Meluruskan Fatwa ‘Isteri Shalihah Beratnya 55 Kg’

Meluruskan Fatwa ‘Isteri Shalihah Beratnya 55 Kg’

Sedang ramai di media sosial bahwa di antara kriteria istri salihah ialah wanita yang mempunyai berat badan 55 kilogram ataupun langsing. Penjelasan tersebut langsung disanggah oleh KH Ma’ruf Khozin.

“Kriteria istri salihah bukan dilihat dari penampilan fisik, termasuk berat badan,” katanya, Kamis (19/7).

Dalam pandangan tim narasumber Pimpinan Wilayah Aswaja NU Center Jawa Timur ini, ada sejumlah kriteria yang dapat disematkan terhadap istri salihah.

“Sebaik baiknya istri ialah wanita yang membahagiakan ketika engkau melihatnya,” kata alumnus Pondok Pesantren Ploso Kediri tersebut.

menurut hadits yang diriwayatkan Imam Thabrani dari Abdullah bin Salam juga disebutkan syarat lanjutan.

“Yaitu yang mentaati ketika sang suami memerintahnya, serta menjaga diri dan harta suami ketika tak di dekatnya,” ungkapnya. “Bahkan dapat jadi istri yang mempunyai berat badan lebih dari 55 kilogram itu pertanda bahwa sang suami sukses membahagiakannya,” urai Kyai Ma’ruf Khozin.

Lebih detail, aktivis Pimpinan Wilayah (PW) Lembaga Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama (LBMNU) Jatim ini menyampaikan hadits lain mengenai hal kriteria wanita atau istri salihah.

“Di hadits yang lain disebutkan bahwa sebaik-baik istri ialah yang dapat mempunyai tidak sedikit anak dan penyayang terhadap keluarga,” katanya yang menyampaikan bahwa hadits tersebut diriwayatkan Al-Baihaqi.

Dalam pandangannya, jika Nabi Muhammad menganjurkan merid dengan wanita yang reproduksi baik, otomatis akan mempunyai berat badan lebih.

“Dan Nabi tak menjadikan langsing selaku pertanda kesalihan seorang istri,” ungkapnya.

Terkait dengan keadaan fisik istri Nabi Muhammad, Siti Aisyah, Kyai Ma’ruf memberikan argumen.

“Beliau tak punya putra dengan Rasulullah. Dan ketika merid, sampai Nabi Muhammad SAW wafat pun Sayyidah Aisyah masih muda,” pungkasnya.

Seperti sedang jadi perbincangan ada salah seorang ustadz yang menerangkan bahwa istri salihah ialah wanita yang mempunyai berat badan tak lebih dari 55 kilogram. Sang ustadz yang mengakui selaku lulusan bagian kampus terkenal di Mesir tersebut mengemukan pandangannya dalam sebuah tayangan video yang memperoleh tanggapan beragam dari warganet. (Ibnu Nawawi/Abdullah Alawi/NU Online)

Source by Hakim Abdul

You might like

About the Author: Hakim Abdul

KOLOM KOMENTAR ANDA :