Menteri Susi Buat Minggat 10 Ribu Kapal Asing dari Laut Indonesia

Menteri Susi Buat Minggat 10 Ribu Kapal Asing dari Laut Indonesia Selama Kurang dari 3 Tahun
Loading...

Menteri Susi Buat Minggat 10 Ribu Kapal Asing  dari Laut Indonesia Selama Kurang dari 3 Tahun

Cuma dalam waktu kurang dari 3 tahun Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ternyata sukses buat 10 ribu kapal asing minggat dari Indonesia.

“Ada 10.000 kapal pencuri ikan yang sudah keluar dari laut Indonesia, ada yang kami tenggelamkan dan videonya masuk televisi biar ada efek jera, jikalau tak begitu mereka tak jera,” katanya di Tanjung Pandan, Jumat (27/7/2018) seperti dilansir dari Antara.

Menurut Susi, hitungan total fantastis tersebut membuktikan kalau selama bertahun-tahun sebelumnya Indonesia sudah bersabar dari aksi pencurian ikan tersebut.

“Selama ini laut kita luas tapi tak memberikan kesejahteraan. Ikan kita diculik selama bertahun-tahun oleh beberapa kapal tidak resmi. Perizinan cuma satu kapal tapi mereka operasikan sepuluh kapal. Mereka juga tak membayar pajak,” ujarnya.

loading...

Tetapi, kata Susi, hal ini berkat komitmen dan kerja sama dari berbagai pihak yang tergabung dalam Satuan Tugas 116. Hasil kerja satgas bentukan Presiden itu nyata, pencurian ikan menyusut sehingga hasil ikan nasional naik sampai dua kali lipat.

“Hasilnya pada tahun 2017 lalu spot ikan nasional kita naik dua kali lipat dari 6,5 juta ton jadi 12,5 juta ton,” katanya.

Semenjak Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 44 Tahun 2016 diterapkan pencurian ikan di laut Indonesia memang berkurang drastis. Nelayan juga mengklaim telah amat jarang lagi menyaksikan kapal-kapal besar berbendera asing di laut mereka.

“Sekarang telah jarang, kapal asing memang telah turun cukup drastis, tak seperti dulu,” ujar Mahyu bagian nelayan di Natuna, Kepulauan Riau seperti dilansir Kompas.com pada Rabu (31/1/2018). (DS/yi/infonawacita.com)

loading...

Source by Hakim Abdul

Loading...

You might like

About the Author: Hakim Abdul

KOLOM KOMENTAR ANDA :