Lawatan Rahasia Oposisi Israel ke Abu Dhabi

ABU DHABI – Politisi Israel dan pemimpin oposisi Partai Pekerja Israel, Avi Gabbay, diadukan melaksanakan Lawatan rahasia ke Uni Emirat Arab dan membicarakan bermacam problem regional dengan 3 pejabat senior Emirat.

Gabbay diam-diam berkunjung Abu Dhabi bulan lalu, dan bertukar sudut pandang mengenai hal konflik Israel-Palestina, “Komitmen abad ini” yang digagas oleh Presiden AS Donald Trump, yang disebut Prakarsa Perdamaian Arab, power regional Iran serta Kemajuan politik di wilayah-wilayah pendudukan, jaringan televisi Channel 10 Israel mengabarkan.

3 pejabat Emirati, yang menggelar pembahasan dengan politisi oposisi Israel dipercayai selaku menteri atau bahkan pejabat tinggi negara.

Laporan itu menambahkan bahwa Gabbay ditemani dalam kunjungannya, antara 2 dan 4 Desember tahun lalu, oleh eks awak media Henrique Cymerman.

Gabbay dikatakan sudah terbang ke Abu Dhabi dalam penerbangan komersial melalui ibu kota Yordania, Amman. Dia dilindungi oleh Tentara keamanan setempat selama kunjungannya.

Dia diadukan memperbarui direktur agen Spionase Mossad Israel, Yossi Cohen, pada isi pertemuannya cepat sesudah kembali ke Israel.

Lawatan itu dikoordinasikan melalui seorang masyarakat negara Maroko, yang mempunyai hubungan dengan pejabat senior Emirat dan sebelumnya sudah mengatur perjumpaan lain untuk Gabbay dengan para pejabat senior Arab.

Menteri Transportasi dan Intelijen Israel Yisrael Katz berkunjung Oman pada 4 November tahun lalu untuk ikut hadir konferensi transportasi internasional dan meluncurkan proyek kereta api yang akan menghubungkan Teluk Persia ke Mediterania melalui wilayah yang diduduki Israel.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada akhir November 2018 berkunjung Oman, di mana ia berjumpa dengan Sultan Sayyid Qaboos bin Said Al Said di Bait al-Barakah Royal Palace di kota pesisir Seeb dekat ibukota Muscat.

Surat berita harian berbahasa Inggris Israel The Jerusalem Post mengabarkan bahwa ke-2 orang itu sudah membicarakan cara-cara untuk memajukan proses perdamaian Timur Tengah serta hal-hal menarik yang berhubungan dengan stabilitas wilayah.

Netanyahu didampingi oleh pejabat senior, termasuk kepala agen Spionase Mossad dan penasihat keamanan nasionalnya.

Lawatan Netanyahu ke Oman ditunaikan pada hari yang sama saat Menteri Kebudayaan dan Olahraga Israel Miri Regev melaksanakan perjalanan ke UEA untuk menemani tim judo Israel di Abu Dhabi Grand Slam 2018.

Tel Aviv dan Abu Dhabi tidak mempunyai hubungan diplomatik dan UEA tidak mengakui Israel, tetapi ke-2 belah pihak sudah menaikkan kerja sama dalam beberapa tahun terakhir. Ada banyak laporan mengenai hal kontak yang meningkat antara pejabat Saudi dan Israel juga.

Di antara negara-negara Arab, Israel cuma mempunyai hubungan diplomatik dengan Mesir dan Yordania.

Arab Saudi mempunyai hubungan bermusuhan dengan gerakan perlawanan di wilayah Palestina, termasuk Hamas yang memerangi pendudukan Israel. [Sfa]

Shared by M. Najib

You might like

About the Author: Muhammad Najib

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.