Lintasan Sejarah 17 Juni 2018

Lintasan Sejarah 17 Juni 2018

Hari ini, Ahad tanggal 17 Juni 2018 yang bersesuaian dengan penanggalan Islam 3 Syawal 1439 Hijriah Qamariah. Sementara menurut kalender nasional Iran, hari ini tanggal 27 Khordad 1397 Hijriah Syamsiah. Berikut ini kejadian bersejarah yang terjadi di hari ini di tahun-tahun yang lampau.

Perang Hunain Diawali

1431 tahun yang lalu, tanggal 3 Syawal 8 HQ, menurut sebagian sejarawan muslim, dimulailah Perang Hunain.

Perang ini terjadi 5 belas hari sesudah penaklukan Mekah dan berlangsung di wilayah antara Mekah dan Thaif. 2 kabilah Arab yang belum masuk Islam, yaitu Hawazan dan Tsaqif, bersatu untuk melawan kaum Muslimin dan mereka memasang jebakan untuk mengalahkan Tentara Muslim.

Tentara Muslimin yang baru saja memperoleh kemenangan dalam penaklukan Mekah, sempat lengah dalam perang ini dan terpaksa mundur. Akan tetapi, atas pertolongan Allah Swt dan kepemimpinan Rasulullah, Tentara Muslim kembali bangkit dan berjuang sampai akhirnya meraih kemenangan.

Sejarah

Perjanjian Jenewa

93 tahun yang lalu, tanggal 17 juni 1925, perjanjian yang mencegah pemanfaatan senjata biologi dan kimia diteken di kota Jenewa, Swiss.

menurut perjanjian ini, senjata-senjata kimia, gas, biologi dan sejenisnya secara legal dicegah. Pada tahap ke-1 cuma kisaran 25 negara menyetujui Komitmen ini. Akan tetapi dengan berlalunya waktu, hitungan total negara yang jadi member perjanjian ini makin meningkat.

Loading...
loading...

Perjanjian ini dibuat untuk melarang terulangnya tragedi kemanusiaan akibat pemanfaatan senjata-senjata pembunuh massal ini oleh Jerman dalam perang dunia ke-1. Tetapi meski ada perjanjian tapi sejumlah negara tetap tidak mempedulikannya. Contoh nyata ialah AS yang mempergunakan senjata kimia pada perang Vietnam dan rezim Baath Irak dalam perangnya melawan Iran.

Kota Jenewa

Imam Khomeini Bentuk Lembaga Jihad Pembangunan

39 tahun yang lalu, tanggal 27 Khordad 1358 HS, Imam Khomeini ra memerintahkan dibentuknya Lembaga Jihad Pembangunan.

Jahad Sazandegi (Jihad Pembangunan) dibentuk pada 27 Khordad 1358 HS atas perintah Imam Khomeini ra dan semenjak awal kerjanya, lembaga ini sanggup merekrut sumber daya manusia yang peduli, muda dan profesional di pelbagai bidang demi menghidupkan dan meremajakan desa-desa di bidang sosial, ekonomi dan budaya.

Waktu dibentuknya lembaga Jihad Pembangunan ini Imam Khomeini berkata, “Sekarang kita masuk periode pembangunan. Kita menjulukan tangan kita untuk bangsa dan meminta mereka untuk berpartisipasi dalam gerakan ini.”

Imam Khomeini ra

 

Loading...

Source by Hakim Abdul

loading...

You might like

About the Author: Hakim Abdul

KOLOM KOMENTAR ANDA :