BERITA DUNIA ISLAM

NATO Desak Rusia Perbaiki Situasi di Suriah



BRUSSELS
Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg mendesak Rusia untuk menggunakan semua pengaruh dan kemampuan yang mereka miliki untuk memperbaiki situasi di Suriah. Stabilitas di Suriah, menurut Stoltenberg, dibutuhkan untuk menjadi dasar dimulainya kembali upaya damai dan memungkinakan bantuan kemanusiaan masuk ke Suriah.

Stoltenberg menyebut salah satu cara agar situasi di Suriah kembali stabil adalah dengan dimulainya kembali gencatan senjata di negara tersebut. Menurut Stoltenberg, Rusia adalah pihak yang bertanggung jawab untuk melakukan itu.

“Saya bergabung dengan panggilan internasional agar Rusia menunjukkan upaya yang kredibel, untuk mengembalikan penghentian permusuhan guna untuk memungkinkan bantuan kemanusiaan ke Aleppo dan untuk menciptakan kondisi yang diperlukan untuk pembicaraan transisi yang dipimpin PBB,” ucapnya, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (26/9).

Sebelumnya, Amerika Serikat (AS) dan sekutunya dari Eropa telah terlebih dahulu mendesak Rusia untuk mengerahkan semua yang mereka miliki untuk menyelamatkan gencatan senjata di Suriah. Desakan ini muncul setelah adanya serangan terbaru yang menghantam wilayah Aleppo. 

Washington mengatakan, Moskow harus menggunakan semua pengaruh yang miliki terhadap semua pihak di kawasan untuk bisa menyelamatkan gencatan senjata, serta menghentikan serangan dan pertempuran di Suriah. Khususnya pertempuran yang terjadi di Aleppo.

“Beban ini berada di pundak Rusia, untuk membuktikan kesediaan dan mampu mengambil langkah-langkah luar biasa untuk menyelamatkan upaya diplomatik,” kata AS dan sejumlah rekan Eropanya dalam pernyataan bersama.



Source link

Jasa Web Alhadiy

Related Articles

Jika ada ditemukan artikel yang salah, dan lain-lannya, silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker