Home / Berita Rusia / Muslim Rusia Rayakan Idul Fitri, Vladimir Putin Puji Umat Islam

Muslim Rusia Rayakan Idul Fitri, Vladimir Putin Puji Umat Islam

Muslim Rusia Rayakan Idul Fitri, Sambutan Vladimir Putin Memuji Kontribusi Umat Islam Rusia. Presiden Vladimir Putin mengucapkan selamat Idul Fitri kepada umat Muslim Rusia pada Senin, 28 Juli 2014. Hari raya Idul Fitri adalah puncak dari ibadah puasa selama sebulan penuh di bulan Ramadan.

“Sejak dahulu, Idul Fitri dikenal sebagai perayaan atas pemenuhan perbuatan baik. Dan kepedulian terhadap orang-orang yang membutuhkan. Sekaligus menunjukkan kehendak untuk melakukan perbaikan diri”. Kata Putin melalui pernyataannya yang diposting di situs resmi Kremlin.

Putin juga memuji sumbangsih umat Muslim Rusia dalam kehidupan berbudaya dan bermasyarakat di Rusia. “Umat Muslim Rusia memberikan kontribusi signifikan untuk membangun dialog antariman. Sangat kooperatif dengan lembaga pemerintah dan non pemerintah dalam kegiatan amal dan pendidikan,” ujar Putin.

Idul Fitri, dikenal di Rusia sebagai Uraza Bairam. Menurut tradisi ditandai dengan puasa seharian selama satu bulan penuh dari fajar hingga senja selama bulan suci Ramadan. Perempuan hamil, penderita diabetes dan orang yang sedang sakit diberikan pengecualian untuk menjalankan puasa.

Sedikitnya 35 ribu orang berkumpul di pelataran sebuah masjid di St. Petersburg untuk melaksanakan salat Ied. Sementara tujuh ribu orang lainnya dilaporkan berkumpul di masjid kecil di kota tersebut seperti yang dilaporkan oleh polisi lokal. Populasi umat Muslim di negara Beruang Merah itu mencapai 23 juta orang pada tahun lalu.

Di Moskow, sedikitnya ada 230 ribu orang yang diperkirakan merayakan Idul Fitri. Sedikitnya ada 60 ribu orang yang diperkirakan berkumpul di masjid terbesar di kota itu. Dekat Prospekt Mira seperti diberitakan ITAR-Tass, mengutip otoritas Muslim setempat. (UmmatiPress – al/tempo.co)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ketika Rusia Tidak Takut Lagi Pada Eropa

Ada Apa Kini Rusia Tak Lagi Takut pada Eropa (Barat)? Barat terkesima, tak percaya Vladimir ...