Tari Ipat-ipat Raih Tiga Penghargaan untuk Purworejo di TMII

Tari Ipat-ipat Raih Tiga Penghargaan untuk Purworejo, Mantap.. !

Tari Ipat-ipat Raih Tiga Penghargaan untuk PurworejoTari Ipat-ipat yang dibawakan Sangar Tari Paseban Bagelen Kabupaten Purworejo sebagai duta seni Jawa Tengah dalam Parade Tari Nusantara 2015 di Taman Nasional Indonesia Indah (TMII), berhasil memboyong tiga penghargaan. “Duta Purworejo mendapatkan aplaus dalam beberapa sesi gerak. Itu sudah membuat kami bangga walaupun masih sebatas penampilan,” kata Kabid Pariwisata pada Dinas Koperasi […]

Islam-Institute.com, Jakarta – Tari Ipat-ipat yang dibawakan Sangar Tari Paseban Bagelen Kabupaten Purworejo sebagai duta seni Jawa Tengah dalam Parade Tari Nusantara 2015 di Taman Nasional Indonesia Indah (TMII), berhasil memboyong tiga penghargaan.

“Duta Purworejo mendapatkan aplaus dalam beberapa sesi gerak. Itu sudah membuat kami bangga walaupun masih sebatas penampilan,” kata Kabid Pariwisata pada Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan Pariwisata Purworejo Lilos Anggorowati, Jumat (28/8).

Tari Ipat-ipat karya Riyanto Purnomo dari Sanggar Tari Paseban Bagelen yang menceritakan kisah Nyai Bagelen ini mendapat perhatian tersendiri dari penikmat seni yang hadir.

Menurut Lilos Anggorowati, tari ini mampu meraih tiga penghargaan, diantaranya penghargaan khusus sebagai penata tari unggulan, penata musik unggulan dan penyaji unggulan. “Kami bersyukur mewakili Jawa Tengah dalam ajang bergengsi itu, kita tidak ngisin-isini dan bisa membawa penghargaan untuk Jawa Tengah maupun Purworejo,” jelas Lilos Anggorowati.

Hal positif yang bisa dipetik dalam kegiatan itu lanjut Lilos Anggorowati, adalah diperhitungkannya Purworejo di pentas nasional dalam seni budaya tari klasik modern. “Tidak hanya itu, para seniman Purworejo juga mendapat tempat tersendiri,” jelasnya.

Parade Tari Nusantara ke 34, tahun 2015 dilaksanakan di gedung Sasono Langen Budoyo Taman Mini. Acara tersebut diikuti 34 peserta yang mewakili dari masing – masing provinsi. 13 penyaji terbaik non rengking yakni provinsi Riau, lampung, DKI Jakarta,kalimantan barat,Nusa Tenggara Timur, Jawa Tengah,Bali,Jawa Barat, Bangka Belitng, jawa timur, Banten, Kepulauan Riau,dan kalimantan selatan. Dan untuk 5 penata musik unggulan yakni dari DKI Jakarta, Bali, Jawa Timur, Bangka Belitung dan Riau.

Sedangkan untuk 5 penata tari unggulan diraih oleh provinsi Riau, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Bali dan Jawa Timur dan yang berhak mendapat penata tari terbaik jatuh pada provinsi Jawa Timur.

Pada kategori penata rias dan busana unggulan di raih oleh Provinsi Riau, DKI Jakarta, NTT, Bali serta Jawa Timur. Jawa Timur menjadi Provinsi yang mendapatkan title terbaik dalam kategori ini. Seluruh peserta yang masuk kategori tersebut berhak mendapatkan Tropy dan piagam penghargaan serta uang pembinaan.

Sementara itu untuk juara umum pada Parade Tari Nusantara ke 34 tahun 2015 di raih oleh tim kesenian dari Provinsi Jawa Timur. (al/nvb)

You might like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.