Pemberontak Suriah Selama Bertahun-tahun Dibantu Israel

 

Israel Terbukti Bantu Segalanya Buat Pemberontak Suriah
Terkuaknya informasi ini akibat dari wawancara dengan beberapa pemberontak Suriah. Hal ini menyingkap kenyataan baru soal keterlibatan Israel dalam konflik Suriah. Mereka menceritakan, Israel telah selama bertahun-tahun sudah memasok kebutuhan para pemberontak di Suriah mulai dari duit cash, makanan, bahan bakar, sampai peralatan medis.
Operasi tersebut dilaksanakan oleh seluruh serdadu Israel yang mengerjakan komunikasi secara tertata dengan group pemberontak tersebut. Bahkan, pertolongan yang diberikan meliputi bayaran tidak diungkapkan untuk komandan dipakai untuk membayar gaji pasukan dan melaksanakan pembelian amunisi senjata.
Semenjak 2013 lalu, Israel memang telah merawat sejumlah 3000 orang cedera di Suriah di tempat rumah sakitnya. Di mana di antaranya ialah para personel pemberontak. Negara tersebut pun memberikan pertolongan kemanusiaan misalnya makanan dan pakaian untuk penduduk sipil di kisaran tapal batas negara waktu musim dingin.
Tapi, keterlibatan Israel berlangsung* kian jauh. Negara tersebut menyusun* sebuah unit angkatan bersenjata yang bertugas mengawasi sokongan* untuk Suriah dan menyediakan perkiraan* spesial untuk pertolongan* tersebut.
“Israel memang terdapat* di pihak kami dengan teknik* yang berani. Kami nggak bakal* bertahan tanpa pertolongan* Israel,” ungkap Juru Bicara Pemberontak Fursan al-Joulan, Moatasem al-Golani, seperti dilansir* dari website Wall Street Journal, Minggu (18/6).
Fursan al-Joulan, yang berbasis di provinsi Quneitra, mempunyai* kisaran 400 pemberontak yang secara tersingkap* bersekutu dengan empat kumpulan* pemberontak lainnya di Dataran Golan yang pun* menerima pertolongan* Israel. Hal tersebut* diungkapkan oleh komandan Abu Suhayb dan pemberontak lainnya. Dia menuliskan** kelompoknya menerima duit* senilai USD 5.000 dari Israel.
Secara total, ada selama* 800 personel pemberontak di lebih dari belasan desa di wilayah* tersebut, di mana ribuan penduduk* sipil tinggal. Beberapa dari seluruh* pemberontak dan warga* sipil di wilayah* tersebut yang bergantung pada sokongan* dari Israel.
“sebagian besar orang hendak* bekerja sama dengan Israel,” kata seorang pemberontak di kumpulan* Ousoud al-Rahman yang pun* bertempur di Dataran Tinggi Golan.
Para pemberontak tersebut* menjelaskan destinasi* Israel memberi pertolongan* kpd mereka ialah* supaya milisi pro rezim Suriah yang didukung Iran dan kumpulan* anggota milisi Libanon Hizbullah tetap menjauhi distrik* kisaran 45 mil di tapal batas negara Dataran Tinggi Golan.
Kendati sedemikian, sokongan* yang diberikan* Israel untuk* pemberontak berisiko menambah* ketegangan dengan pemerintahan Presiden Suriah Bashar al-Assad, yang memang telah* lama menuding Israel membantu kumpulan* pemberontak.
Assad menjelaskan, Israel menyokong kumpulan* pemberontak dan melancarkan serbuan udara di distrik* Suriah untuk* menggulingkan kekuasaannya.
Berita ini seakan mengindikasikan* tudingan Assad kepada Israel ialah* benar adanya. walau sedemikian, Israel tetap membantah* mereka menyokong kumpulan* pemberontak di Suriah.
 

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :