Motif Guru Posting Hoax Surat Suara: Supaya Diketahui Tim Paslon 02

MIK (38) menyebarkan hoax surat suara tercoblos di Twitter dengan maksud memberi tahu tim pasangan capres-cawapres nomor urut 02. MIK ditetapkan selaku tersangka sebab berita yang disebarkan berita bohong (hoax).

“Hasil pemeriksaan yang bersangkutan bahwa membikin narasi kalimat tersebut itu dibuat sendiri yang bersangkutan dengan maksud memberi tahu ke para tim ke paslon 02 soal informasi tersebut. Ini menurut Penjelasan tersangka,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jl Jend. Sudirman, Jakarta, Jumat (11/1/2019).

MIK, menurut Argo, mengklaim selaku penyokong Prabowo-Sandiaga. Namun polisi fokus pada penyidikan hoax yang ditunaikan dengan patroli siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

“Ya wajarlah namanya warga itu memberi narasi ke bagian pasangan,” sambungnya.

Barang bukti 1 lembar screenshot postingan MIK di TwitterBarang bukti 1 lembar screenshot postingan MIK di Twitter. (Matius Alfons/detikcom)

Lewat akun Twitter, MIK menyebarkan hoax soal surat suara tercoblos dengan me-mention akun Twitter Dahnil Anzar Simanjuntak.

“Dia (tersangka) perannya buat kalimat yang dibuat sendiri di akun Twitter. Barang bukti 1 lembar capture akun Twitter, nah ini, barbuknya, jadi di Twitter dia itu ada tulisan ini (memperlihatkan lembar screenshot). Jadi ada ini Twitter dia ada @dahnilanzar di atasnya, ‘Ingin ditindaklanjuti info berikut, di Tanjung Priok ada 7 kontainer yang berisi 80 juta surat suara yang telah dicoblos. Ayo pada merapat, pasti dari Tiongkok’. Namun di atas tulisan ini ada capture juga yang isinya viralkan, informasi dari sumber yang patut dipercaya dan seterusnya,” papar Argo.

MIK dijerat dengan Pasal 28 ayat 2 jo Pasal 45 ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 soal ITE serta Pasal 14 dan 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 soal Peraturan Hukum Pidana.

sebelum ini, Mabes Polri menetapkan 4 tersangka Perkara hoax surat suara tercoblos. Tersangka Baik Bawana Putra Disangka jadi pembuat dan penyebar hoax, sedangkan 3 tersangka lainnya penyebar hoax, yaitu J, LS, dan HY.

sumber: detik.com

Shared by Samsul Anwar

You might like

About the Author: Samsul Anwar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.