Partai politik Pengusung Ideologi Negara Islam

Website Islam Institute

Mewaspadai Partai Politik Pengusung Ideologi Negara Islam Semacam ISIS. Fenomena ISIS menyimpan dilema yang cukup serius. Jika tidak diantisipasi dengan serius, ISIS akan menjadi “negara” dalam negara. Yang akan menggunakan instabilitas sebagai pintu masuk untuk semakin memperkuat pengaruhnya di Timur Tengah.

ISIS akan menjelma menjadi kekuatan politik tidak terbendung, hal ini kalau dibiarkan saja bisa merembet sampai ke Indonesia. Alasan secara politis harus diakui bahwa di Indonesia masih ada gerakan-gerakan dan partai politik yang mengusung ideologi Negara Islam seperti ISIS.

Walaupun mereka memakai pola moderasi yang disampaikan kepada masyarakat agar tidak diketahui, namun ada gerakan partai politik yang mengusung ideologi negara Islam atau ideologi syariat Islam. Maka ini semacam perkawinan ideologis antara ISIS sebagai “Negara Islam” dengan gerakan-gerakan partai politik yang mengusung ideologi yang sama.

Dan, kita tahu demokrasi di Indonesia memberikan ruang kebebasan yang sama kepada setiap orang dan setiap kelompok. Untuk menyampaikan ekspresi dan pandangannya dengan bebas. Sehingga sejak jaman reformasi, ideologi dan perda-perda syariah bergerak sangat cepat di Indonesia.

Untuk mengatasi masalah ini perlu diadakan program kontra ideologi dan kontra insurgensi oleh pemerintah melalui lembaga keamanan dan kementerian terkait. Dengan demikian apabila upaya ini berhasil maka secara otomatis kita dapat menjaga diri dari pengaruh radikalisme seperti ISIS, di Indonesia.

(Fuadul Umam, Mahasiswa Pasca Sarjana STAINU Jakarta)

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :