Kudeta Gagal Hizbut Tahrir

Kudeta Gagal Hizbut Tahrir

Kudeta Gagal Hizbut Tahrir

Ilustrasi

Beberapa yang tanya, mengapa Hizbut Tahrir (HT) dicegah dibanyak negara termasuk Indonesia? HT ialah organisasi politik anti-kekerasan? Benarkah?

Betul bahwa HT mempunyai tahapan perjuangan yang tampak anti-kekerasan, mereka mempunyai 3 taktik untuk mencapai maksud. Ke-1, membentuk kader Utama yang militant. Ke-2, kader Utama akan jadi para juru dakwah: berkampanye, melaksanakan propaganda, dan meyakinkan publik muslim mengenai hal doktrin-doktrin HT terkait sistem khilafah seraya menghinakan sistem negara yang diincarnya. Ketiga, transisi politik untuk merubah atau merebut kekuasaan. Dalam doktrin mereka, diharamkan melaksanakan kekerasaan dalam merebut kekuasaan.

Fethi Mansouri dan Shahram Akbarzadeh dalam “Political Islam and Human Security” mecatat bahwa supaya doktrin anti-kekerasan tersebut tetap dapat dijalankan, salah satunya caranya dengan melaksanakan penyusupan dan menamkan pengaruh di tubuh angkatan bersenjata. Sebelum dicegah di Turki, HT pernah menyampaikan surat terbuka ke jenderal prajurit di negara itu untuk membentuk khilafah, ajakan itu direspon pemerintah Turki dengan merilis pelarangan organisasi trans-nasional itu.

Tahun 1962-1963, HT menyusupkan pengaruhnya di tubuh angkatan bersenjata Irak dan Suriah untuk melaksanakan kudeta. Pada 1976 percobaan kudeta dilaksanakan dan gagal. seusai percobaan kudeta yang gagal itu HT tidak berhenti mencoba, pada tahun-tahun seterusnya organisasi itu melaksanakan hal yang sama.

Loading...
loading...

Pada 1969 usaha planning kudeta yang melibatkan angkatan bersenjata di Yordania tercium apparat kerajaan, hasilnya sejumlah aktivis HT dan angkatan bersenjata yang terlibat ditahan. Hal serupa terjadi di Irak (1972) dan Suriah (1976). Kudeta yang gagal juga terjadi di Mesir, kader HT bernama Sallih Sirriya gagal memimpin anggotanya merebut kekuasaan di Mesir (1974). Berhenti sampai di situ? Tidak! Mei 2011, Pakistan digegerkan oleh planning Brigadir Khan untuk menggulingkan pemerintahan Pakistan. Kali ini pun tidak sukses, angkatan bersenjata Pakistan langsung memberangus Khan beserta HT.

Pertanyaannya, apakah kita masih ingin menjelaskan HT ialah organisasi politik yang anti-keketrasan? Mari saya tunjukkan argumentasi beberapa negara dari 21 negara yang mencegah HT:

1.Yordania mencegah HT sebab dinilai jadi ancaman kedaulatan negara;
2.Mesir mencegah HT sebab sebab pernah terlibat kudeta dan menculik atase Mesir;
3.Uzbekistan mencegah HT sebab terlibat pemboman di Taskent;
4.Kirgistan mencegah HT sebab dinilai selaku kubu ekstrim;
5.Turki mencegah HT sebab dinilai selaku organisasi teroris;
6.Banglades mencegah HT sebab dinilai mengancam kedamaian;

Di Indonesia, apakah ancaman kedaulatan oleh organisasi trans-nasional itu hilang bersama-sama pelarangan HTI? Tidak! Malah sebaliknya, mereka akan bergerak senyap sebab tidak mempunyai legalitas organisasi. TNI, Polisi, dan Badan Intelijen Negara Adalah institusi yang paling rawan jadi sasaran penyusupan dari gerakan senyap mereka. Waspada? Penting binggit, Om Aparat!

Disarikan dari bebagai sumber.
——————————————
#gambarhizbuttahrirsuriah
#gambardigunakankumparan
#sumberhizbuttahrir.org

Sumber FB: Makinuddin Samin

(suaraislam)

Loading...


Shared by Ahmad Zaini

loading...

You might like

About the Author: Ahmad Zaini

KOLOM KOMENTAR ANDA :