Nasehat untuk NUGL dari Habib Abu Bakar Assegaf Pasuruan

Nasehat untuk NUGL – Berikut ini ialah nasehat untuk NUGL dari Habib Abu Bakar Assegaf Pasuruan. Nasehat untuk NUGL ini seperti dimuat dari blog Pustakamuhibbin. Mari kita simak baik-baik nasehat untuk NUGL berikut ini. Semoga nasehat untuk NUGL ini berguna, khususnya bagi Nahdhiyyin dan umumnya bagi ummat Islam semuanya, amin…

 

Nasehat untuk NUGL

Untuk ikhwani yang menamakan diri “NU Garis Lurus” hafidzakumullah…

أوصيكم وإيايا بتقوى الله

Selaku salah seorang nahdhiy (nahdliyin), saya amat percaya antum seluruh ialah pecinta NU selaku jam’iyyah mubarakah dinan wajtima’an. Dan sebab didorong oleh ghirah dakwah yang tinggi. Antum selama ini ulet mengkritisi pemikiran dan pemahaman yang menurut antum melenceng dari manhaj as-salaf ash-shalih. Terutama akhir-akhir ini pemikiran-pemikiran Prof. DR. KH. Said Aqil Siradj.

Tapi seperti ini, atas dasar kecintaan kita kepada NU. Akan lebih baik kalau ketidaksepakatan dengan pemangku jabatan di NU tersebut dituangkan dalam kritik. Dengan bahasa yang lebih santun dan elegan. Tanpa membawa-bawa NU secara jam’iyyah atau lembaga.

Menamakan diri selaku NUGL dan membikin logo NU dengan penambahan NUGL. Menambah nama dan logo jam’iyyah yang kita cintai ini dari yang telah disepakati oleh ulama-ana al-mutaqaddimin. Padahal, untuk membikin nama dan logo NU itu mereka sepakati dengan hasil istikharah dan isyarah rabbaniyyah. Sebab mereka, Syaikhona Kholil, KH. Hasyim Asy’ari, KH. Wahab Hasbullah wa man fi thabaqatihim bukan ulama sembarangan. Keilmuan, kewara’an serta keihlasan perjuangan mereka untuk ummat telah teruji. Mereka orang-orang yang tsiqah, yang enggak akan kita jumpai dari generasi waktu ini.  رضي الله عنهم وجزاهم عن الأمة خير ماجزى به عباده الصالحين.

Nasehat untuk NUGL, Supaya nggak muncul istilah NU Garis Melenceng, dll

Di samping itu, ini dapat menimbulkan faksi dalam tubuh NU. Serta membuka peluang yang lain akan membikin istilah-istilah baru dengan membawa-bawa nama NU. Ndak tertutup kemungkinan nanti akan ada yang buat istilah NU Garis Melenceng. NU Garis Netral sampai NU Tanpa Garis dan seterusnya.

Kalau ini terjadi, maka ini sama sekali nggak menguntungkan NU, Nahdliyyin dan kubu Aswaja. Yang diuntungkan bahkan kelompok-kelompok di luar NU, seperti Wahabiyah wa khulafaihim. Silakan mengkritik, tapi tetaplah santun. Tanpa menyerbu person dengan umpatan dan caci maki. Jangan gunakan cara-cara orang di luar NU dan tanpa membikin istilah NU yang baru (tanpa buat bid’ah).

Manfaatkan NU semaksimal mungkin untuk memberikan manfaat ke ummat dan menjaga aqidah mereka dari ahlul bid’ah wa adh-dhalalah. Mari kita teladani cara-cara ulama salaf dalam ber-ikhtilaf. Dan mari kita berusaha jadi khairu khalaf li khairi salaf.

وما توفيقي إلا با الله. عليه توكلت وإليه أنيب

Ttd,

Abu Bakar Hasan Assegaf

(Wakil Rais Syuriah PCNU Kab. Pasuruan)

Sedemikian sudah kami sampaikan teguran dari Habib Abu Bakar Hasan Assegaf Pasuruan, lebih tepatnya ini ialah nasehat untuk NUGL.

Simpan

Simpan

Simpan

Simpan

Jasa Website Alhadiy

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :