LIPI: Penanganan Terorisme Era Presiden Jokowi Lebih Baik Dibanding Era sebelum ini

Peneliti LIPI Nostalgiawan Wahyudi menilai penanggulangan terorisme di era pemerintahan Jokowi atau Presiden Jokowi – Jusuf Kalla lebih baik kalau dibandingkan era Susilo Bambang Yudhoyono.

“Jaman SBY kan BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) baru dibentuk. Jikalau sekarang (era Presiden Jokowi) lebih stabil. BNPT lebih dapat bekerjasama dengan Polri dan fokus pada baik itu pencegahan atau penanganan pasca-nya,” ucap Nostalgiawan di wilayah Raden Saleh, Cikini, Jakarta Pusat pada Senin, 14 Januari 2019. Cuma saja, kata Nostalgiawan, program kerja BNPT belum tersusun secara terang.

Serupa dengan Nostalgiawan, Pengamat teroris dari Universitas Indonesia, Ridlwan Habib menyaksikan penanganan Perkara terorisme di era Presiden Presiden Jokowi membaik. Bagian contohnya ialah angka Perkara penangkapan sampai mati dan korban salah tangkap oleh aparat meluncur turun.

“Dalam segi statistik itu sesungguhnya Perkara penangkapan sampai mati yang terjadi di era Presiden Jokowi ini jauh lebih meluncur turun daripada SBY,” ucap Ridlwan di tempat yang sama.

Ridlwan mencontohkan Perkara penangkapan kepada terduga teroris di Sumatera Utara yang ditembak mati sebab berusaha kabur. Kecuali itu, dia juga mencontohkan Perkara salah tangkap kepada Wahono atau Bawor di Lampung pada 2010 lalu.

“Perkara Wahono di Lampung, besoknya dia mau nikah, hari ini diambil Densus 88 dibawa ke Jakarta,” ujar Ridlwan

Sebab undangan terlanjur disebar, pihak Famili pun meminta adik Wahono yang menggantikannya menikahi mempelai perempuan. Tapi sesudah diperiksa di Jakarta, rupanya tidak ditemukan bukti keterlibatan Wahono dalam aksi terorisme. Dia pun dilepas kembali.

“Namun intinya bahwa banyak sekali salah tangkap di era dulu. Di era Pak Presiden Jokowi ya kita mesti fair itu lebih low, ada 1 2 Perkara tapi secara statistik jauh lebih meluncur turun,” kata Ridlwan.

Sumber: tempo.co

Shared by Ahmad Zaini

You might like

About the Author: Ahmad Zaini

KOLOM KOMENTAR ANDA :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.