Pencipta Lagu Hymne Guru Meninggal Dunia

Website Islam Institute

Pencipta Lagu Hymne Guru meninggal dunia. Awan duka kembali menyelimuti Indonesia akhir Minggu ini. sesudah sebelumnya kehilangan seniman Drs. Suyadi (Pak Raden), Indonesia sekarang kehilangan sosok pahlawan para guru, Sartono Pencipta Lagu Hymne Guru, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa.

Untuk yang belum mengenalnya, Sartono ialah pencipta lagu Hymne Guru, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa. Berita meninggalnya Pak Sartono pun langsung ramai di jejaring media sosial. Sejumlah ujaran belasungkawa mengalir deras.

Lagu Hyme Guru karangan Sartono Adalah bagian karyanya di bidang musik. Lagu ini ke-1 muncul bersesuaian dengan Kesempatan Baik Hari Pendidikan Nasional pada tahun 1980.

“Ketua PGRI Jatim, Ichwan Sumadi: Sudah berpulang pencipta lagu “Hymne Guru” Sartono (79) di Madiun, sosok yg mengangkat citra para pendidik,” ucap akun @Radioelshinta dalam akun Twitternya, Minggu, 1 November 2015.

Pak Sartono, Pencipta Lagu Hymne Guru Meninggal Dunia.

Pak Sartono, Pencipta Lagu Hymne Guru mempelajari musik secara otodidak

Sartono (lahir di Madiun, Jawa Timur, 29 Mei 1936; umur 79 tahun) ialah seorang eks guru seni musik yayasan swasta di Kota Madiun, Jawa Timur. Dia dikenal dengan prestasinya dalam menciptakan lagu. Dialah Pencipta Lagu Hymne Guru, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa pada tahun 1980-an. Sebuah lagu wajib yang sekarang senantiasa dinyanyikan di sekolah-sekolah baik tingkat SD sampai SMA di Indonesia.

Pak Sartono mempelajari musik secara otodidak tanpa mengenyam pendidikan tinggi mengenai hal musik. Pada tahun 1978, Sartono ialah satu-satunya guru seni musik yang dapat membaca not balok di wilayah Madiun. Sebab keterbatasan alat musik yang ia miliki, lagu “Hymne Guru” ia ciptakan dengan bersiul seraya menorehkannya ke dalam catatan kertas.

Sartono tetap hidup sederhana di rumahnya yang berdinding kayu di Jalan Halmahera Nomor 98 Kelurahan Oro-Oro Ombo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun. Ia tinggal bareng istrinya, Damiyati, yang juga pensiunan guru SD setempat dan tidak mempunyai anak cucu.

Sartono selaku pencipta Lagu Hymne Guru yang yang bernilai universal, dan lagu Hymne Guru Adalah bagian karyanya di bidang musik. Lagu ini ke-1 muncul bersesuaian dengan Kesempatan Baik Hari Pendidikan Nasional pada tahun 1980.

Kala itu Sartono ikut festifal mencipta lagu mengenai hal pendidikan. Kecuali pencipata lagu Hymne Guru, Sartono juga menghasilkan delapan lagu bertema pendidikan lainnya.

Perhatiannya dalam dunia pendidikan dan pengabdiannya selaku guru membuahkan penghargaan dari Mendikbud Yahya Muhaimin dan Dirjen Pendidikan Soedardji Darmodihardjo pada waktu menciptakan lagu “Hymne Guru”.

Pak Sartono tutup usia di Rumah Sakit Umum Daerah Madiun, sesudah menjalani perawatan semenjak 20 Oktober lalu. Sartono dinyatakan mengidap komplikasi penyakit penyumbatan pembuluh darah otak, darah tinggi, serta diabetes melitus.

Pak Sartono yang bersahaja sudah tutup usia, selamat jalan Pak Sartono Pencipta Lagu Hymne Guru.

You might like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.