Menkumham Ingin Terorisme Berkurang dengan UU Baru

Menkumham Ingin Terorisme Berkurang dengan UU Baru


loading…

JAKARTA – Revisi Undang-Undang (UU) Nomor 15 Tahun 2003 soal Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme sudah disahkan sebagai UU dalam rapat paripurna DPR tadi.Menteri Hukum dan Hak Asasi Insan (Menkumham) Yasonna Laoly juga mengharapkan UU baru itu bisa mengurangi tindak kejahatan terorisme di Indonesia.

“Diinginkan dengan adanya UU ini bisa melarang atau mengurangi setidak-tidaknya tindak kejahatan terorisme,” kata Yasonna Laoly di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (25/5/2018).

Asbab lanjut dia, aparat dalam UU yang baru itu diberikan kewenangan demi menindak terduga teroris dalam usaha pencegahannya. “Jadi, jika ada perbuatan persiapan seluruhnya telah dapat dimungkinkan oleh UU,” ucapnya.

Dirinya juga berterima kasih terhadap DPR yang dianggapnya sudah bekerja sama dengan pemerintah secara bagus dalam merevisi UU tersebut. Dia juga memastikan bahwa hasil revisi UU itu cepat diundangkan seusai ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.

Loading...
loading...

Sehingga, dia meneruskan, UU baru hasil revisi itu bakal cepat berlaku. Selain itu, dia pun menginginkan supaya UU yang baru itu nantinya dapat dipakai secara bertanggung jawab oleh Polri, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan TNI.

“Pun jaksa yang nanti bakal menuntut, hakim jika dia bakal memutus,” katanya.

(maf)

Menkumham Ingin Terorisme Berkurang dengan UU Baru

Loading...

[Source]

loading...

You might like

About the Author: Ahmad Naufal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *