya KH Hasyim Muzadi

Perbedaan NU-nya Gus Dur dan NU-nya KH Hasyim Muzadi

Perbedaan NU-nya Gus Dur dan NU-nya KH Hasyim Muzadi

Masih teringat “joke” Almarhun KH Hasyim Muzadi waktu mengisi ceramah Haul Almagfurlah Mbah Kyai Wahab Hasbullah Jombang.

Suatu kala Kholifah Sayyidina Ali Bin Abi Tholib ditanya oleh Tabi’in menganai keruwetan peta politik di Makkah mengenai perebutan kekuasaan.

Wahai Ali, mengapa pada Zaman Baginda Nabi Muhammad para sahabat (warga) tidaklah “seruwet” warga sekarang yang Engkau pimpin.

Dengan sabar Sayyidina Ali menjawab, “Iya, zaman Baginda Nabi Muhammad, warga yang dipimpin beliau ialah orang orang seperti aku, dan kala sekarang yang aku memimpin. masyarakatnya ganti seperti kalian”.

Hal itu juga pernah ditanyakan oleh masyarakat NU terhadap aku (almarhum Pak Hasyim), “yai. kenapa Zaman Gus Dur, NU diombang-ambingkan pemerintah, NU ndak seruwet sekarang?”

Almarhum KH Hasyim pun menjawab, “dulu yang dipimpin Gus Dur ialah orang seperti aku dan sekarang kala aku yang memimpin NU, orang yang aku pimpin ruwet seperti kau”.

Semoga sentilan di atas sanggup menggugah kesadaran kita yang dininabobokan oleh ego dan keperluan sesaat. Terimakasih atas ilmunya, kyai. Al Fatihah.

Keterangan:
Cerita diatas dituturkan oleh MA Husain Umar

You might like

About the Author: Hakim Abdul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.