Berita Suriah

Penggulingan Bashar Al-Assad Melanggar Resolusi PBB

Jasa Web Alhadiy

Sergei Lavrov Menlu Rusia: Penggulingan Presiden Bashar al-Assad Melanggar Resolusi PBB

Sergei Lavrov mengatakan ia telah diberitahu bahwa koalisi yang dipimpin AS memiliki beberapa kesempatan untuk menyerang ISIS, namun itu tidak dilakukan.

Islam-institute.com, MOSKOW – Menteri luar negeri Rusia mengatakan menggulingkan Presiden Bashar al-Assad untuk menyelesaikan krisis Suriah, merupakan pelanggaran terang-terangan terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB.

“Penggulingan rezim yang berkuasa di Damaskus akan menjadi pelanggaran paling keras dari resolusi Dewan Keamanan PBB yang telah disepakati di Jenewa pada tanggal 30 Juni 2012,” kata Sergei Lavrov pada hari Senin.

Dia menambahkan bahwa PBB menetapkan “hanya damai sarana politik dan diplomatik” untuk mengakhiri konflik di Suriah, dan menegaskan bahwa penggulingan sporadis oleh beberapa pemerintah untuk penyelesaian krisis militer di Suriah adalah ‘pelanggaran hukum internasional’.

Sergei Lavrov juga menolak klaim bahwa Rusia telah menargetkan oposisi yang didukung Barat yang beroperasi di Suriah, termasuk apa yang disebut Tentara Pembebasan Suriah (FSA).

Dia menambahkan bahwa Moskow siap untuk “menjalin kontak dengan (FSA) jika itu benar-benar sebuah kelompok militer oposisi dan patriotik yang terdiri dari orang-orang Suriah.”

“Sejauh ini belum ada yang mengatakan kepada kami di mana dan bagaimana ini tentara FSA beroperasi atau di mana dan bagaimana unit lain dari oposisi moderat beroperasi,” kata Lavrov.

Sergei Lavrov mengatakan ia telah diberitahu bahwa koalisi yang dipimpin AS memiliki beberapa kesempatan untuk menyerang ISIS, namun itu tidak dilakukan.

AS dan beberapa sekutu Arabnya telah mengklaim melakukan serangan udara terhadap ISIS di Suriah sejak September lalu. Presiden Suriah Bashar al-Assad, dalam sebuah wawancara dengan Republik Islam Iran News Network, mengatakan serangan yang dipimpin AS telah kontraproduktif. Dia juga mengatakan serangan telah mengakibatkan penyebaran terorisme.

Suriah telah dicengkeram oleh militansi yang didukung asing sejak Maret 2011 yang ditujukan untuk menggulingkan pemerintah Presiden Bashar al-Assad, yang telah merenggut nyawa lebih dari 250.000 orang sejauh ini. (al/SFA/PTV)

Jasa Web Alhadiy
Tags

Related Articles

Jika ada ditemukan artikel yang salah, dan lain-lannya, silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker