Inspirasional

Nilai-nilai Islam Sudah Mewarnai Pada Setiap Sila Pancasila

Bagi mereka yang paham dengan ajaran Islam. Tentunya tak akan memungkiri bahwa nilai nilai Islam sudah mewarnai pada setiap Sila Pancasila. Dengan demikian tak akan mempermasalahkan Pancasila ….

Pancasila merupakan dasar Negara Republik Indonesia yang sudah disepakati oleh para pendiri bangsa dari berbagai kalangan. Baik tokoh nasionalis maupun berbagai tokoh agama. Lima dasar dari Pancasila bila dikupas semuanya mengandung unsur nilai ajaran agama. Sehingga bagi umat Islam yang paham dengan nilai-nilai agama tidak mempertentangkan Pancasila sebagai dasar negara.

Menteri Agama Lukman Saifudin menjelaskan, bahwa Sila Pancasila bersumber dari ruh atau nilai Islam.  “Pancasila adalah sesuatu di mana Islam telah memberi ruh di 5 butirnya,” tegas Menag. Hal itu dikatakannya saat menjadi pembicara pada Silaturahim Nasional Kiai / Pimpinan Pesantren Alumni Gontor. Dalam rangka Kesyukuran 90 Tahun Gontor, di Kota Tangerang, Banten, Sabtu (23/01/2016).

Pancasila sebuah rumusan dasar

Dalam Silatnas yang dihadiri lebih kurang 250-an kiai / pimpinan pesantren alumni Pondok Pesantren Gontor tersebut, Menag berbicara tentang Santri dan Sikap Kenegaraan. Menag melihat, Pancasila merupakan sebuah rumusan dasar, komitmen muslim untuk menjalani kehidupan sehari-hari dalam berbangsa dan bernegara.

Menag menegaskan, Indonesia adalah negara yang besar, plural dan majemuk. Baik masyarakatnya, flora-faunanya, hingga keyakinannya. Semua hal di atas, merupakan berkah tak ternilai dari Tuhan, Allah Swt. “Indonesia bukan negara agama, bukan pula negara sekuler. Meski demikian, jika melihat konstitusi kita, nilai-nilai agama sangat mewarnai kehidupan kita,” terang Menag.

“Dalam Pembukaan UUD 45, (disebutkan) Bahwa atas berkat Rahmat Allah Yang Maha Kuasa…. Di situ ada intervensi Tuhan, Indonesia bisa merdeka. Dalan peradilan pun ada peradilan agama, bahkan dalam pendidikan juga,” tambahnya.

Terkait santri, Menag meyakini, seorang santri sejati mempunyai beberapa ciri. Yakni: moderat, rendah hati, dan tidak memonopoli kebenaran. Menurutnya, santri sangat mencintai Tanah Airnya.  (Al/G-penk/mkd/mkd/kemenag)

Jasa Web Alhadiy
Tags

Related Articles

Jika ada ditemukan artikel yang salah, dan lain-lannya, silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker