Pembahasan ‘Rahasia’ Obama Mengenai hal Islam Wahabi di Indonesia

Pembahasan ‘Rahasia’ Obama dan PM Australia Malcolm Turnbull waktu KTT APEC 2015, mengenai hal Islam Wahabi di Indonesia …

 

Foto-PM-Australia-Malcolm-Turnbull-dan-Presiden-AS-Barack-Obama-ABC-Australia

 

Islam-Institute, Washington DC – Ada yang terungkap dari pembahasan Presiden AS Barack Obama dan PM Australia Malcolm Turnbull waktu KTT APEC 2015 lalu. Soal Islam, Indonesia dan Arab Saudi.

Pembahasan di antara dua kepala negara itu berlangsung dalam KTT APEC 2015 di Manila, Filipina pada November 2015 lalu. Dalam pembahasan bilateral itu, Obama mendeskripsikan bahwa dia mengamati Indonesia berangsur jadi negara dari yang tadinya Islam yang santai dengan beberapa muka dan cenderung sinkretis jadi Islam yang lebih fundamentalis, dan punya interpretasi tidak kenal ampun. Obama menjelaskan pada Turnbull pula, dari pengamatannya, makin beberapa wanita Indonesia sekarang mengadopsi hijab, penutup rambut muslimah.

“Kenapa ini terjadi?” tanya Turnbull seperti dikutip dari Sydney Morning Herald, Minggu (13/3/2016).

Sebab, jawab Obama, Saudi dan negara Teluk Arab lain sudah menyalurkan uang, dan beberapa hitungan total imam dan guru, ke Indonesia. Di tahun 1990-an, lanjut Obama, Saudi mendanai besar-besaran madrasah beraliran Wahabi, Islam fundamentalis yang ada di kerajaan Arab Saudi.

“Hari ini, Islam di Indonesia ini makin berorientasi ke Arab daripada waktu saya hidup di sana,” tutur Obama ke Turnbull.

“Bukankah Saudi itu teman Anda?” tanya Turnbull.

Obama pun tersenyum. “Itu (hubungan) rumit,” jawab Obama.

Pembahasan kedua kepala negara ini baru terungkap dalam majalah bulanan politik Amerika Serikat (AS) The Atlantic edisi April 2016. The Atlantic menuliskan wawancaranya dengan Obama dan menuliskannya dalam artikel panjang berjudul “Obama Doctrine”. Beberapa topik mengenai hal Islam dan Indonesia pun dilansir beberapa media seperti Sydney Morning Herald dan Newsweek.
(al/nwk/mad)
Detik.com

Jasa Website Alhadiy

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :