Ngomong Ditangguhkan, Ternyata Jerman Masih Ekspor Senjata ke Saudi

BERLIN – Walaupun sebelumnya sudah dihentikan oleh Kanselir Angela Merkel yang mengutuk tindakan mematikan jurnalis Saudi, Jamal Khashoggi, Jerman ternyata secara diam-diam masih mengekspor senjata ke Arab Saudi dan bahkan berencana untuk cepat meneruskan penjualan secara terbuka.

Pemerintahan Merkel Menyatakan pada bulan Oktober bahwa pihaknya sudah menangguhkan penjualan senjata ke Arab Saudi sampai Perkara Khashoggi “dijernihkan”, dan menahan pengiriman yang disepakati beberapa minggu lantas.

Tapi penyelidikan oleh majalah Stern berbarengan dengan penyiaran ARD sudah mengungkap bahwa perusahaan senjata Jerman, Rheinmetall, sudah menjual senjata ke Riyadh melalui anak perusahaannya di Italia dan Afrika Selatan walaupun kanselir Jerman sudah memerinthakan penyetopan total sesudah tindakan mematikan Jurnalis Saudi di Istanbul.

“Rheinmetall, sebuah perusahaan yang berbasis di kota Dusseldorf, Jerman barat, mempunyai anak perusahaan bernama RWM Italia, yang membikin bom di pulau Sardinia, Italia,” ungkap sebuah laporan oleh Deutsche Welle (DW).

Member dewan Rheinmetall, Helmut Merch, diadukan mengakui waktu panggilan konferensi dengan para bankir pada pertengahan November kemarin, bahwa 2 saluran ekspor ini “tidak terpengaruh” oleh larangan tersebut.

Tapi, dalam perjumpaan dengan investor awal tahun sekarang, CEO Rheinmetall, Armin Papperger, diadukan Menegaskan bahwa perusahaannya tidak bertanggung jawab atas bisnis apa pun yang ditunaikan oleh anak perusahaannya.

Ini terjadi tatkala pemerintah Merkel telah Menyatakan soal keputusannya untuk menghentikan ekspor senjata ke Arab Saudi pada bulan Oktober, dengan argumentasi problem hak asasi manusia, dan menyerukan ke seluruh negara Eropa untuk mengikutinya. [Sfa]

Salfy News

You might like

About the Author: Ahmad Naufal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.