Masjidil Haram ‘Diserbu’ Ribuan Ekor Serangga

Ribuan ekor serangga menyerbu wilayah Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi. Serangga-serangga itu bertebaran di lantai dan di dinding-dinding kompleks Masjidil Haram. Bahkan, diadukan serangga itu menempel di pakaian ihram para jemaah yang tengah Ada di kompleks Masjidil Haram dan merayap sampai ke tempat di sekitaran Ka’bah.

“Pada Sabtu (5/1) malam, saya tengah salat di Masjidil Haram dan serangga ada di mana-mana, masjid dimasuki serangga-serangga, tidak cuma di halaman, tapi juga di kisaran Ka’bah,” ucap Abdulwhab Soro (64), dikutip The National, media Uni Emirat Arab (UEA).

Dari beberapa foto dan video yang tersebar di media sosial, serangga tersebut berupa jangkrik. Sebagaimana diadukan Gulf Business dan The National, Jumat (11/1), kejadian itu membikin situasi dan keadaan di Masjidil Haram tidak kondusif dan porak poranda.

Kejadian ‘yang mengganggu’ itu langsung direspons cepat oleh otoritas setempat. Emirat Province Makkah langsung mengerahkan petugas-petugasnya untuk membersihkan kompleks Masjidil Haram dari jangkrik-jangkrik tersebut. Diadukan ada 22 tim yang beranggotakan 138 orang yang diterjunkan untuk membasmi ribuan jangkrik itu. Mereka juga melaksanakan pengasapan disinfeksi di saluran-saluran air di kompleks Masjidil Haram.

“Kami fokus pada area-area reproduksi dan pengembangbiakan serangga-serangga, saluran air dan sumber air terbuka di kisaran halaman Masjidil Haram dan di dalam toilet yang tersebar di halaman masjid,” kata Emirat Province dalam pernyataannya. 

Pada Agustus tahun lalu, ummat Islam di semua dunia juga dikejutkan dengan badai yang menerjang wilayah Makkah. alasannya, badai tersebut sampai menyebabkan kiswa (kain penutup) Ka’bah tersingkap dan merusak tenda-tenda jemaah. (Red: Muchlishon/NU Online)

Shared by Ahmad Zaini

You might like

About the Author: Ahmad Zaini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.