Laporan: Perbincangan Telepon Macron-Trump Berlangsung “Menakutkan”

Loading...

Laporan: Perbincangan Telepon Macron-Trump Berlangsung “Menakutkan”

PARIS – Panggilan telepon baru-baru ini antara Presiden AS Donald Trump dan mitranya dari Perancis, Emmanuel Macron, digambarkan berlangsung “menakutkan” seusai Trump tersinggung dengan kritik yang disampaikan Macron.

“Amat buruk. Itu menakutkan, ”kata sumber yang tak disebutkan namanya terhadap CNN. Menurut laporan pada hari Senin (04/06) itu, “Macron mengira dia bakal bebas mengungkapkan pikirannya, mengingat hubungan dekatnya dengan Trump. Namun Trump tak sanggup menerima kritikan semisal itu.”

Baca: Macron: Aku Yakinkan Trump Pertahankan anngota militer di Suriah

Keduanya berbicara Kamis lalu, kala Amerika Serikat mengumumkan bakal memberlakukan tarif baja dan aluminium di Uni Eropa, Meksiko dan Kanada.

Walaupun mengalami pasang surut, pasangan ini dilihat menjalin persahabatan yang tak biasa. Macron menjelaskan terhadap BBC bahwa ia mempunyai hubungan “amat dekat” dengan Trump, dan para ajudan Macron juga menjelaskan bahwa Presiden Prancis itu menganggap dirinya selaku “penerjemah Trump” di Eropa.

Dalam pengumuman terbuka yang dikeluarkan oleh Istana Elysée sebelum panggilan telepon “menakutkan” itu, Macron menjelaskan bahwa ia “menyesalkan” keputusan tarif AS yang “tak cuma tidak resmi, akan tetapi juga mengandung kekhilafan pada tidak sedikit poin. Ini ialah kekhilafan sebab merespon ketidakseimbangan di seluruh dunia yang ada dalam cara terburuk melalui fragmentasi dan nasionalisme ekonomi.”

loading...

Baca: Sindiran Pedas Macron Terhadap Trump Terkait Kesepakatan Nuklir Iran

Gedung Putih mengkonfirmasi bahwa kedua presiden membicarakan perdagangan dan migrasi selama panggilan tersebut.

“Kedua pemimpin membicarakan problem migrasi di Libya, dan tenggat waktu demi menyelesaikannya. Presiden Trump menggarisbawahi perlunya menyeimbangkan perdagangan dengan Eropa, ”kata Gedung Putih.

Kedua Presiden ini juga sudah berselisih mengenai isu-isu lain, diantaranya yang paling penting ialah keputusan AS baru-baru ini demi menarik diri dari kesepakatan nuklir multi-nasional Iran. (ARN)

Loading...

You might like

About the Author: Ahmad Zaini

KOLOM KOMENTAR ANDA :