Pekan Depan, AS – Filipina Gelar Latihan Gabungan

Loading...

MANILAAngkatan bersenjata Amerika Serikat (AS) dan Filipina diadukan akan menggelar latihan gabungan pada pekan depan. Latihan gabungan yang diberinama PHIBLEX 33 itu akan dihelat di perairan Filipina, yang akan diawali pada 4 Oktober yang akan datang. “PHIBLEX 33 didesain untuk meningkatkan usaha bersama-sama dukungan kemanusiaan, interoperabilitas, serta membantu dalam memperkuat kesanggupan binatang air bilateral,” kata Komando Pasifik AS dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Sputnik pada Rabu (28/9).

“Angkatan Bersenjata Filipina, Korps Marinir Filipina dan Marinir AS dan Pelaut dari 3 Brigade Ekspedisi Marinir dan Bonhomme Richard Grup Expeditionary Strike akan berpartisipasi dalam latihan yang akan dihelat di beberapa tempat di Luzon dan Palawan,” sambungnya.

loading...

Digelarnya latihan gabungan ini seperti menepis pernyataan Presiden Filipina Presiden Duterte beberapa waktu lalu. Dimana, kala itu Duterte mendesak seluruh anggota pasukan AS wajib angkat kaki dari negaranya.

Presiden berjuluk “The Punisher” atau “Penghukum” ini blak-blakan menentang keberadaan prajurit AS yang ditempatkan di wilayah Mindanao selatan. Alasannya, perdamaian nggak pernah tercipta selama lebih dari satu abad di wilayah itu semenjak adanya pasukan AS.

Hubungan AS dan Filipina sendiri diadukan terus mengalami guncangan semenjak Duterte menjabat selaku Presiden Filipina. Ini dikarenakan oleh sikap keras Duterte kepada AS, dimana puncaknya Duterte melemparkan kata-kata kotor yang ditujukan untuk Presiden AS Barack Obama.

loading...

Source link

Loading...

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :