PBB: Cuma Selama 4 Bulan, 900 Ribu Penduduk Suriah Jadi Pengungsi

PBB: Cuma Selama 4 Bulan, 900 Ribu Penduduk Suriah Jadi Pengungsi

Geneva –Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengeluarkan laporan bahwa lebih dari 920.000 masyarakat Suriah sebagai pengungsi selama 4 bulan pertama tahun 2018. Ini merupakan angka pengungsi tertinggi semenjak konflik terjadi semenjak 7 tahun lalu.Koordinator kemanusiaan PBB demi Suriah, Panos Moumtzis, mengumumkan terhadap awak media di Geneva, Swiss, pada Minggu (10/6/18) bahwa Suriah tetap mengalami pengungsian yang masif selama banyak bulan terakhir.

“Kami menyaksikan pengungsian yang masif di Suriah… Dari bulan Januari sampai April, terdapat lebih dari 920.000 masyarakat yang mengungsi,” kata Moumtzis. “Ini ialah angka pengungsian tertinggi selama periode yang pendek yang pernah kami lihat semenjak konflik pecah.”

Moumtzis menambahkan, kebanyakan pengungsi baru ini terpaksa berpindah tempat akibat dari eskalasi peperangan di wilayah Idlib yang dikontrol oleh berbagai kubu ekstrimis.

PBB memperkirakan hitungan total total masarakat yang sebagai pengungsi di dalam negeri mencapai 6,2  juta orang. Hitungan total ini belum termasuk 5,6 juta yang mengungsi di negara-negara tetangga.

hingga sekarang PBB aktif menyuplai dukungan terhadap 5,5 juta orang di Suriah saban bulan. Akan tetapi Moumtzis menyuarakan kekhawatirannya soal kurangnya biaya dukungan, di mana cuma 26 % yang terpenuhi dari $3.5 milyar yang diperlukan bagi pengungsi Suriah.

“[Suplai] kemanusiaan di lapangan benar-benat berada di titik puncak… Cadangan kami telah korong,” ucapnya. (ra/presstv)

Loading...
loading...

PBB: Cuma Selama 4 Bulan, 900 Ribu Penduduk Suriah Jadi Pengungsi

Loading...

LIS_LINK

loading...

You might like

About the Author: Ahmad Naufal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *