Makam Waliyullah Agung Kendal Ditemukan Maulana Habib Luthfi bin Yahya

Website Islam Institute

Makam Waliyullah Agung Kendal Ditemukan Maulana Habib Luthfi bin Yahya

Makam bagian ulama berpengaruh dalam peradaban islam di Indonesia, ditemukan di kompleks permakaman Jabal, Kampung Jagalan, Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah.Ulama besar itu ialah Habib Ahmad bin Aqil Almunawar Ba’alwiy. Sosok ini Adalah guru KH Muhammad Saleh bin Umar As-Samarani atau terkenal dengan nama Kyai Soleh Darat.

Nama yang belakangan disebut Adalah guru dari KH Hasyim Ashari (pendiri Nahdlatul Ulama), dan KH Ahmad Dahlan (pendiri Muhammadiyah). Figur publik emansipasi perempuan, RA Kartini, juga disebut pernah berguru pada Kyai Soleh Darat.

Ditemukan Habib Lutfi
Tempat makam Habib Ahmad bin Aqil Almunawar Ba’alwiy Ada persis di belakang bangunan bagian pondok Al Fadlu Wal Fadhila, asuhan KH Dimyati Rois (Mbah Dim) Kaliwungu.

Makam tersebut ditemukan oleh Ketua Jami’ah Ahlu Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdhyin, Habib Muhammad Lutfi bin Yahya, yang juga ketua Majelis Ulama Indonesia Jawa Tengah.

“Habib Lutfi berkata, di makam ini ada 50 makam lebih ahli dan penghafal Quran yang sampai waktu ini jasadnya masih utuh,” ucap Kyai Basyarohman, pengasuh ponpes Manbaul Hikmah, waktu Kajian agama Akbar dalam rangka peresmian makam Ahmad bin Aqil Almunawar Ba’alwiy, di Kaliwungu, Rabu, 15 Maret 2017 lalu.

Gus Basyar menceritakan, penemuan makam berawal waktu Habib Lutfi berziarah ke makam KH Ahmad Badawi di Bukit Jabal, November 2016 lalu. Waktu masuk kompleks pemakaman dan berjalan ke makam KH Ahmad Badawi, Habib Lutfi mendoakan seluruh makam yang di Jagalan.

Sampai-tiba Habib Lutfi berhenti di bagian makam besar. Di situ, Habib Lutfi berdoa cukup lama. Dia bercerita bahwa di sini ialah makam ulama besar, yaitu Habib Ahmad bin Aqil Almunawar Ba’alwiy yang Adalah guru dari Kyai Soleh Darat. “Kami diminta untuk merawat dan memugarkan makam,” kata Gus Basyar. [dutaislam.com/ab]

Source: MetroTV

 

Makam Waliyullah Agung Kendal Ditemukan Maulana Habib Luthfi bin Yahya

Source

You might like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.