Lintasan Sejarah 27 Juni 2018

Lintasan Sejarah 27 Juni 2018

Hari ini, Rabu tanggal 27 Juni 2018 yang bersesuaian dengan penanggalan Islam 13 Syawal 1439 Hijriah Qamariah. Sementara menurut kalender nasional Iran, hari ini tanggal 6 Tir 1397 Hijriah Syamsiah. Berikut ini kejadian bersejarah yang terjadi di hari ini di tahun-tahun yang lampau.

Ayatullah Muhammad Thaha Meninggal Dunia

116 tahun yang lalu, tanggal 13 Syawal 1323 HQ, Ayatullah Syaikh Muhammad Thaha seorang ulama besar muslim, meninggal dunia pada usia 83 tahun.

Ayatullah Muhammad Thaha lahir di kota Najaf dari sebuah keluarga ulama terkemuka pada zaman itu. Beliau menuntut ilmu-ilmu agama dari ulama-ulama besar pada zaman itu, di antaranya Syaikh Murtadha Anshari.

Ayatullah Syaikh Muhammad Thaha meninggalkan tidak sedikit karya penulisan, di antaranya berjudul “Syarhi bar Ma’alimil Ushul”.

Sejarah

Kemerdekaan Djibouti

41 tahun yang lalu, tanggal  27 Juni 1977 Djibouti bebas dari penjajahan bertahun-tahun Perancis dan meraih kemerdekaannya.

Saban tahun, pada hari ini, rakyat Djibouti merayakannya selaku hari kemerdekaan. Negeri ini semenjak tahun 1896 sebagai jajahan Perancis dengan nama Somalia Perancis. Tapi seusai 80-an tahun berjuang, akhirnya Djibouti memperoleh kemerdekaannya.Djibouti ialah Negara terakhir yang berkoalisi dengan Liga Arab.

Negara ini terletak di timur benua Afrika, di perjumpaan laut Merah dan samudra Hindia, yang berada di selat Babul-Mandab. Karenanya dari segi geopolitik, negeri tersebut mempunyai posisi yang amat strategis.

Bendera Djibouti

Ayatullah Khamenei Diteror di Masjid Abu Dzar

37 tahun yang lalu, tanggal 6 Tir 1360 HS, Ayatullah Khamenei diteror di masjid Abu Dzar, Tehran.

seusai terbentuknya Republik Islam Iran, kekuatan-kekuatan adidaya dunia makin meningkatkan aksi-aksi teror dan konspirasinya kepada Iran. Mereka mulai mempersenjatai dan memperkuat kelompok-kelompok anti revolusi demi menghancur-leburkan negara Iran.

Bagian kubu teror ini ialah Kubu Munafikin (MKO) yang berusaha keras meneror tokoh-tokoh Revolusi Islam Iran. Ayatullah Sayid Ali Khamenei yang waktu itu merupakan wakil Imam Khomeini di Dewan Tinggi Pertahanan dan Imam Jumat Tehran dalam pidato-pidatonya selalu menerangkan substansi kubu MKO dan maksud buruk mereka. Hal ini membikin MKO berusaha menyingkirkan beliau.

Akhirnya, pada 6 Tir 1360 HS, Ayatullah Sayid Ali Khamenei datang di Masjid Abu Dzar, timur Tehran demi menyampaikan pidato. Kala tengah menjawab sejumlah pertanyaan yang datang, sebuah bom yang diletakkan di dalam sebuah tape meledak dan beliau cedera parah mulai dari pundak, leher dan tangan.

Ayatullah Khamenei seusai diteror

 

Source by Hakim Abdul

You might like

About the Author: Hakim Abdul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.