OPEC Setuju Pangkas Produksi Minyak 1,2 Juta Barel Per-Hari

WINA – Menteri perminyakan Irak menjelaskan bahwa OPEC dan negara-negara mitranya sudah setuju untuk memangkas produksi minyak dengan total 1,2 juta barel per hari (bpd), , walaupun ada intimidasi dari Amerika Serikat untuk menurunkan harga minyak mentah.

“Kami akan memotong total 1,2 juta bpd,” kata Thamer Abbas al-Ghadhban untuk awak media sesudah perjumpaan organisasi internasional di Wina, sebagaimana diadukan oleh kantor berita AFP.

Al-Ghadhban menjelaskan bahwa hitungan total itu yang setara dengan lebih dari 1 % produksi minyak global, akan terdiri dari pengurangan 800.000 bph yang didistribusikan antara 14 member OPEC dan 400.000 oleh mitra non-kartel, termasuk Rusia.

“Pemangkasan ini akan didasarkan pada tingkat produksi minyak Oktober dan akan ditinjau kembali pada bulan April,” ucap Jubir untuk perjumpaan Wina, Tafal al-Nasr, untuk AFP.

OPEC dan mitranya, yang bersama-sama mencapai kisaran setengah dari output global, menjelaskan bahwa berlimpahnya minyak di pasar sudah menyebabkan harganya jatuh lebih dari 30 % dalam 2 bulan terakhir.

Pemberitahuan pada hari Jumat (07/12) ini menyebabkan harga minyak melonjak kisaran 5 % jadi lebih dari 63 dolar per barel pada pukul 3 sore GMT, sebab total pemangkasan lebih besar dari angka minimum yang diperkirakan cuma 1 juta bph. [Sfa]

Salfy News

You might like

About the Author: Ahmad Naufal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.