Pentagon Menyebut Tidak Tahu soal Pemanfaatan Bom Fosfor oleh Pasukannya di Suriah

Pentagon Sebut Tak Tahu soal Penggunaan Bom Fosfor oleh Pasukannya di Suriah

Pentagon Menyebut Tidak Tahu soal Pemanfaatan Bom Fosfor oleh Pasukannya di Suriah

PENTAGON – Departemen Pertahanan Amerika Serikat menyebut bahwa pihaknya tidak tahu-menahu soal pemanfaatan bom fosfor oleh jet-tempur Angkatan Udara AS di provinsi Deir Ezzor, Suriah, Sabtu lalu. Pemanfaatan bom fosfor ini sebelumnya disampaikan oleh kepala Pusat Rekonsiliasi Rusia di negara yang dilanda perang tersebut.

Jubir Pentagon, Komandan Sean Robertson, waktu dikonfirmasi oleh kantor berita TASS menjelaskan bahwa pihaknya belum menerima laporan soal pemanfaatan zat kimia tersebut oleh pasukannya di Suriah.

“Waktu ini, kami belum menerima laporan apapun soal pemanfaatan fosfor putih,” ucap Robertson dalam sebuah Tanya Jawab dengan TASS. “Tidak 1 pun unit angkatan bersenjata di daerah itu bahkan dilengkapi dengan munisi fosfor putih dalam bentuk apa pun.”

Baca: Rusia: AS Gunakan Bom Fosfor dalam Serbuan ke Deir Ezzor

Vladimir Savchenko, kepala Pusat Rekonsiliasi Rusia di Suriah, sebelumnya pada hari Minggu mengumumkan bahwa bom fosfor dipakai oleh pesawat perang angkatan udara AS untuk melaksanakan serbuan kepada pemukiman Hajin di provinsi Deir Ezzor Suriah pada 8 September.

Loading...
loading...

Savchenko mengumumkan sebelumnya bahwa 2 pesawat perang F-15 dari angkatan udara AS mengirimkan serbuan udara di pemukiman Hajin dengan mempergunakan bom fosfor Sabtu lalu, 8 September, menambahkan bahwa serbuan udara itu mengakibatkan kebakaran hebat.

Baca: AS Terus Bantai Masyarakat Sipil Suriah Dengan Bom Fosfor Putih

Pusat rekonsiliasi Rusia mengingatkan bahwa pemanfaatan amunisi yang mengandung fosfor kuning dicegah oleh protokol tambahan menurut Konvensi Jenewa 1949. (ARN)


Source by Ahmad Naufal

loading...

You might like

About the Author: Ahmad Naufal

KOLOM KOMENTAR ANDA :