Masjid Ijabah, Tempat Rasulullah Berdoa 3 Permintaan

Website Islam Institute
Loading...

Ada 3 Doa Nabi Muhammad di Masjid Ijabah: 2 Dikabulkan, 1 Tidak Dikabulkan

Kalau mengunjungi ke Madinah, Arab Saudi, mampirlah ke bagian masjid yang ada di kota suci ini. Namanya Masjid Ijabah yang artinya dikabulkan. Letaknya tidak berlebihan jauh dari pemakaman Baqi yang Ada di sisi timur Masjid Nabawi, kisaran 385 meter.

Dibandingkan masjid-masjid yang ada di Madinah, masjid Ijabah tidak berlebihan besar. Bercat paduan kelir krem dan coklat tua, masjid ini dilengkapi sebuah menara tinggi menjulang. walaupun letaknya di pinggir jalan raya, persisnya Jalan As-Sittin, Distrik Bani Muawiyah, masjid ini tidak berlebihan mencolok sebab nyaris menyatu dengan toko-toko yang ada di sekitarnya.

Waktu VIVAnews mengunjungi ke masjid ini, 15 Oktober 2014 lalu, sejumlah jamaah dari bermacam negara baru saja Sampai. sebagian besar dari Iran. Mereka berjalan kaki dari pondokan-pondokan yang tersebar di kisaran masjid. Jamaah perempuan langsung masuk tempat salat spesial, yang di masjid Ijabah ini terletak di lantai dasar. Umumnya masjid-masjid di Arab Saudi memposisikan tempat salat spesial kaum wanita di lantai atas.

Begitu masuk pintu spesial perempuan di samping masjid Ijabah, jamaah tinggal belok ke kiri beberapa langkah. Sampailah di ruang salat yang berukuran kisaran 10 x 10 meter. Ornamen dalam masjid berkarpet merah ini tampak sederhana. Jamaah yang mengunjungi kebanyakan langsung melakukan salat hajat dengan memanjatkan doa spesial untuk Allah SWT.

Jamaah haji menurut bagian petugas Panitia Penyelenggara Haji Indonesia, Sidik Sisdiyanto, kebanyakan meyakini doa mereka akan dikabulkan kalau melakukan salat hajat di masjid ini.

Tentu saja ada cerita di balik keyakinan jamaah yang berdoa di masjid yang awalnya bernama Masjid Bani Mu’awiyah ini. Masjid Ijabah ini Adalah saksi begitu besarnya cinta Nabi Muhammad untuk umatnya.

loading...

Dalam Shahih Muslim diriwayatkan, Amir bin Sa’dari menceritakan dari ayahnya, bahwa suatu hari Rasulullah, Muhammad SAW, Hadir dari Al-Aliyah dan melewati Masjid Bani Mu’awiyah. Rasulullah lantas masuk ke masjid dan salat 2 rakaat. Waktu itu Rasulullah berdoa terlalu lama.

Bakda berdoa, dalam riyawat itu, Rasulullah berkata, “Saya meminta 3 hal untuk Rabbku. Tetapi, cuma 2 hal dikabulkan, dan 1 hal tidak diperkenankan. Saya meminta supaya umatku tidak dibinasakan dengan paceklik. Permintaanku pun dikabulkan. Saya memohon supaya umatku tidak ditenggelamkan. Permohonanku pun dikabulkan. Saya mengharap supaya permusuhan umatku tidak terjadi antar sesama mereka, tetapi permintaanku tidak dikabulkan.”

Terkait doa Rasulullah ini, Malik meriwayatkan dari Abdullah bin Jabir bin Atik, dia berkata, “Abdullah bin Umar Hadir untuk kami di Bani Muawiyah—bagian desa kaum Anshar—dan menanyakan, ‘Apakah Anda semua tahu di mana dulu Nabi Saw salat di masjid Anda semua ini?’ Saya menjawab, ‘Ya.’ Lalu saya menuding ke 1 arah.

Dia kembali menanyakan,‘Apakah engkau tahu 3 hal yang diminta oleh Nabi Saw?’ Saya menjawab, ‘Ya, saya tahu. Beliau berkata, ‘Beri tahu saya 3 hal itu!’ Saya berkata, ‘Nabi Saw berdoa supaya tidak dikalahkan oleh musuh dari golongan orang kafir. Dan supaya tidak dibinasakan dengan paceklik. Keduanya dikabulkan oleh Allah SWT. Nabi Saw juga berdoa supaya permusuhan umatnya tidak terjadi antar sesama mereka. Tetapi, permintaan ini tidak dikabulkan.’ Ibnu Umar berkata, ‘Engkau benar. Sehingga Pertempuran, fitnah, dan perselisihan terus berlangsung sampai Hari Kiamat nanti.

Seperti umumnya masjid-masjid di Madinah, masjid Ijabah yang sekarang berdiri juga sudah direnovasi oleh Raja Fahd bin Abdul Azis pada 1418 H/1977. Masjid Ijabah mempunyai luas 1.000 meter persegi. Dari luas itu, 100 meter persegi dilokasikan untuk jemaah perempuan yang terletak di sisi timur laut masjid. (al/vivanews)

Loading...

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :