Home / Sejarah / Kuburan Al-Baqi Dihancurkan Salafi Wahabi Secara Barbar

Kuburan Al-Baqi Dihancurkan Salafi Wahabi Secara Barbar

Penghancuran Kuburan Al-Baqi adalah bagian sejarah berdarah kaum Salafi Wahabi bermodal jargon mengakkan tauhid. Karena dipandang oleh mereka bahwa kuburan Al-Baqi adalah sumber kemusyrikan yang merusak tauhid.

Salafi Wahabi – Rabu 8 Syawal 1345 Hijriah bertepatan dengan 21 April 1925 mausoleum (kuburan besar yang amat indah) di Jannatul al-Baqi di Madinah diratakan dengan tanah atas perintah Raja Ibnu Saud. Di tahun yang sama pula Raja Ibnu Saud yang Wahabi itu menghancurkan makam orang-orang yang disayangi Rasulullah Saw (ibunda, istri, kakek dan keluarganya) di Jannat al-Mualla (Mekah).

Penghancuran kuburan al-Baqi yang merupakan situs bersejarah dan mulia itu oleh Keluarga al-Saud yang Wahabi itu terus berlanjut hingga sekarang. Menurut beberapa ulama apa yang terjadi di tanah Arabia itu adalah bentuk  nyata konspirasi Yahudi melawan Islam, di bawah kedok Tauhid. Sebenarnya, tujuan utamanya adalah secara sistematis ingin menghapus pusaka dan warisan Islam yang masih tersisa agar Kaum Muslim terputus dari sejarah Islam. Agar Umat Islam “kepaten obor” sehingga tak mampu menunjukkan bukti sejarah.

Asal Muasal Kuburan al-Baqi

Secara harfiah “al-baqi” berarti taman pepohonan. Dikenal juga sebagai “Jannat al-baqi” karena “keramatnya” sejak keluarga dan sahabat Rasulullah dimakamkan di tempat ini.

Sahabat pertama yang dimakamkan di kuburan al-Baqi adalah Usman bin Madhoon yang wafat 3  syaban tahun 3 hijiriah. Rasulullah memerintahkan menanam pepohonan di sekitar pusaranya. Rasul juga meletakkan dua buah batu di antara makam sahabatnya itu.

Tahun berikutnya putra Rasulullah Ibrahim wafat saat masih bayi. Dengan derai air mata Rasulullah memakamkan putranya tercinta itu di kuburan al-Baqi. Sejak itulah penduduk Madina ikut juga memakamkan sanak saudaranya di kuburan al-Baqi. Apalagi setelah mendengar sabda Rasulullah,” Salam sejahtera untukmu wahai orang yang beriman, Jika Allah berkenan , kami akan menyusulmu. Ya Allah, ampunilah ahli kubur al-Baqi’.

Tanah kuburan al-Baqi perlahan pun diperluas. Tak kurang dari 7000   sahabat Rasulullah dikuburkan di sini. Termasuk juga ahlul baytnya yaitu Imam Hasan bin Ali, Imam Ali bin Husayn, Imam Muhammad Al_Baqir, dan Imam Ja’far al-Sadiq.

Selain itu saudara Rasulullah yang dimakamkan di kuburan al-baqi adalah, Bibi Safiyah dan Aatikah. Di kuburan al-baqi dimakamkan pula Fatimah binti al-Asad (Ibunda Imam Ali bin Abi Thalib).

Khalifah Usman dimakamkan di luar al-Baqi namun belakangan karena perluasan makam maka ia termasuk di al-Baqi. Imam mazhab sunni yang terkenal Malik bin Anas juga dimakamkan di kuburan al-Baqi. Tak pelak kuburan al-Baqi adalah tempat amat bersejarah bagi Kaum Muslimin di seluruh jagat raya.

Kuburan Al-Baqi Dalam Perspektif Ahli Sejarah

Umar bin Jubair melukiskan al-Baqi saat ia berkunjung ke Madinah berkata, ”al-Baqi terletak di timur Madinah. Gerbang al-Baqi akan meny ambut anda saat tiba di al-baqi. Saat anda masuk kuburan pertama yang anda lihat di sebelah kiri adalah kuburan Safiyah, bibi Rasulullah. Agak jauh dari situ terletak pusara Malik bin Anas,  Salah seorang Imam Ahlus Sunnah dari Madinah. Di atas makamnya didirikan sebuah kubah kecil. Di depannya ada kubah putih tempat makam putra Rasulullah Ibrahim.

Di sebelah kanannya adalah makam Abdurahman bin Umar putra Umar bin Khatab, dikenal sebagai Abu Shahma. Abu Shahma dihukum cambuk oleh ayahnya karena minum khamar. Hukuman cambuk untuk peminum khamar seharusnya tidak hingga mati. Namun Umar mencambuknya hingga ajal merenggutnya. Di hadapan kuburan Abu Shahma adalah makam Aqeel bin Abi Thalib dan Abdulah bin Ja’far al-Tayyar. Di muka kuburan mereka terbaring pusara isteri Rasul Saw dan Abbas bin Abdul Mutalib.

Makam Imam Hasan bin Ali, terletak di sisi kanan dari gerbang kuburan al-Baqi. Makam ini dilindungi kubah tinggi . Di sebelah atas nisan Imam Hasan adalah makam Abbas bin Abdul Muthalib. Kedua makam diselimuti kubah tinggi. Dindingnya dilapisi bingkai kuning bertahtakan bintang indah. Bentuk serupa juga menghias makam Ibrahim putra Rasulullah. Di belakang makam Abbas berdiri rumah yang biasa digunakan Fatimah binti Rasulullah as. Biasa disebut “Bayt al-Ahzaan” (rumah duka cita). Di tempat ini putri Rasulullah biasa berkabung mengenang kepergian ayahnya tercinta rasulullah SAWW. Di ujung penghabisan al-Baqi berdiri kubah kecil tempat Usman di makamkan. Di dekatnya terbaring ibunda Ali bin Abi Thalib Fatimah binti Asad”.

Satu setengah abad kemudian pengelana terkenal Ibnu Batutah mengunjungi kuburan al-Baqi dan menemukan al Baqi tidaklah berbeda dengan yang dilukiskan Ibnu Jubair. Ia menambahkan,” Al-Baqi adalah kuburan sejumlah kaum Muhajirin dan Anshar dan sahabat nabi lainnya. Kebanyakan mereka tidaklah dikenal’.

Berabad-abad lamanya kuburan al-Baqi tetap keramat dengan berbagai perbaikan bangunan yang diperlukan. Semuanya berakhir diabad 19 kala Kaum Salafi Wahabi muncul. Mereka menajiskan pusara mulia dan menunjukkan sikap kurangajar pada para syahid dan para sahabat nabi yang dimakamkan disana. Muslim yang tidak sependapat dicap sebagai kafir dan dikejar-kejar untuk dibunuh.

Penghancuran Pertama pada Kuburan al-Baqi

Kaum Wahabi percaya menziarahi makam dan pusara Nabi, Imam dan para syuhada adalah pemujaan terhadap berhala dan pekerjaan yang tidak Islami. Mereka yang melakukanya pantas dibunuh dan harta bendanya dirampas. Sejak invasi pertama ke Irak hingga kini, faktanya, Kaum Wahabi, dan penguasa Negara teluk lainnya membantai Kaum Muslim yang tidak sepaham dengan mereka. Tak pelak lagi seluruh dunia Islam sangat menghormati Kuburan al-Baqi. Khalifah Abu Bakar dan Umar bahkan menyatakan keinginannya untuk dimakamkan di dekat makam Rasulullah.

Sejak 1205 Hijriah hingga 1217 Hijriah Kaum Wahabi mencoba menguasai Semenanjung Arabia namun gagal. Akhirnya 1217 Hijriah mereka berhasil menguasai Thaif dengan menumpahkan darah muslim yang tak berdosa. Mereka memasuki Mekah tahun 1218 Hijriah dan menghancurkan semua bangunan dan kubah suci, termasuk kubah yang menaungi sumur Zamzam.

Tahun 1221, Kaum Wahabi masuk kotaMadinah dan menajiskan kuburan al-Baqi dan semua mesjid yang mereka lewati. Kaum Wahabi bahkan mencoba menghancurkan pusara Rasulullah, namun entah dengan alasan apa usaha gila itu dihentikan. Di tahun-tahun berikutnya jemaah haji asal Irak,  Suriah dan Mesir ditolak untuk masuk kota Mekah untuk berhaji. Raja al-Saud memaksa setiap muslim yang ingin berhaji harus menjadi Wahabi atau jika tidak akan dicap sebagai kafir dan dilarang masuk kota Mekah.

Kuburan Al-Baqi pun diratakan dengan tanah tanpa menyisakan apapun, termasuk nisan atau pusara. Belum puas dengan tindakan barbarnya Kaum Wahabi memerintahkan tiga orang kulit hitam yang sedang berziarah ke pusara Nabi untuk menunjukkan tempat persembunyian harta benda. Raja Ibnu Saud merampas harta benda itu untuk dirinya sendiri.

Ribuan Muslim melarikan diri dari Mekah dan Madinah. Mereka menghindari kejaran Kaum Wahabi. Muslim seluruh dunia mengutuk tindakan Saudi dan mendesak khalifah kerajaan Otoman menyelamatkan situs-situs bersejarah dari kehancuran.

Dibawah pimpinan Muhammad Ali Basha mereka menyerang Hijaz , dengan bantuan suku-suku setempat, akhirnya mereka menang. Lalu ia mengatur hukum dan pemerintahan di Hijaz, khususnya Mekah dan Madinah. Sekaligus mengusir keluarga al-Saud. Muslim di seluruh dunia bergembira. Di Mesir perayaan berlanjut hingga 5 hari! Tak diragukan lagi kegembiraan karena mereka bisa pergi haji dan pusara mulia pun diperbaiki lagi.

Tahun 1818 Masehi Khalifah Ottoman Abdul Majid dan penggantinya Abdul Hamid dan Mohammad, merekonstruksi semua tempat suci, memperbaiki semua warisan Islam yang penting. Dari 1848 hingga 1860, biaya perbaikan telah mencapai 700 ribu Poundsterling. Sebagian besar dana diperoleh dari uang yang terkumpul di makam Rasulullah.

Tindakan Barbar Kedua Kaum Salafi Wahabi

Kerajaan Ottoman telah mempercantik Madinah dan Mekah dengan memperbaiki semua bangunan keagamaan dengan arsitektur bercita rasa seni tinggi. Richard Burton, yang berkunjung ke makam rasulullah tahun 1853 dengan menyamar sebagai muslim asalAfghanistandengan nama Abdullah mengatakan Madinah dipenuhi 55 mesjid dan kuburan suci. Orang Inggris lain yang dating ke Madinah tahun 1877-1878 melukiskan keindahan yang setara dengan Istambul. Ia menulis tentang dinding putih, menara berhias emas dan rumput yang hijau.

Tahun 1924 Wahabi masuk ke Hijaz untuk kedua kalinya.  Untuk kedua kalinya pula pembantaian dan perampasan dilakukan. Orang-orang di jalan dibantai. Tak terkecuali perempuan dan anak-anak jadi korban. Rumah-rumah diratakan dengan tanah.

Awn bin Hashim menulis: lembah-lembah dipenuhi kerangka manusia, darah kering berceceran di mana-mana. Sulit untuk menemukan pohon yang tidak ada satu atau dua mayat tergeletak di dekat akarnya.

Madinah akhirnya menyerah setelah digempur habis Kaum Wahabi. Semua warisan Islam dimusnahkan. Hanya pusara Nabi Saw yang tersisa.

Ibnu Jabhan (Ulama Wahabi) memberikan alasan mengapa ia merasa harus meratakan makam Nabi Saw, ”Kami tahu nisan di makam Rasulullah bertentangan dengan akidah dan mendirikan mesjid di pemakamannya adalah dosa besar’.

Pusara Sang Syahid Hamzah bin Abdul Muthalib (paman Nabi) beserta syahid perang Uhud lainnya dihancurkan. Masjid Nabi dilempari. Setelah protes dari Kaum Muslim dunia Ibnu saud berjanji akan memperbaiki bangunanbersejarah tersebut. Namun janji itu tidak pernah ditempati. Ibnu saud juga berjanji Hijaz akan dikelola pemerintahan multinasional, khsusnya menyangkut Madinah dan Mekah. Namun janji itu tinggalah janji.

Tahun 1925 giliran Janat al-Mulla pemakaman di Mekah dihancurkan. Ikut juga dihancurkan rumah tempat Rasulullah dilahirkan. Sejak itulah hari duka untuk semua muslim di jagat raya.

Tidakkah mengherankan Kaum Wahabi menghancurkan makam, pusara mulia dan semua tempat-tempat bersejarah bagi dunia Islam (semuanya diam tak bergerak), sementara itu Raja-raja Saudi dijaga dengan ketat menghabiskan jutaan dolar?

Hujan Protes Terhadap Penghancuran Kuburan Al-Baqi

Tahun 1926 protes massal Kaum Muslim bergerak di seluruh dunia. Resolusi diluncurkan dan daftar kejahatan wahabi dibuat. Isinya di antaranya adalah:

1. Penghancuran dan penodaan tempat suci , di antaranya rumah kelahiran Nabi, pusara Bani Hasyim di Mekah dan Jannat al-Baqi (Madinah), penolakan wahabi pada muslim yang melafalkan al-fatihah di makam-makam suci tersebut.

2. Penghancuran tempat ibadah di antaranya Masjid Hamzah, Masjid Abu Rasheed, dan pusara para Imam dan sahabat.

 3. Campur-tangan pelaksanaan ibadah haji

4. Memaksa muslim mengikuti inovasi wahabi dan menghapus aturan atas keyakinan yang diajarkan para Imam mazhab

5. Pembantaian para Sayyid di Thaif, madina, Ahsa dan Qatif

6. Meratakan makam para Imam di kuburan al-Baqi yang sangat di hormati kaum Syiah

Protes yang sama bermunculan di Iran, Irak, Mesir, Indonesiadan Turki. Mereka mengutuk tindakan barbar Saudi Wahabi. Beberapa ulama menulis traktat dan buku untuk mengabarkan dunia fakta-fakta yang terjadi di Hijaz adalah konspirasi karya Yahudi melawan Islam dengan berkedok Tauhid. Tujuan utama adalah menghapus secara sistematis akar sejarah Kaum Muslim sehingga nantinya Kaum Muslim kehilangan asal-usul keagamaannya.

Tindakan barbar Kaum Salafi Wahabi boleh jadi menginspirasi peristiwa bersejarah lainnya. Sejarah perang dunia kedua mengingatkan kita akan kekejaman Nazi Jerman. Orang-orang Yahudi melarikan diri setelah dikejar-kejar untruk dibunuh Nazi. Kekejaman Hitler diperingati dunia (Khususnya Jerman dan sekutunya). Kini Nazi dilarang dan orang yang mengusung simbol-simbolnya bisa dihukum dan diusir dari Jerman. Hitler dan Nazi Jerman membantai jutaan Yahudi (versi Ahmadinejad tidak mungkin sebanyak itu). Hitler tidak merusak bangunan karya Yahudi. Hitler tidak merusak kuburan. Bandingkan dengan tindakan Kaum Salafi Wahabi yang tidak saja membunuh dan mengusir orang hidup tapi juga orang-orang yang sudah wafat juga ikut “dibunuh’!!!”

Berikut ini daftar makam dan tempat yang juga dihancurkan Kaum Salafi Wahabi;

– Pemakaman al-Mualla di Mekah termasuk pusara isteri tercinta Nabi, Sayidah Khadijah binti Khuwailid , Makam Ibunda Rasul Siti Aminah binti Wahhab, makam pamananda Rasul Abu Thalib (Ayahanda Ali bin Abu Thalib) dan makam kakek Nabi Abdul Muthalib

– makam Siti Hawa di Jedah

– makam ayahanda Rasul Abdullah bin Abdul Muthalib di Madinah

– rumah duka (baytl al-Ahzan) Sayidah Fatimah di Madinah

– Masjid Salman al_Farisi di Madinah

– Masjid Raj’at ash-Shams di Madinah

– Rumah Nabi di Madinah setelah Hijrah dari Mekah

-Rumah Imam Ja’far al-Shadiq di Madinah

-Komplek (mahhalla) bani Hasyim di Madinah

-Rumah Imam Ali bin Abi Thalib tempat Imam Hasan dan Imam Husein dilahirkan

-Makam Hamzah dan para syuhada Uhud di gunung Uhud

*diterjemahkan dari HISTORY OF THE CEMETERY OF JANNAT AL-BAQI

oleh: Dyn Haji Muhammad 

Sumber

303 comments

  1. Salam. . .

    Ada kerancuan!
    1. Menziarahi kuburan tidak berarti meminta kepada ahli kubur yang sudah mati atau menyembahnya. Bukankah Rasulullah menganjurkan untuk berziyarah?
    2. Membacakan AlQur’an untk mereka, meskipun terjadi perbedaan pendapat, ada golongan ulama yang berpendapat pahala akan sampai kpada ahli kubur, kenapa pendapat ini tidak dilihat? Bahkan ditentang? (lih. Taudhihul ahkam syarh bulughul maram. Karya abdullah bin abdurrahman al-bassam, jil.2 kitab janaiz)
    3. Bahkan pendapat tentang Bid’ah pun masih ada perbedaan pendapat, kenapa harus dipaksakan untuk mengikuti satu paham? (lih. Al-ibda’ fi madhari al-ibtida’, karya Syaikh Ali mahfudz)

    perbedaan pendapat bukanlah perselisihan! Masing2 mengambil pendapat dari ulama, dan para ulama mengambilnya dari Dalil tekstual! Dan pemahaman mereka berbeda sesuai dengan kadar bahasa dan ruang lingkup kehidupannya. Maka jika kita melarang fanatisme golongan, kenapa harus mencela golongan lain dan menganggap dirinya paling benar? Bukankah Allah-lah sebaik-baiknya Hakim yang memutuskan?

    Wassalam.

  2. testing monitor…

  3. masyaallah….!!! Ternyata Wahab/Salafi itu lebih brutal daripada Nazi!!! Kuburan kok dihancurkan, benar-benmar perusaklah ini bukan ajaran Islam walaupun mereka mengusung yel-yel/jargon penegakan tauhid. Benar-benar bathil itu ajaran Wahabi, tidak ada rasa kasih sayang kepada sesama Muslim. Padahal ketika dalam peperangan ada seorang sahabat membunuh orang yg baru membaca laa ilaha illallah karena dikikira hanya pura-pura, itu pun dimurkai oleh Nabi Saw. Bagaimana dg membunuh para muslimin seperti yg dilakukan wahabi ini. Hasbunallah…. laa khaula walaa kuwwata illa billahil aliyyil’adhiim….. Sungguh biadab wahabi!!!

  4. AL-Hafidz Ibnu katsir berkata:ALLOH memernthkan untk tatsabbut ,berita dri org yng fasiq dn berhtì2 dlm menykpnxa agr tdk tergsa2 menghkmu ssuatu dng perktaan org 2fasiq krna bsa jd brta yng dbwanya DUSTA dan keliru …

  5. ini sejarah nyata ada pakta dan sdaksi,salah satunya lg bekas mufti arah allamah zaini dahlan jd ada sanad yg terang dan msh segar lg sejarah tu,wahabi biasa bila terbuka pakung nya bukan insaf tobat baca sahadat lg tp berkelit mencari ruang alasan,dasar yahudi

  6. Berita di atas tentu benar adanya. Sampai sekarang kenyataannya masih ada orang-orang jahil yg berusaha merusak warisan peradaban yg tiada terhingga. Laknat Allah bagi mereka yg menghancurkan syiar-syiar agama Allah beserta simbol-simbolnya. Dari zaman nabi sampai sebelum wahabi datang, tidak ada penguasa islam yg menghancurkan peradaban dan bukti sejarahnya sendiri. Sungguh-sungguh menyakitkan perbuatan mereka. Hebatnya lagi mereka bilang itu hanya dusta dan fitnah. lalu siapa yg membuat dusta? Kita? Yg membenci dakwah tauhid? Tidak ada seorang muslimpun yg membenci dakwah tauhid. Tapi apakah ada namanya dakwah dgn menghancurkan, membunuh, memaksakan kehendak dan makar kepada penguasa 2 kota suci. Maka hukum qisas akan berlaku bagi mereka.

  7. Jangan samakan assalafiyah dng alwahabiyah.

    • hmmm bukankah kaum salafy dan wahaby itu sama? mereka sama-sama mengikuti doktrin Muhammad ibn Abdul Wahhab dan ibn Taimiyyah?
      dan perlu saya jabarkan lagi kelompok/sekte yang mengikuti faham Muhammad ibn Abdul Wahhab dan ibn Taimiyyah:
      1. Salafi Yamani
      2. Salafi Haraki
      3. Salafy Turotsi
      4. Salafy Wahdah Islamiyyah
      5. Salafy Sururi
      6. salafy ghuroba
      7. salafy MTA,
      8. salafy persis,
      9. salafy ikhwani,
      10. salafy hadadi,
      11. salafy turoby

      dan saya yakin, ente sendiri juga seorang salafi yang mengikuti faham Muhammad ibn Abdul Wahhab bukan? Maka sudah sepantasnya apabila anda juga disebut wahhabiyyun.

  8. org yahudi dn nasrani benci islam dan yng plng dibenci salafy krna menegkan tauhid yng haq,org islam yng benci dan memfitnah salafy orng syi’ah rafhidhoh mrka dr jaman sahabt srng memfitnah dan membunuh kaum muslimin yng mlkukan makar thdp pemerintah di timteng skrng ini .

    • @ngadi roso
      Orang yahudi dan nasrani benci Islam, yang paling dibenci adalah Salafy yg benar2 salafy yaitu “Ahlu Sunnah wal Jamaah” bukan salafy palsu yang ngaku2 ASWAJA tapi bertauhid tiga/Trinitas (yg menyamakan Allah dgn makhluk ciptaanNya berbentuk dan bertempat seperti makhluk). Salafy palsu alias WAHABI biangnya adalah dinasti Saud masih keturunan Muawiyah yang Yahudi. jadi gak aneh Saudi Arabia pro dengan Israel dan Amerika ketimbang membela Palestina karena mereka juga Yahudi yang berkedok Islam paling benar demi untuk kekuasaan di Negeri kaya Minyak.

    • baca sejarah mas, apa yg dilakukan si Saud dengan sekte resmi negara Arab saudi yaitu Wahabi itu telah menghancurkan makam Al-Bagi…. buka mripatmu (matamu)!!! seandainya kuburan Saud dan turunnanya serta si Muhammad Abdul wahab di Indonesia kau juga akan menghancurkannya….!!!

  9. saya keemarin ke guru saya ternyata benteng khaibar yang menjadi benteng terakhir yahudi di tanah arab sangat dijaga reruntuhannya dan diadakan restorasi, bahkan dibuat benteng baru di sekitar reruntuhan khaibar untuk menjaga reruntuhan itu,
    saya cuma bisa beristigfar bangunan sejarah islam banyak dihancurkan sedangkan sisa bangunan yahudi direstorasi ini pikirannya gimana pemerintahan saud ama si wahabi yang nyokongnya.
    guru saya bilang kalo jadi orang jangan salah kaprah. kalo ada bisul dikaki jangan kakinya yang diamputasi tapi sembuhin bisulnya aja. begitupun wahabi atau salafi kalo anda mengira ada sebagian orang yang suka ziarah yang tidak benar pelaksaannya kenapa kuburan yang jadi dihancurkan kenapa tempat tempat bersejarah yang dihancurkan cukup anda berdakwah dengan santun.
    bukankan ada pepatah “bangsa yang besar adalah bangsa yang merhagai pahlawannya” ini mana penghargaanmu wahai wahabi kepada para pahlawan islam sekali lagi mana penghargaanmu wahai wahabi

    • @ Mas Roni
      Maklum saja nenek moyang dinasti saud adalah Muawiyah yang yahudi, jadi mereka lebih menghormati dgn merestorasi bangunan2 peninggalan yahudi, sudah menjadi sejarah dan rahasia umum muawiyah dan keturunannya yang membunuh dan membantai menantu dan cucu2 Rosulullah SAW. kebencian itu masih diteruskan dinasti saudi sampai sekarang dengan merobohkan makam2 keluarga Ahlul Bait beserta peninggalan sejarahnya cuma makam Rosulullah SAW aja yang gak berani dirobohkanb. sebab takut umat Islam seluruh dunia marah dan bersatu memerangi kerajaan saudi(yahudi) yang berkedok Islam paling benar.

  10. Yaa Allah, dengan berkah kamahakuasaan-MU bebaskan tanah suci (Makkah – Madinah) dari kedhholiman tangan-tangan wahabi. Gantilah penguasa wahabi dg penguasa Muslim yg Shalih, amin….

  11. makkah-madinah djga ALLOH smpaI hr kiamat ,jk ad prstwa yng tdk sesuai dng QUR’AN-SUNNAH mk azab akn menimpa orng tsbt cpt -lambt
    jka penguasa saudi menghancurkan tmpt keramat ,bersjrah itu krna disitu ad kesyirikan .
    para sahabat yng dikenang kitab nya bkn kuburanya,krna kubranya tdk bermanfaat untk kemslhatan umat .

    • Betul, kuburan secara fisik memang tidak bermanfaat untuk kemaslahatan ummat.

      Akan tetapi, dengan izin Allah Ta’aala, orang sholih yang berada di dalam kubur dapat menjadi perantara/washilah antara seorang muslim yang mukmin dengan Alloh Ta’aala.

      Dan Tawassul dan tabarruk bukanlah Syirik. Dan amalan tawassul dengan orang sholih yang sudah wafat, juga diamalkan oleh para ulama’ Ahlussunnah Wal Jama’ah.

      Dalam Tarikh Baghdadi Hal. 123, karya Khatib Baghdadi (al Imam al Hafizh Abu Bakr Ahmad bin Ali) disebutkan:

      Aku mendengar Imam asy Syafi’i berkata: Sesungguhnya saya benar-benar melakukan tabarruk (mencari berkah) kepada Imam Abu Hanifah, aku mendatangi makamnya setiap hari untuk ziarah, jika ada suatu masalah yang menimpaku maka aku shalat dua raka’at dan aku mendatangi makam Imam Abu Hanifah, aku meminta kepada Allah agar terselesaikan urusanku di samping makam beliau, hingga tidak jauh setelah itu maka keinginanku telah dikabulkan”.

      Disitu, al-Imam asy-Syafi’i rahimahullah berziarah sekaligus bertabarruk dan bertawassul di makam al-Imaam Abu Hanifah rahimahullaah.

      Apabila tawassul dan tabarruk dengan orang sholih yang sudah wafat itu SYIRIK, maka tentunya al-Imaam asy-Syafi’i rahimahullaah tidak akan melakukannya.

  12. salafy tdk terpecah ..
    hnya ada satu salafy
    yng mengikuti Qur’an-sunnah.

    • ente bohong deh, kalau salafy tidak berpecah, kenapa itu ada salafy yamani, salafy haroki, salafy turotsi, salafy ghuroba, dll?

      Jafar Umar Thalib (salafy ghuroba) bilang kalau Abdul Hakim Abdat ( salafy turotsi) itu ustadz otodidak yang pakar hadas (najis) bukan pakar hadis.

      Muhamad Umar As Seweed (salafy yamani) bilang kalau Jafar Umar Thalib itu ahli bidah dan khawarij. bahkan komplotan as seweed bikin buku dengan judul ”Pedang Tertuju di Leher Jafar Umar Thalib” yang artinya Jafar Umar Thalib halal dibunuh. Dia juga berseteru dengan salafi Al Sofwah.

      Abdul Hakim Abdat (salafy turotsi) bilang kalau salafy Wahdah Islamiyyah itu sesat menyesatkan dan melakukan dosa besar (hanya) dengan mendirikan yayasan/organisasi.oragnisasi adalah hizbi. Salafi ini juga di annggap sesat yang lain, sehingga sampai terbit buku “NASIHAT ILMIAH UNTUK WAHDAH ISLAMIYYAH”

      Salafy Wahdah Islamiyyah bilang kalau kalau salafy Yamani dan Abdul Hakim Abdat itu salaf-salafy primitif dan terbelakang yang hanya cocok hidup di jaman purba atau pra sejarah.

      Perpecahan salafi menjadi beberapa kelompok antara lain: kelompok Al-Sofwah & Al-Haramain Jakarta; Imam Bukhari Solo, Al-Furqan Gresik, Islamic Center Bin Baaz & Jamilurahman As-Salafy Jogya; FKAWJ & Lasykar Jihad Jakarta; Dhiyaus Sunnah Cirebon. Ini belum termasuk kelompok salafi yang telah ditahdzir dan kemudian taubat, tetapi tidak bergabung dengan salafi “asli” dan membentuk kelompok-kelompok sendiri.

      Mana nih bukti kalau salafy tidak berpecah belah????

    • ngadino roso@

      Oh… Wahabi, oh… wahabi… alangkah ngeyelnya wahabi, meskipun sudah dikasih fakta di depan mata masih saja berdusta, betapa kasihan mereka, kita harus menolongnya kalau masih bisa…. Bagaimana caranya?

    • opo meneh iki??? bodo ojo di openi mas!!!! makanya baca berita, liat tv, liat internet …. salafy itu terpecah2 menjadi berbagai golongan yang saling sesat menyesatkan!!! ngerti ora????ora ngerti????

  13. Ngadino roso@, kesyirikan yang bagaimana? menurut anda, kalau saya kesyirikan itu ada dihati, jangankan kuburan uang pun bisa membawa kesyirikan, makanya koruptor banyak.

  14. Wahabi, Salafy, penguasa Arab Saudi adalah satu kesatuan yg tak terpisahkan. Penguasa Arab Saudi tanpa Wahabisme akan runtuh, Wahabi tanpa penguasa Arab Saudi kan lumpuh tak akan mampu memperluas dakwah missionarisnya. Sedangkan Salafy adalah nama baru dari Wahabi. Ketiganya adalah kesatuan yg tak terpsahkan, kok mirip TRINITAS juga ya, kwak kwak kwak kak kk ….

  15. mas Nualil@, ada rencana lihat di Fatawa Albani.

  16. antum blm tau salafy..yng dituduhkan dan diftnahkan thd salafy hanya dusta dan kebohongan ,krna salafy tau dblkang mreka ad gol tertentu yng menentang mati2 an dakwah salafy ,agr dakwah yng haq ini tdk menyebar dan it dr dulu sifat dan tabi’at mereka .

    • Ana tahu 100% tentang salafy….dan semua yang saya tulis bukan FITNAH akan tetapi FAKTA.

    • weleh…weleh mas ngadino kug pake acara fitnah segala…
      sudah jelas fakta didepan mata…hidayah menanti anda…
      ayo segera ruju’ ilal haqq….

      tinggalkan ajaran SAWAH, Berbaliklah ke ASWAJA

      Semoga Allah swt melimpahkan petunjuk kepada kita dan menjauhkannya dari kesesatan. Aamiin

  17. @ajam
    org soleh di dlam kubur bsa mjd wasilah/perantara
    ana tanya antum tau ngk keadaan orng soleh di kuburanya
    lg diapain ?jngkan nolong orng lain yng dikubur aj blm tau nasibnya kmana? kcali para sahabat yng dijamin masuk surga ..

    • SOAL TABARRUK DAN TAWASSUL DENGAN ORANG SHOLIH YANG SUDAH WAFAT saya nukil dari kitab TARIKH BAGHDADI hal. 123, yang dikarang oleh Khatib Baghdadi (al Imam al Hafizh Abu Bakr Ahmad bin Ali).

      Sekarang ana tanya ke antum, kenapa Imaam Syafi’i rahimahullaah bertabarruk dan bertawassul dengan al-Imaam Abu Hanifah rahimahullaah yang sudah wafat????

      Antum menulis: “ana tanya antum tau ngk keadaan orng soleh di kuburanya
      lg diapain ?jngkan nolong orng lain yng dikubur aj blm tau nasibnya kmana? kcali para sahabat yng dijamin masuk surga ..”

      Saya jawab: Berdasarkan tulisan antum, al-Imaam Abu Hanifah rahimahullaah di dalam kubur nasibnya bagaimana dan kemana???? lagi diapain??? Kemudian ngapain al-Imaam asy-Syafi’i rahimahullaah bertabarruk dan bertawassul dengan al-Imaam Abu Hanifah rahimahullaah???

      Dengan kata lain:
      Ente berani ngatain amalan al-Imaam asy-Syafi’i rahimahullah ini SESAT???
      Ente berani ngatain kalau al-Imaam Abu Hanifah rahimahullah di alam kubur keadaannya sedang disiksa????
      SAYA DAN SELURUH KAUM AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH BERLEPAS DIRI DARI PRASANGKA YANG DEMIKIAN.

      NA’UDZUBILLAAH MINKA…NA’UDZUBUILLAAH MINKA….TSUMMA NA’UDZUBILLAH MINKA.

      KAMI BERLINDUNG KEPADA ALLAH TA’AALA DARIMU WAHAI NGADINO ROSO.

      • Oya Mas ‘Ajam maaf, biar orang SAWAh tuh “nyaho” tentang keadaan orang sholeh yang telah wafat ada kan yah diayat yg bunyi ujungnya ‘Bal ahyaaun walakin laa tasyuruun’ ama ‘Bal ahyaaun ‘inda robbihim yurzaquun’. maaf mas klo numpang komen. he…

        • Mas Dadan, ahsantum. Semoga orang SA-WAH pada ingat dan paham akan ayat-ayat Qur’an tsb. Juga supaya mereka faham maksudnya yg dikehendaki Allah Swt.

  18. @ngadino roso, para ulama yg berjuang dijalan Allah itu hidup dan mendapat kenikmatan. Siapa bilang tidak ada yg tahu? Yg bilang makam sahabat dan ulama islam tak ada gunanya itu orang yg kurang sehat jiwanya. Semua itu adalah tanda-tanda agama, bukti sejarah, syiar, dan keberkahan dari Allah. Keramat wali adalah karunia Allah, maka orang yg sakit mentalnya yg menolak karunia Allah. Makam para wali adalah tempat wasilah yg baik, karena disana ada jasad orang yg dimuliakan Allah. Maka apakah bisa disebut mulia bila ada yg menghancurkan makam tempat jenasah orang yg dimuliakan Allah? Bukankah kita diperintahkan untuk menghormati dan memuliakan para ulama, hidup atau sudah wafat. Sungguh ajaib ada yg mau ikut orang-orang aneh ini.

  19. kami memhormati orng 2 sholeh baik yng hidup -menggal tp km menhormati mereka sebats sbg ulama dn manusia tdk lebih.

  20. tanyakan kepada pemerintah saudi bkn hak kami untk mengatakan kenapa dan megapa mkam rosululloh tdk dibongkar..

    • @ Ngadino roso
      Arab saudi gak berani menghancurkan makam Rosulullah SAW,takut gelombang protes Umat Islam Seluruh dunia dan bersatunya Umat Islam untuk memerangi kaum Dajjal Dinasti Saud. kalo umat Islam Seluruh dunia bersatu Amerika dan Israel gak mungkin bisa membendungnya.

    • tuh kan mas ngadino….sampeyan aja ga tau ilmunya…
      makanya hati-hati nyari guru,
      jangan nyari guru yang ngajarin ngancurin makam shalihin…
      he2x piss man….

  21. jasad yng ad dialam kubur tdk berguna dan akn mjd makanan cacing tanah,kecuali amalnya.apkh kt berharap akn barokaah dr rohnya ?pdhl ktka roh udh dicabut dr jasad mk terptuslah semuanya kecuali amalnya ,dan roh akn berganti alam ,disitu dia tdk akn bsa membantu manusa yng msh hdup aplg berhbngan dng manusia di dunia

    • @ bgadini roso,
      Comment km gak mutu banget si pak, “jasad yng ad dialam kubur tdk berguna dan akn mjd makanan cacing tanah,kecuali amalnya” bagai mana Dengan Kebesaran Allah SWT yang memperlihatkan kekuasaan dan Kebesarannya kepada hamba-hambanya dengan menunjukkan bukti bahwa jasad seorang alim ulama masih utuh baik kain kafan atau jasmaninya, apa anda tidak tahu itu, itu juga termasuk tanda tanda kebesaran Allah SWT. lho,
      ternyata benar ilmu agama km hanya sebatas katanya si anu dan katanya di buku itu/ ini,
      ya udah syukur km mau berkunjung di blog ini..

    • Aduh2 maaf nih klo saya tidak setuju sama perkataan mas ngadiso. Pdhl ada keterangannya kan orang yg hafidz Al-quran aja Allah selametin jasadnya dari dimakan cacing. Apalagi Nabi, sahabat, termasuk para ulama, wali dan orang sholih lainnya yg bukan saja Hafidz Quraan tapi mereka mengamalkan isi Quraan ama mengajarkannya. segitu dulu aja ah komennya maaf.

  22. damanhuri63@gmail.com

    kaciaaan….pak ngadino roso…ilmunya hanya sebatas itu sampean….
    sampean seperti katak dalam tempurung, kebo di cocok congore….doktrin wahabi mbok ya di kaji lagi. banyak kitab yang secara tekstual mngulas tentang tawasul, sejarah ulama’2 salaf, keberkatan org sholeh.
    saya kasian dengan ente.
    kalo memang masih waras fikiranya, kajilah lagi doktrin2 yang ente terima.istigfar seng akeh..,nauzubillah pak. nauzubilah…jauhkan anak keturunanku daru faham2 seperti ini(wahabi)

  23. dri koment diatas ternyata menghina salafy dng kata 2 yng kasar dan tdk menunjukan seorang muslim apkh koment antum yng kasar trsbt menunjukkan séorng ASWAJA ??pdhl kmi berusaha koment yng sopan tanpa menyinggung perasaan tman 2 aswaja..syukron

  24. Jika ingin membersihkan lumbung padi dari tikus, janganlah dibakar lumbung padinya.
    Jika ingin membersihkan tanaman dari hama, janganlah dicabut tanamannya.

    Bukankah yang bermasalah adalah tikus dan hamanya. mengapa harus lumbung padi dan tanamannya yang dimusnahkan???

  25. ada pertanyaan neh bwt sobat SAWAH???

    Kenapa orang SAWAH ga berani menghancurkan MAKAM NABI SAW?
    Padahal hampir semua makam keluarga,sahabat Nabi saw tak luput dari pengrusakan dan penghancuran???

    HAYOO KENAPA???

    • boleh coba jawab ga?
      gada yang berani ngancurin makam Nabi SAAW… Dulu ada wahabi yang nyoba… eh mati ke sambar petir… mayatnya nempel di kubah hijau…. nih linknya :

      • Tuh kan saya tungguin…
        ga ada SAWAH yang berani jawab….he2x
        AYO KU TUNGGU JAWABANMU

        jangan ngless tanya ja IBNU SUUD, ABDUL WAHAB, BIN BAZ, ALBANI wa ashabihim

  26. u mas ngadino roso, sy mau tanya..sy brbeda pndpat tentang tauhid d bagi 3, apakah sy musyrik? trmksh atas jwbnnya y mas sy tunggu.

  27. Bismillah Ar-rahmaan Ar-rahiim.

    Tindakan menghancurkan kuburan orang-orang sholih bukanlah amalan para ulama’ salaf, dan itu termasuk bid’ah dholalah.

    Lihatlah bagaimana seorang imam Syafi’i rahimahullah yang setiap hari berziarah ke makam imam Abu Hanifah rahimahullah untuk bertabarruk dan bertawassul.

    http://jundumuhammad.wordpress.com/2011/02/23/imam-syafii-setiap-hari-ziarah-ke-makam-imam-abu-hanifah-dan-tawassul-dengannya-sementara-wahabi-mengatakan-syirik-dan-kufur/

    Lihatlah! Fakta sejarah membuktikan bahwasanya imam ahlussunnah wal jama’ah justru menghormati kubur orang-orang sholih.

    Dan sampai sekarang, tidak ada riwayat yang menyebutkan bahwasanya para ulama ahlussunnah wal jama’ah menghancurkan kubur orang-orang sholih.

    Semoga bermanfaat.

    • jundumuhammad@

      sangat setuju Mas Jundu, dan hanya sekte Wahabi/Salafy Wahabi satu-satunya firqah Islam yg paling memusuhi kuburan denga yel-yel menegakkan tauhid! Padahal Tauhid itu tempatnya di hati kita masing-masing, dan kuburan orang-orang sholih seperti di Al-Baqi’ adalah tempat untuk menegakkan tauhid justru malah dihancurkan, dasar Wahabi diperalat Yahudi untuk memusnahkan bukti peninggalan sejarah Islam tapi malah merasa sebagai penegak tauhid! Tauhid apaan? Tauhid TRINITAS?

  28. @farhan
    musyrik -kafir bkn hak kami menghukumi seseorang klo berbeda pendapat itu wajar,
    dan salfy tdk berani mengkafirkan seseorang tanpa punya landasan ilmu yng memadai aplg ana blm tau apa2 tdk berani mengkafirkan seseorang wallohualam..

  29. Menghormati orang sholeh???
    makamnya dihancurin…
    ah yang bener???????

    Menghormati orang SAWAH sich IYA
    Klo ulama Aswaja mau BENER tetep ja disalahin.
    Bukankah Demikian Sobat???

    ADA ga yang mau jawab pertanyaan saya at 16 Mei 2011 pukul 10:47 am

  30. anti virus syi'ah

    ini blog sudah terkena virus syi’ah,hati2 aswaja dan salafy diadudomba..

    • Wahabi emang terbukti benar-benar kurang ajar kepada Islam ASWAJA (ahlussunnah waljamaah). Antum tidak perlu pura-pura tidak tahu, selama ini yg pecah belah ummat Islam tidak lain adalah wahabi. Adapun jika selama ini wahabi benci syi’ah secara membabi buta, emang ini sudah di set sedemikian rupa oleh Yahudi. Sehingga apa-apa yang terkesan mengkritik wahabi langsung kalian tduh syi’ah/kena pengaruh syi’ah. Eh, kena pengaruh syi’ah itu lebih baik ketimbang terpengaruh Wahabi yg memecah belah Ummat Islam. Kalau syi’ah masih biosa bekerjasama dengan ASWAJA, tapi kalau dengan Wahabi apa yg bisa dikeja-samakan? Itu sudah terbukti di mana-mana di seluruh dunia, Wahabi itu emang kurang ajar kepada Islam dg berkedok sebagai Salafy, padahal sesungguhnya kalian adalah musuh Islam yg sebenar-benarnya. Wahabi adalah makar Islam dan Ummat Islam itu bukan rahasia lagi Itu. Wahabi banyak kebohongannya dalam setiap langkah perjalanan dakwah itu pun sudah “lagu lama” kalian dan aswaja sudah tahu gaya kalian yg demikian palsunya itu.

    • @ anti virus syi’ah
      setahu saya syiah enggak pernah mengadu domba umat Islam, yang suka mengadu domba sesama umat Islam adalah salafy palsu alias WAHABI yang ngaku2 ASWAJA tapi gadungan, dan befaham sesat Tauhid Tiga (TRINITAS).

  31. dengan bukti2 tulisan di atas,sungguh biadab wahabi/salafy ini kaum yg tak mengenang jasa2 para pahlawan islam,,,,

  32. Ya Allah berilah kami kekuatan untuk menghadapi fitnah dan ujian di akhir zaman ini, lepaskanlah kami dari bala dan bencana, berilah kami kemenangan atas orang-orang yg memusuhi dan memerangi agamaMu Ya Allah, berkat kemulyaan para sahabat nabi dan salafussaleh yg dimakamkan di Baqi Ya Allah.

  33. anti virus syi'ah

    Kayanya aswaja tdk sadar telah terpengaruh syi’ah,mereka menebar hadist2 maudlu ditengah2 umat ahlussunnah.sadarlah wahai aswaja.terkhususnt.baihaqi@komen yg sangat pedas,tdk kah nt berakhlak yg baik.ana pun dulu sprt nt.

    • anti virus syi’ah@

      Memang pedas bagi orang-orang yg belum dapat hidayah-NYA. Antara Syi’ah dan Wahabi memang sengaja dibuat demikian oleh Yahudi agar bermusuhan dan saling membenci sampai ke ubun-ubun bagi masing-masing pengikutnya.

      Syi’ah secara garis besar ada tiga: yaitu Syi’ah Ghulat (menganggap satu-satunya kebenaran, bahkan sesama syi’ah pun dianggapnya sesat), Syi’ah Rafidhah (ghuluw terhadap Imam Ali bin Abi Thalib), Syi’ah Madzhab (salah satu madzhab dari madzhab-madzhab Islam), sedangkan kebencian Salafy Wahabi pukul rata (gebyah uyah) terhadap syi’ah.

      Kalau dapat diibaratkan, kira-kira level Salafy Wahabi sama dg syi’ah Ghulat, yaitu sama-sama mengklaim satu-satunya pembawa kebenaran Islam. Sesama Salafy Wahabi juga saling menganggap sesat/kafir sesamanya, Syi’ah Ghulat pun demikian terhadap sesama Syi’ah.

  34. Mamba'ul Ilmi Zulfitri

    Syi’ah mungkin salah karena telah bersikap ghuluw, tapi Syi’ah tidak pernah memecah belah ummat seperti yg dilakukan Wahabi

    Dulu saya juga anti pada Syi’ah, tapi setelah saya tahu akan adanya sekte Wahabi, kebencian saya terhadap Wahabi jauh lebih besar daripada Syi’ah. Tak lain karena Wahabi adalah tukang fitnah, pemecah-belah & penghancur ummat.

    @anti virus syi’ah:
    ente g usah ngomong hadits maudlu, karena terbukti Wahabi itu berotak udang. Tidak mengerti ilmu hadits, tapi seenaknya mencampu-aduk hadits dha’if & maudlu, tak lain karena kedangkalan ilmu mereka, tapi mengaku paling murni syari’at & berhak mendominasi surga.
    Sungguh kasihan orang-orang Sa-Wah..

  35. Mamba’ul Ilmi Zulfitr@

    Mas, antara syi’ah Ghulat dg Salafy Wahabi ada persamaan yg sangat jelas. Keduanya sama-sama mengklaim pembawa kebenaran satu-satunya, sehingga kepada sesama kelompoknya sediri pun dianggap sesat/kafir. Mereka sama-sama penebar fitnah Islam.

  36. Artikel tentang kuburan Baqi’ adalah fakta sejarah Wahabi yg sangat barbar. Bekas-bekas nya masih ada kuburan yg indah itu berubah 10.000 derajat. Dan hal itu terus berlangsung sampai saat ini seperti baru-baru ini terjadi di Mesir, Salafy Wahabi menghacurkan makam-makam orang Shalih. Begitulah Wahabi yg berotak jongkok gak mampu berpikir sehingga tindakannya sangat merusak (barbar), benarlah kalau dikatakan Salafy Wahabi sebagai TALAFY (perusak).

    Bacalah fakta sejarah yg ada di artikel di atas, kalau kalian punya hati yg sehat pastilah kalian kan segera bertobat dari ajaran sesat Wahabi yg benci kepada kuburan!!!

  37. Semoga para pengikut Wahabi yg masih baru bergabung segera sadar sebelum benar-benar terinfeksi virus Wahabi. Kalau sudah parah akan sulit bertaubat. Karena ajaran sesatnya itu akan dianggapnya sebagai satu-satunya kebenaran sebagaimana doktrin Wahabi. Kok bisa ya, orang berakal kok benci kuburan orang-orang shalih. Ya bisa ya, sebab ada ajran yg mengajarkan kebencian kepada kuburan orang-orang shalih, yaitu ajaran Wahabi.

  38. Seandainya pengikut Wahabi mau lebih mengkritisi pendapat dan perbuatan para ulama dan penguasa wahabi tentu lebih baik. Bukankah perkataan manusia Selain Rasulullah bisa ditolak dan tidak maksum?

    Bukankah kita diperintahkan menggunakan akal dan hati nurani kita untuk memahami ayat-ayat Allah dan sunnah Rasulnya. Kalau bukan dengan akal dan hati nurani kita lalu dengan apa kita memahaminya?

    Lalu dimanakah akal dan hati nurani kita bila kita membenarkan penghancuran makam orang-orang mulya dan situs-situs bersejarah kita?

  39. Semoga bermanfaat buat nambah wawasan, ternyata makam para nabi dan aulia dari dulu dimuliakan dan dibangun serta dipelihara dengan baik.

    http://sufimedan.blogspot.com/2011/04/wisata-ruhani-ke-makam-para-auliya.html

    Mufti Negara Mesir Fadhilah Syaikh Doktor Ali Jum’ah mengeluarkan sebuah ultimatum kepada sekelompok orang yang telah menghancurkan sebahagian makam di beberapa propinsi (mesir) dan mengisyaratkan bahwa tindakan tersebut telah keluar dari agama, akal dan kemanusiaan.

    Mufti berbicara dengan keras ketika meriwayatkan perdebatan beliau dengan sekelompok orang yang menganggap bahwa makam adalah berhala. Beliau berkata, “Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah meninggalkan 360 berhala di ka’bah dan tidak menghancurkannya walaupun beliau mampu, dan sesungguhnya Mesjid Nabawi mencakup makam Nabi Muhammad, Abu Bakar dan Umar bin Khattab.” Beliau juga menolak tuntutan untuk meruntuhkan makam Sayidina Husain dengan spontan beliau berkata, “Diam wahai orang-orang tercela… wahai pandir yang keji…moga Allah memotong kaki, tangan dan lehermu wahai kurang ajar. Hasbunallah wa ni’mal wakil.” Dan seluruh jama’ah sholatpun mengaminkan perkataan beliau yang membuat dinding-dinding Mesjid Al Azhar menggema.

    selengkapnya di :
    http://sufimedan.blogspot.com/2011/04/mufti-mesir-berdoa-terpotong-kaki.html

    Dari Abu Hayyaj berkata; Ali bin Abu Thalib berkata kepadaku: ‘Maukah engkau aku utus kepada sesuatu yang Rasulullah telah mengutusku dengannya? (yaitu) jangan kamu membiarkan patung kecuali kamu hancurkan dan kuburan yang meninggi melainkan kamu ratakan.” (Riwayat Muslim)

    Perintah Sayyidina Ali ini adalah karena Abu Hayyaj akan diutus untuk menyebarkan Islam ke sebuah negeri yang mana penduduknya memang menjadikan patung dan kuburan sebagai sesembahan. Bukan untuk negeri muslim yang TIDAK PERNAH MENJADIKAN PATUNG DAN KUBURAN SEBAGAI SESEMBAHAN.

    http://sufimedan.blogspot.com/2010/11/makam-para-nabi-tinggi-tinggi-semua.html

    Salam buat semua muslim yang masih mempunyai hati nurani dan akal sehat.

    Saya juga ingin kita mempertimbangkan sebuah perkataan keji yang mengatakan bahwa Kaum muslimin saat ini lebih parah kemusyrikannya dari kaum Arab jahilliyah. Lihat perkataan keji ini…. dimanakah akal sehatnya?

    Coba kita renungkan, apakah mungkin orang musyrik yang menyembah berhala lebih baik mentauhidkan Allah pada sifat Rububiyahnya (tauhid rubbubiyah) dari pada seorang muslim yang menyembah Allah ? Bagaimanakah mungkin seorang musyrik yang tidak pernah diajarkan tentang Allah dan sifat-sifatnya lebih bertauhid dalam rubbubiyah daripada seorang muslim yang belajar dan memahami tentang Allah beserta sifat-sifatNya? Seandainya manusia bisa tergelincir kepada kemusyrikan pada sifat-sifat Rubbubiyah Allah, lalu kemanakah kaum musyrikin itu bertobat, bandingkan dengan seorang muslim yang bila tergelincir maka dia segera bertobat kepada Allah dan menjadi muslim yang bertauhid kenbali. Lalu dari sisi mana bisa diterima ada orang yang setiap hari bergelimang dengan penyembahan dan ketaatan mutlak pada berhala bisa BERTAUHID Rubbubiyah tanpa penyelewangan sedikitpun selama hidupnya, sedangkan manusia yang tidak belajar dan bodoh terhadap agama Allah tentu lebih mudah tersesat, sedangkan seorang muslim yang setiap hari menyembah Allah dan belajar tentang agama Alah bagaimana bisa menjadi lebih mudah tergelincir dalam kemusyrikan dan menjadi sesat, sedangkan pintu ilmu serta tobat terbuka setiap saat. Na ‘adzubillah.

    Tiada lain kesalahan ini terjadi karena kesalahan dalam memahami makna tauhid dan makna ibadah/penyembahan, serta ghuluw dalam berpendapat dan fanatik yang berlebihan terhadap mazhabnya.

  40. anti virus syi'ah

    Terimakasih atas fitnah dan tuduhan2 kalian kepada jamaah yg ingin mengikuti para ulama salafussholeh,wahai yg mengaku aswaja.Allah akan mencatat semua ucapan kita.berpikirlah dahulu,apakah tuduhan dan fitnah kalian bersumber dari riwayat yg shahih atau dari kebencian kalian karena kalian tdk mengerti wahai ulil albab.

    • anti virus syi’ah@

      Yang Sudah Fakta saja kmasih kalian anggap fitnah, apalagi yg cuma isu….

      Antum sudah baca kebejatan Wahabi dalam artikel di atas, silahkan baca kalau ada yg salah menurut antum bantahlah, jangan asal bilang fitnah-fitnah….

      Wahabi-lah yg jelas-jelas fitnah bagi Islam dan Ummat Islam. Semoga kalian cepat sadar dan bertaubat dari Wahabisme….

  41. Mayoritas umat islam mengikuti salafussaleh. Oleh karena itulah umat islam tidak pernah menghancurkan makam saudaranya sesama muslim sebagaimana salafussaleh tidak pernah melakukannya, apalagi terhadap makam orang yg mulya. Kenapa pengikut wahabi tidak terbuka matanya. Penghancuran makam baqi itu fakta bukan fitnah. Mbok ya setidaknya prihatin dan tidak menyetujuinya. Kok ulama wahabi dikultuskan sih?

  42. wahai orang-orang wahabi
    ajaran siapakah yang memperbolehkan menghancurkan makam2 orang-orang sholeh, mulia, apalagi ahlul bait Nabi Muhammad SAW?
    hayo jawab..?!!
    hati-hati kalo sampean orang indonesia sampai membenarkan apalagi mengikuti ajaran mereka..!!
    ingat Pangeran Diponegoro sampai berperang karena belanda akan membongkar makam leluhur beliau..

  43. @Anti virus syi’ah. Saya benar-benar awam dan mohon pencerahan, sbb.
    1. Adakah contoh satu saja salafus sholeh yang memerintahkan penghancuran kubur orang2 sholeh?
    2. Jika artikel di atas tidak benar, dimana atau apa yang tidak benarnya. Mhn ditunjukkan!
    Terima kasih atas pencerahannya.

  44. mbah redhy abu jamal

    Yang jelas dibalik penghancuran peninggalan sejarah Islam adalah untuk membuat ragu generasi mendatang terhadap Islam. Sehingga Islam menjadi seperti legenda saja karena semua bukti sejarah Islam hilang.
    Ya, untungnya di negara lain diluar Arab masih banyak peninggalan situs2 Islam sebagai bukti hadirnya ulama2 dan auliya penyebar Islam di daerah tersebut.

    Saya tetap yakin, wahabi itu made in Inggris untuk menghancurkan Islam dari dalam.

  45. Slogan kembali kepada Al quran dan Sunnah ketika dipahami oleh pengikut wahabi menjadikan islam menyempit dan dangkal. Karena tiada lain maksudnya adalah mengembalikan islam kedalam satu pemahaman yg tidak mengakomodir semua sisi islam (islam kaffah) dan perbedaan pemahaman dalam islam tp cenderung menjadikan islam hanya sebatas aspek hukum fikih semata, bahkan fikih dalam arti sempit yg dikatakannya kebenaran hanya satu. Bukankah kita harus masuk ke dalam islam secara menyeluruh, termasuk menerima pemahaman yg berbeda, selama semuanya berpedoman pada sumber hukum yg sama. Bukankah islam itu dinamis dan bergerak ke depan dan bukan mundur ke belakang? mengapa kita harus meributkan kembali masalah tawasul dan mengapa kita mesti merobohkn makam dan tempat keramat. Mengapa kita harus menuduh dan berprasangka jelek kepada muslim lainnya dgn menganggapnya telah sesat dan salah jalan? Apakah surga itu buat orang yg sombong dan ujub terhadap pemahamannya sendiri dan untuk orang yg menzalimi?

  46. ilustrasi di suatu akhir zaman nanti,percakapan ayah dan anak,
    =============================================================
    anak : ayahku apakah benar al-qur’an itu wahyu rasul Muhammad?
    ayah : benar anakku,
    anak : apa buktinya ayah?
    ayah : ???hm…lihatlah bacaan,kata,sdb sungguh tiada bandingannya dgn tulisan
    yg ada saat ini..ini benar mukjizat anakku…
    anak : ayah semua itu hanya tulisan nenek moyang ayah..
    ayah : tidak anakku..
    anak : bisa ayah tunjukkan tentang keberadaan kuburannya serta kuburan istri,
    sahabatnya rasul Muhammad ? adakah?
    ayah : ????sudah di hancurkan oleh para kaum talafy ya anakku..
    anak : mana bisa begitu ayah..mana bukti lainnya…
    ayah : bukti lain nya juga sdh tak ada anakku sdh beratus2 tahun yang lalu
    anakku..musnah,
    anak : wah..tdk bisa di terima penjelasan model ini ayah, berarti semua nya
    bohong saja…agama dan semuanya itu hanya dongeng saja ayah…ayah
    masih percaya aja sama dongeng…wkwkw..
    ayah : astaghfirulloh semoga Allah memberikan hidayah pd anakku ini dan
    mengampuni segala dosa2 nya….(dlm hati nya sang ayah berkata) benar2
    engkau talafy perusak semua hingga akhir zaman ini…masya Allah..

  47. @Mas prass
    suatu ilustrasi yang sangat “menakutkan”. sekarang saja begitu sulit kita menanamkan nilai agama kepada anak-anak, padahal bukti sejarah begitu banyak. apalagi bukti sejarah benar-benar dimusnahkan semua. tinggal bukti sejarah yang ada yang dijaga oleh israel dan negara-negara kafir, sehingga anak-anak muslim nantinya akan lebih percaya pada bukti sejarah yang dipelihara oleh para kafir.

    • @bima
      ana selalu berharap tidak akan terjadi seperti itu,..
      mudah2an yg tersisa dan yg ada sekarang tetap di jaga,
      jangan di musnahkan,krn itulah bukti pada akhir zaman nanti, memang pernah ada para nabi2 Allah,dan terutama Rasulullah Muhammad tentunya,..
      bukan sekedar dongeng tuk ninak bobo para cucu,cicit,canggah kita semua..
      wallahu a’lam…

  48. Ya Alloh, tunjukkanlah hambamu ini jalan yang lurus..
    Ampuni segala kesalahan hambamu ini..
    Mohon diaminkan saudara2ku semua yang sholeh..
    Saya bertobat dari pemahaman ‘sesat’ wahabi, kembali ke pemahaman aswaja..

    Jzk semua..

    • Afif Fatkhurrohman

      Ya Alloh, tunjukkanlah hambamu ini jalan yang lurus..
      Ampuni segala kesalahan hambamu ini..

      Aamiin

  49. http://islamitucinta.blogspot.com/2011/02/kuburan-putera-puteri-dan-istri-istri.html

    http://infosyiah.wordpress.com/2007/03/21/gambar-kuburan-baqi%E2%80%99-sebelum-dihancurkan-oleh-wahabi/

    Emang benar, jika itu bisa mendukung hawa nafsu, maka asal berita dari orang-orang yang sudah di kafirkan para ‘Ulama tetap bisa di pake asal sesuai…
    Ksihan..kasihan…

  50. http://www.detiknews.com/read/2008/11/07/063757/1032740/10/makam-baqi-lokasi-favorit-ziarah-jamaah

    Alhamdulillah makam itu masih ada….
    Jangan mau terpengaruh gitu ah…
    kyak orang bodoh banget…

  51. anti virus syi'ah

    Rosulullah bukan mewariskan dinar dan emas apalagi kuburan,beliau mewariskan alquran dan sunnahnya.terlepas dari berita penghancuran kuburan para sahabat dan para ulama ,apakah benar
    seperti artikel diatas.yg katanya penghancuran yg membabi buta,ataukah mereka hanya menjalankan perintah rosul,untuk meratakan kuburan tdk lebih dari sejengkal,karena dikhawatirkan kuburan yg dibangun diatasnya kubah dijadikan sarana oleh orang ‘AWAM’ meminta kpd kuburan trsb ,dan hal itu adalah sebuah kesyirikan yg nyata.wallahua’lam.
    Maaf,ini masalah aqidah,ana tdk ingin banyak berdebat,dan ana sdh siap kalian caci maki dan dihujat,ana bukan membela pemerintah saudi,dan apa untungnya buat ana.

  52. anti virus syi'ah

    Rosulullah bukan mewariskan dinar dan emas apalagi kuburan,beliau mewariskan alquran dan sunnahnya.terlepas dari berita penghancuran kuburan para sahabat dan para ulama ,apakah benar
    seperti artikel diatas.yg katanya penghancuran yg membabi buta,ataukah mereka hanya menjalankan perintah rosul,untuk meratakan kuburan tdk lebih dari sejengkal,karena dikhawatirkan kuburan yg dibangun diatasnya kubah dijadikan sarana oleh orang ‘AWAM’ meminta kpd kuburan trsb ,dan hal itu adalah sebuah kesyirikan yg nyata.wallahua’lam.
    Maaf,ini masalah aqidah,ana tdk ingin banyak berdebat,dan ana sdh siap kalian caci maki dan dihujat,ana bukan membela pemerintah saudi,dan apa untungnya buat ana.syukron.

    • Rasulullah saw mewariskan akhlak dan kelembutan
      Bukan ajaran BAR-BAR ngancurin KUBURAN SHALIHIN

      Bukankah demikian sobat???

      • Benar !!
        WAHABI MEMANG BAR-BAR bin Dajjal, sama kuburan aja takut sampai diperangi sama sesama Muslim memusuhi, sama yahudi dan kafir dikawani dan diakrapi dijadikan sobat akrab.
        maklum sama2 penganut Tauhid 3 alias TRINITAS.

    • Mas anti virus syiah maaf nih klo ane berpendapat. Ahsantum, Rasulullah saw mewariskan Alquran dan Assunnah agar menjadi pedoman bagi ummat. Termasuk orang2 yang melakukan ziarah juga berpedoman kepada keduanya. Jadi hendaknya sebagai orang yg berpedoman kepada Alquran dan Assunnah sudah menjadi keharusan agar kita berakhlaq mulia, buang jauh-jauh dah tuh sifat jelek termasuk perasangka buruk, apalagi sampe-sampe menuduh orang lain pelaku syirik. Naudzubillah,
      Jauh-jauh hari Rasulullah saw telah menganjurkan agar kita melakukan ziarah (mendatangi kubur) tidak lain agar semakin ingat pada kematian. Kalo saja seorang yg ziarah kubur dianggap bisa terjerumus kedalam kesyirikan tentu Rasulullah saw lebih khawatir akan hal ini dan melarangnya sama sekali. Bukankah Rasulullah saw lebih mengetahui hal ini dibanding kita semua? Punten ini mah bukan menggurui cuma berbagi obrolan aja ah.

  53. biarkan org syi’ah ngomg sesuka hatinya,krna tdk akn merubah manhaj ae
    dan sunnah akn tegak diatas bid’ah dan kebathilan org syiah.

    • mamo cemani gombong

      kasian orang2 wahabiyun nggak kebuka juga hijabnya merasa terang di tempat yang gelap ……..

    • SYI’AH????
      Kelaut aja bro

      klo saya tak akan merubah akidah ASWAJA saya bro
      sampai kapanpun……InsyAllah…

      meskipun orang SAWAH bilang INI BID’AH ITU SYIRIK…

  54. TATA CARA ZIARAH KE KUBUR

    Beberapa petunjuk/adab tata cara berziarah ke kubur menurut Agama Islam:

    1. Hendaklah berwudlu dahulu sebelum berziarah.

    2. Setelah sampai di pintu gerbang makam, supaya memberi salam: “Assalamu’alaikum ahladdiyaari minal mu’miniina wa inna insyaa-Allaahu bikum laahiquun nas-alullahalanaa walakumul ‘aafiyata”. Atau dengan salam: “Assalamu’alaikum daara qaumin mu’minin fa-innaa insyaa-Allaahu bikum laahiquun”. Kesejahteraan semoga bagimu wahai ahli kubur dari orang-orang Mu’min, InsyaAllah kami akan bertemu dengan kamu.

    3. Sesampainya di depan makam yang dituju (misalnya kemakam orang tua) kemudian menghadap kearah muka mayat (menghadap kerah timur) sambil mengucap salam khusus ke mayat tersebut, yaitu: Assalamu’alaikum ya………….. (sebutkan nama yang diziarahi).

    4.Bacalah ayat-ayat/surat-surat dari Al-Qur’an, seperti membaca surat Yasin, Ayat Kursi atau membaca Tahlil, dll.

    5. Selesai itu, berahlihlah menghadap ke arah Qiblat (kearah barat), arah punggungnya si mayat dengan membaca do’a (dengan khusyuk).

    peringatan:

    Berdo’a yang dimaksud diatas, bukanlah mintak kepada kuburan, tetapi mohon kepada Allah SWT. agar yang di Ziarahi dan penghuni seluruh kuburan tersebut selamat dan senang di “sana”, juga berdo’a mohon kepada Allah SWT agar dirinya sendiri kelak dimasukkan ke Sorga.

    6. Dalam melakukan ziarah itu, hendaknya dilakukan dengan penuh rasa hormat dan khidmat serta khusyu’ (tenang).

    7. Hendaknya dalam hati ada ingatan bahwa aku pasti akan mengalami seperti dia (mati).

    8. Setelah berziarah hendaknya memperbanyak amal-amal kebaikkan dan menambah bakti ta’atnya kepada Allah SWT.

    9. Hendaknya jangan menduduki nisan kubur dan melintasi diatasnya, karena hal itu termasuk perbuatan Idza’ (menyakitkan) terhadap mayit dan yang punya kubur, keluarganya.

    Demikian sedikit info, mudah-mudahan berguna untuk saya dan kita semua. Kami ambil dari kitab Risalah: “ADAB TATA CARA ZIARAH KUBUR”-Oleh: Sibtu Asnawi.

    H.M.Falah Mathori

  55. Berikut ini daftar makam dan tempat yang juga dihancurkan Kaum Wahabi
    -Pemakaman al-Mualla di Mekah termasuk pusara isteri tercinta Nabi, Sayidah Khadijah binti Khuwailid , Makam Ibunda Rasul Siti Aminah binti Wahhab, makam pamananda Rasul Abu Thalib (Ayahanda Ali bin Abu Thalib) dan makam kakek Nabi Abdul Muthalib
    -makam Siti Hawa di Jedah
    -makam ayahanda Rasul Abdullah bin Abdul Muthalib di Madinah
    -rumah duka (baytl al-Ahzan) Sayidah Fatimah di Madinah
    -Masjid Salman al_Farisi di Madinah
    -Masjid Raj’at ash-Shams di Madinah
    -Rumah Nabi di Madinah setelah hijrah dari Mekah
    -Rumah Imam Ja’far al-Shadiq di Madinah
    -Komplek (mahhalla) bani Hasyim di Madinah
    -Rumah Imam Ali bin Abi Thalib tempat Imam Hasan dan Imam Husein dilahirkan
    -Makam Hamzah dan para syuhada Uhud di gunung Uhud

  56. Ibnu Jabhan (Ulama Wahabi) memberikan alasan mengapa ia merasa harus meratakan makam Nabi Saw, ” Kami tahu nisan di makam Rasulullah bertentangan dengan akidah dan mendirikan mesjid di pemakamannya adalah dosa besar’.

  57. Setiap sejarah pastilah mewariskan jejak sejarah. Pantaskah jejak sejarah dihancurkan? Apabila benar melaksanakan ajaran agama, maka adakah sebuah pemahaman dipaksakan dgn kekerasan? Bukankah selama ratusan tahun para ulama tidak mempermasalahkannya dan berbeda pendapat dalam memahami hadist ttg penghancuran makam? Adakah ajaran agama dilaksanakan tanpa toleransi dan memahami perasaan orang lain.

  58. NAZI jerman aja ngebantai manusia tapi ga sampe ngebantai KUBURAN…
    lah ini SAWAH ngebantai manusia juga ngebantai KUBURANNYAA…
    ckckckckc….
    gini kug bilang pejuang tauhid….pejuang sunnah…???
    mbo yao ngaca kang…kang…

    orang kampung yang bodoh juga tau mana ajaran yang bener
    kikuk…kikuk….

    plis slow man….

  59. NAZI jerman aja ngebantai MANUSIA tapi GA sampe ngebantai KUBURAN…
    lah ini SAWAH ngebantai MANUSIA juga ngebantai KUBURANNYA…
    ckckckckc….
    gini kug bilang pejuang tauhid….pejuang sunnah…???
    mbo yao ngaca kang…kang…

    orang kampung yang bodoh juga tau mana ajaran yang bener
    kikuk…kikuk….

    plis slow man….

  60. Rasulullah SAW Bersabda: Ya Allah! Berkahilah Syam Kami dan berkahilah kami Yaman kami. Maka sebahagian sahabat berkata: Dan pada Najd kami Ya Rasulallah!
    Rasulullah pun bersabda: Ya Allah! Berkahilah Syam Kami dan berkahilah kami Yaman kami. Maka sebahagian sahabat berkata: Dan pada Najd kami Ya Rasulallah!
    Rasulullah SAW bersabda untuk ketiga kalinya : Dari sanalah munculnya kegoncangan, fitnah-fitnah dan dari sanalah munculnya tanduk Syaitan.

    (Diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari, Imam al-Tirmidzi, Imam Ahmad, Imam Ibnu Hibban dan lain-lain)

    NABI PALSU DARI MANA???
    SAWAH DARI MANA???

    Hayoo, ada yang mau JAWAB???

  61. Rasulullah SAW Bersabda: Ya Allah! Berkahilah Syam Kami dan berkahilah Yaman kami. Maka sebahagian sahabat berkata: Dan pada Najd kami Ya Rasulallah!
    Rasulullah pun bersabda: Ya Allah! Berkahilah Syam Kami dan berkahilah Yaman kami. Maka sebahagian sahabat berkata: Dan pada Najd kami Ya Rasulallah!
    Rasulullah SAW bersabda untuk ketiga kalinya : Dari sanalah munculnya kegoncangan, fitnah-fitnah dan dari sanalah munculnya tanduk Syaitan.

    (Diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari, Imam al-Tirmidzi, Imam Ahmad, Imam Ibnu Hibban dan lain-lain)

    NABI PALSU DARI MANA???
    SAWAH DARI MANA???

    Hayoo, ada yang mau JAWAB???

    • Mamba'ul Ilmi Zulfitri

      Dari NAJD!!
      Muhammad ibn Abdul Wahhab an-Najdi –> Wahhabi –> Salafi (palsu, yg asli Talafy) –> Ahlussunnah wal Jama’ah (palsu juga, yg asli Ahlu-Bid’ah Wahhabiyyah)

    • Mas Naulil, padahal hadits tersebut sangat jelas bahkan banyak lagi hadits yang serupa. Saking jelasnya di hadits2 lain disebutkan ciri2nya juga. Kita hanya bisa berdoa agar saudara2 kita mendapat hidayah dan kembali kepada jalan ASWAJA yg sebenarnya.

  62. aduh,,gimana tuh wahabi?bukankah menghancurkan makam auliyaillah itu termasuk bid’ah,,bahkan bid’ah dholalah..kok mereka melakukan?saya sebagai makhluk awam jadi bingung…

  63. Dyn Haji Muhammad

    saya hanya geleng-geleng melihat ulah wahabi..
    Kaum Wahabi yang Mengharamkan Tahlilan,dan Seenaknya mengatakan Sesama Muslim dgn kata Syirik..!

    monggo ni link buat kaum wahabi..
    http://rona2001.wordpress.com/2010/01/31/nukilan-nukilan-palsu-dari-kitab-i%E2%80%99anatuth-thalibin/

  64. mbah redhy abu jamal

    INGATLAH…….

    Tidak usah heran sama kelakuan wahabiyun, karena memang inilah kelompok bentukan Inggris buat melenyapkan Islam dari muka bumi. Ingatlah, Islam tidak bisa dihancurkan lewat peperangan. Jadi, akan dirusak dari dalam.

    Dari semua artikel dan komen mengenai wahabi di Ummati kan sudah sangat JELAS kalau dakwah wahabi cuman menghantam sesama muslim dengan tuduhan syirik, sesat. bid’ah dll.

    Ayo kita lihat dengan hati jernih, apakah kelakuan bangsawan kerajaan Saudi itu benar2 paling sesuai dengan apa yg dicontohkan Nabi Muhammad saw?

  65. Kalo aku JaDi umaro di indonesia ini,aku akan ratakan kuburan2 yg dikeramatkan itu,biar tdk menjadi perantara kemusyrikkan.

    • mamo cemani gombong

      kalau hal itu baik tentu para sholihin mendahului melakukanya …..

    • @ Umaro
      coba saja umaro bersama ustad2 wahabinya hancurkan kuburan2 keramat, terutama kuburan para wali yang ada di Nusantara semisal kuburan wali songo kalau berani ?
      coba, coba sekali lagi coba saja ? kalau berani

  66. Dyn Haji Muhammad

    @umaro = coba buktikan..dari hal kecil saja,ratakan kuburan dikampung km dl aj,berani ap tidak,jgn hanya omong Doang..

  67. Dyn Haji Muhammad

    terdapat golongan yang mengaku sebagai firqah najiah dan menisbahkan diri mereka sebagai salafi (sedangkan membawa fahaman wahhabi salafi) dan kemudian banyak fatwa-fatwa mereka menghukum dan menuduh majoriti Ulamak Islam dan Umat Islam sebagai kafir, sesat, musyrik. Maka saya membawakan peringatan tentang bahayanya perbuatan ini :

    Dalam hadith yang dikeluarkan oleh Imam Tabrani dalam al Mu’jam al Kabir jilid 8 halaman 152 dari Abi Darda’, Abi Umamah, Watsilah bin al Asqa’ dan Anas bin Malik, RasuluLLah sallaLlahu ‘alaihi wasallam menjelaskan golongan yang selamat (Firqah Najiah) sebenarnya adalah tidak mengkafirkan ahli kiblat iaitu sabdanya yang bererti :

       
    Tinggalkan perbantahan kerana sesunguhnya Bani Isra’il telah berpecah menjadi 71 golongan dan orang-orang Nasrani berpecah menjadi 72 golongan, semuanya sesat kecuali as Sawadul A’zhom. Para sahabat bertanya : Wahai RasuluLlah siapakah sawadhul a’zhom itu? Nabi menjawab : mereka adalah orang-orang yang mengikuti aku dan para sahabatku, tidak berbantah-bantah dalam agama ALlah dan tidak mengkafirkan salah seorang di antara ahli tauhid sebab dosa yang sudah diampuni oleh ALlah. Kemudian Nabi bersabda : Sesungguhnya Islam itu datang dalam keadaan asing dan nanti akan kembali asing. Para sahabat bertanya : Wahai RasuluLlah siapakah orang-orang asing itu? Nabi menjawab : Mereka adalah orang-orang yang berbuat kebaikan dikala orang-orang berbuat kerosakan, tidak berbantah-bantahan dalam agama ALlah dan tidak mengkafirkan salah seorang di antara ahli Tauhid dengan sebab dosa yang telah dia lakukan.

    Hadith RasuluLLah yang terdapat dalam Sahih Bukhari no 5752 yang bererti :

    “Barangsiapa mengatakan kepada saudaranya dengan Wahai Kafir, maka kekafiran itu kembali kepada salah satunya ”

    Begitulah juga sesiapa yang menuduh seorang Muslim dengan tuduhan syirik maka orang yang menuduh itu sendiri akan jatuh ke dalam kesyirikan tersebut sebagaimana yang telah diterangkan dalam hadith dari Huzaifah bin Yaman di mana RasuluLlah sallaLLahu ‘alaihi wasallam bersabda yang bererti :

    Sesungguhnya perkara yang aku khuatirkan ke atas kamu semua adalah seseorang yang telah membaca al Quran sehingga apabila telah nampak kepandaiannya dalam al Quran dan dia telah menjadi pendokong Islam, tiba-tiba sahaja dia merubahnya kepada sesuatu yang dikehendaki oleh ALlah, maka iapun terlepas dari al Quran dan melemparkannya ke belakang serta mengancam tetangganya dengan pedang sambil melemparinya dengan tuduhan syirik. Aku bertanya : Wahai Nabi ALlah mana di antara keduanya yang lebih patut di anggap melakukan kesyirikan? Orang yang dituduh ataukah yang melemparkan tuduhan? Nabi menjawab : Yang melemparkan tuduhan.

    (Hadith dikeluarkan oleh Ibnu Hibban pada hadith no 81 dan Ibnu Kathir dalam tafsirnya jilid II/266, dia berkata : Isnad Hadith ini bagus. Begitu juga ditakhrij oleh Al Bazzar dalam Musnadnya dengan pernyataan yang sama, At Thabroni dalam Al Kabir dan As Saghir dengan pernyataan yang sama dan Ibnu Abi Ashim dalam kitab As Sunnah).

    Dalam sahih Bukhari pada hadith nombor 2227 disebutkan bahawa Nabi sallaLLahu ‘alaihi wasallam telah bersabda yang bererti :

    “Barangsiapa yang melaknat seorang Mukmin maka itu seperti membunuhnya dan barangsiapa yang menuduh seorang Mukmin dengan kekafiran maka itu seperti membunuhnya.”

  68. Saya mohon jangan menggunakan kata2 serapah dan kotor, bg saya yg baru belajar, kurang enak bacanya.

  69. All Wahabi, sebaiknya kalian kalau ber-koment Saya mohon jangan menggunakan kata2 serapah dan kotor, maaf, sebabnya di sini ada yg sedang @Belajar islam.

  70. Afif Fatkhurrohman

    jangan menggunakan kata2 serapah dan kotor. s7!

  71. Ucep@itulah maksud ane,diratakan itu bukan dihancurkan/ditiadakan,tp kuburan2 yg dibikin bangunan,bahkan dipasang kubah,menjadi ajang kesyirikan itu dikembalikan sesuah dng sunnah.tp aswaja ngga kali.perkataan imam Assyafi’i,’aku menyukai si mayit di kubur dan ditimbun oleh tanah bekas dari galiannya saja.dan tdk mengambil tanah yg lain.’

    • Afif Fatkhurrohman

      Antum kok menghukumi syirik kepada kaum muslimin secara mutlak, seakan-akan yang ziarah di makam itu* semua melakukan kesyirikan. Berapa kaum muslimin dan para ulama yang antum musrikan?

      Jikapun benar ada beberapa yang melanggar syari’at, bukankah lebih baik diberi penjelasan tata cara ziarah yang benar?

      Wallahu ta’ala a’lam

    • Umaro@, Untuk makam para wali, Nabi lebih baik di buat kubah atau jarak antara Makam dengan Khalayak yang berziarah, agar tidak berdesak-desakan, sehingga makam tetap sesuai makam.
      Lihat Makam Nabi, kita berziarah jauhnya cukup jauh dari melihat dan makamnya. Jadi yang yang berziarah aman, tenang dan terkendali, coba kalau gak dibuat seperti itu Kacau, mungkin banyak yang mati.
      Jadi jangan berpikir bahwa dibuat kubah atau jarak itu adalah jelek, ada maksudnya.
      Kan pemikiran umaro@ beda sama orang-orang diluar sana.

    • umaro@

      Orang berziarah kubur kamu katakan membuat ajang kesyirikan, kamu orang Islam apa bukan kok gak paham soal ziarah kubur? Berziarah kubur itu sunnah Nabi Saw. Janganlah terlalu kuatir akan kesyirikan kaum muslimin, itu dapat menimbulkan fitah di tengah ummat Islam. Nabi Saw saja tidak kuatir ummatnya akan jadi musyrik, yg dikuatirkan Nabi Saw adalah Ummatnya akan berebut harta dunia. Nabi Saw bersabda: “Aku tidak takut kalaian akan menjadi musyrik. Tapi yang aku takutkan kalian akan berlomba-lomba dalam memperebutkan dunia (harta).” (Hadits Riwayat Imam Bukhari, Imam Muslim dan Imam Ahmad).

      Kalau Nabi Saw tidak kuatir akan kemusyrikan ummatnya, kenapa tidak demikian dengan orang-orang wahabi/Salafi sehingga ulah Wahabi/Salafi ini menimbulkan fitnah di tengah Ummat Islam? Begitu mudah kaum Wahabi/Salafi menebar kata Syirik/musyrik kepada yg berziarah kubur, yg tawassul, yg tabarruk. Padahal semuanya adalah ajaran Nabi Saw, tapi kenapa Wahabi’Salafi ini selalu menentang Ajaran Nabi Saw? Jika demikian layakkah Kaum SA-WAHJ ini mengaku Ahlussunnah padahal faktanya menentang sunnah Nabi Saw?

      Berpikirlah kalian, jangan hanya membeo kepada ustadz-ustdz yg gak paham agama Islam yg hanya mengekor hawa nafsu sehingga kalian jadi penentang Sunnah Nabi Saw.

    • @ umaro
      sudahkah ente berwasiat kepada keluarga ente, supaya nanti kalo mati jangan dikuburkan takut kuburan ente dijadikan kesyirikan tapi dibakar aja lalu abunya dibuang kelaut. itukan jauh lebih aman bagi kalian pengikut wahabi kalo takut kuburannya dijadikan kesyirikan.

  72. Afif@sekali lagi ane jelaskan,tdk semua yg berziarah kubur itu,tauhidnya kuat dan lurus,dikhawatirkan orang yg tdk paham terjerumus kedalam kesyirikan.mungkin kalo aswaja tauhidnya sdh kuat kali.

    • umaro@

      Jika dsemikian buatlah kalimat yg benar, jangan gebyah uyah/pukul rata, barokallohu fik.

    • Mamba'ul Ilmi Zulfitri

      “Sungguh aku telah diberikan berbagai kunci-kunci dunia, dan sesungguhnya aku tidak takut (sama sekali) kalian akan musyrik setelah wafatku. Namun yang aku takutkan terhadap kalian adalah kalian saling memperebutkan dunia.”
      (HR. Imam Bukhari, Imam Muslim, Imam Ahmad ibn Hanbal, Imam Baihaqi, Imam Thabrani, dll)

      Nabi aja g takut akan ummatnya jatuh dalam kesyirikan, emang antek Wahabiyyun lebih tahu daripada Rasulullah SAW??
      Trus berlagak jadi prajurit Tuhan ala ksatria Templar merobohkan makam-makam para shalihin utk memberangus kesyirikan?

      Udah merasa lebih hebat dari Nabi, sekarang ente ngaku Tuhan, dengan menentukan kuat-tidaknya Tauhid seseorang?
      Hebat..sekalian aja ente buat surga sendiri, khusus untuk kaum Wahabiyyun kayak ente..hahaha

    • ente emang top… paling tau isi hati manusia…. Terus kalo isi hati yang cium Hajar Aswad ente tau ga? Kenapa ga di hancurin aja Hajar Aswad ….

  73. ziarah kubur disunnahkan olh rosululloh,yng dilarang adl yng meminta berkah kpd yng dikubur wlpun dia rosululloh,sahabat,wali,aplg habaib.klo ad dalil yng mgktakan setiap yng ziarah ke makam org sholeh dpt berkah dan syafa’at beri kami dalilnya..

    • antinu@

      Capek deh ngomong sama orang-orang “berkepala batu” seperti kamu-kamu wahabiyyun ini. Ummat Islam bukan meminta berkah kepada penghuni kubur, sadarilah oleh kalian, Ummat Islam tidak meminta berkah kepada kuburan atau penghuninya, pahamilah secara benar apa yg dimaksud dg tawassul dan tabarruk agar kalian tidak menjadi penebar fitnah di tengah kaum muslimin.

      Kalau meminta kepada kuburan atau penghuninya itu termasuk musyrik, tidak usah kalian ngomong pun semua muslim sudah tahu. Kalian jangan terus-terusan menjadi penebar fitnah di tengah ummat Islam, karena orang-orang yg berziarah ke makam orang-orang shalih itu tidak meminta berkah kepada makam/penghuni makam tsb, sadarlah kalian wahai Wahabiyyun penebar fitnah. Takut-lah kalian akan dosa yg besar akibat ulah kalian yg memfitnah ummat Islam yg berziarah kubur. Allah maha tahu isi hati hamba-hamba-NYA.

  74. Antinu@
    Coba ente kasih dalil ente dulu, yang melarang ziarah kubur untuk mencari berkah, dari dalil ente nanti kita diskusikan.
    Kalau bicara dalil ane khawatir, banyak berdalil nanti kita jadi kufur, karena kita gak tau cara penafsiran dalil yang dimaksud, kita kan bukan ahli Lughah, Nahwu, ataupun sharaf.

  75. Antinu@
    Lama banget ane tunggu. OK ane kasih dalil
    1.Riwayat Aisyah : Beberapa malam Rasulullah saw pergi kemakam Baqi.
    2.Riwayat Imam Syafi’i : Setiap hendak mengajar Imam Asy Syafi’i pergi kemakam Imam Abu Hanifah.
    Dalil Akal ane pribadi nih :
    1. Ngapain pergi malam-malam kemakam, kalau zaman sekarang mungkin digebuki massa karena dituduh pencuri mayat.
    2. Apa yang diucapkan Imam Asy Syafi’i, kita kan gak tahu.
    Dari 2 point disini, kita perlu gak mencari dalil atau fatwa : Apa yang diucapkan oleh Rasulullah dan Imam Asy Syafi’i, kalau perlu kita kudu perlu berIlmu Tinggi.
    Jadi jangan asal ucapkan dalil, kalau kita gak ngarti, kita mesti sadar akan ketidak tahuan kita, jangan main tuduh ya.

  76. “Demikianlah (perintah Allah). dan barangsiapa mengagungkan syi’ar-syi’ar Allah, Maka Sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati” (QS. Al Hajj 32).

    Pemakaman Baqi, serta situs-situs bersejarah lainnya adalah termasuk syiar-syiar Allah, maka kita diperintahkan untuk mengagungkannya bukan menghancurkannya. Maka membangun makam orang-orang saleh dalam rangka melestarikannya, menjaganya dari kerusakan maka itu adalah timbul dari ketakwaan, bukan timbul dari kemusyrikan. Bila ada makam yang dijadikan berhala, maka syah-syah saja dihancurkan, tapi bagaimanakah berhala itu? adakah seorang muslim yang menjadikan kuburan berhala dan pantaskah disebut kuburiyin hanya gara-gara bertawasul dan mengharap berkah ?. Adapun bertawasul, berziarah, ke makam-makam suci adalah bentuk pengagungan yang wajar dan bukan bentuk penyembahan, oleh karena itu bila ada bentuk-bentuk penyimpangan, seyogyanya dilakukan dakwah yang sebenarnya bukan dakwah memusyrikkan tawasul, mencari berkah dsb kecuali hal-hal tersebut sudah diluar batas syariat. Sekarang tinggal pengikut wahabi yang seharusnya memahami perbedaan pendapat tentang masalah tawasul dan tabaruk. Memaksakan pendapatnya yang paling benar, kemudian bila ada kekuasaan melakukan aksi tanpa ada toleransi dan dialog maka tiada lain ini adalah memberhalakan mazhab dan syekhnya sendiri dengan dalih mengikuti sunnah. Na’udzu billah.

  77. Keberkahan itu milik Allah SWT…. Allah memberikan keberkahan kepada apa2 dan siapa2 yang dikehendaki, tetapi kita tahu Allah memberikan keberkahan karena sebab tertentu, misalnya kedekatan sesuatu dengan Allah. Keberkahan juga bisa ditularkan, maksudnya kita bisa mendapatkan keberkahan dari sesuatu yang diberkahi Allah atau yang biasa kita sebut mencari keberkahan ( ngalap berkah ). Mungkin ini yang belum dimengerti oleh Wahaby ( atau pura2 ga ngerti ). Keberkahan dapat kita rasakan di hati, misalnya hati jadi tenang, jernih, damai, fikiran luas, dll… Allah memberikan keberkahan kepada Masjidil Aqsa. Makanya kita kalo melihat gambar Masjidil Aqso, ada sesuatu perasaan tenang, damai, cinta.dll. Itu tandanya keberkahan Masjidil Aqsa bisa kita dapatkan. Allah memberikan keberkahan pada tanah Haram Mekkah, maka orang yang pernah ke sana pasti sudah merasakannya ( berarti mendapat keberkahan dari tanah Haram ) dan ada perasaan damai, dan ingin ke sana lagi. Misalnya kita punya tetangga yang di berkahi Allah, pastilah kita enak melihatnya, damai, anak2nya enak dilihat, dan kita pun selalu ingin berhubungan baik dengan keluarga tersebut, dan pastilah keberkahan keluarga tersebut menular kepada kita. Wajah ulama pun diberkahi oleh Allah, maka bila kita melihat wajah atau foto ulama, maka keberkahannya pun dapat kita rasakan dan dapatkan, dan kita selalu ingin melihatnya. Kitab2 karya ulama pun diberkahi Allah, maka kita selalu ingin membacanya, atau sekedar mengusap pun ada getaran di hati yang damai, itu menandakan kita mendapatkan keberkahan dari Kitab ulama tersebut. Kuburan ulama / orang sholeh pun demikian. Yang diberkahi ialah tanahnya, tempatnya dikuburkan. Hujan gerimis juga merupakan berkah dari Allah. Kita merasakan ketenangan kalo ada hujan gerimis, tidak deras, tidak ada petir, airnya membuat tanah subur. Misalnya kita dalam perjalanan, kita dianjurkan untuk melewati tanah yang diberkahi dibanding tanah yang tidak diberkahi, agar keberkahannya dapat menular ke kita. Kalo ga salah ada haditsnya deh….
    Mungkin ada yang mau menambahkan atau mengkoreksi. silakan….

  78. assalamualaikum mas afif faturrahman, slm kenal sekalian ijin share artikel jenengan u fb saya, matur nuwun.

    • Afif Fatkhurrohman

      Wa’alaikum salam warahmatullah. Semoga bermanfaat. Oh iya kalau bisa jangan diambil mentah-mentah karena artikel-artikel yang ada diblog saya mengandung kemungkinan benar dan kemungkinan juga salah^-^

  79. @umaro:
    berarti ente merasa lebih tahu dong daripada Rasull….twewww.

  80. Miz@hadist itu shahih,ditujukan kpd para sahabat dan yg mengikutinya.namun jaman sekarang berapa banyak orang2 yg tergelincir didalam kemusyrikan,contoh yg melakukan pesugihan2,dikuburan,dilaut,digunung,dipohon2 keramat,apa menurut nt,itu bukan kesyirikan.

    • Mamba'ul Ilmi Zulfitri

      Maka apakah orang yg berziarah kubur itu tidak mengikuti Rasul?
      Maka apakah orang yg bertawassul-tabarruk-istighatsah itu tidak mengikuti Rasul?
      Sayyid Umar ibn Khattab, Sayyid Khalid ibn Walid, Sayyid Utsman ibn Hunaif, Imam Asy-Syafi’i, mereka semua berTawassul dengan mengikuti Rasul, bukan pesugihan!

      Orang yg melakukan pesugihan, tidak hanya di kuburan, dimanapun tempatnya memang syirik, karena meminta pada selain Allah. ‘Meminta kepada..(selain Allah)’ dengan ‘Meminta pada Allah dengan…’ itu beda.

      Janganlah ente berdalih dengan beberapa hal yg memang benar-benar Musyrik.
      Pesugihan & Tawassul itu jauuuuhh, bedaaa, maka kenapa kalian Wahabiyyun samakan?
      Muslim & Musyrik itu juga jauuuuh, bedaaa, maka kenapa kalian juga samakan?

      Sebelum men-judge sesuatu hal sebagai Syirik, makanya ente telaah dulu, jangan maen pukul rata. Masa pesugihan ente samain dengan Tawassul?? Oke mamen @umaro??

  81. @ umaro : klo aq jadi umaro di indonesia aq akan ratakan SAWAH hingga dapat kembali ditanami pohon ASWAJA…
    kikuk….kikuk….

    gimana sobat sekalian? setuju?

    • Kalau ane jadi umaro pemikiran wahabi, ane bakar aja jasat simayit terus buang kelaut biar tanah dipermukaan bumi luas, lumayan bisa bikin apartemen. Kan gak susah-susah meratakan lagi dikemudian hari.
      Kalau ane jadi umaro pemikiran Islam, ane cukup tinggikan sedikit, sebab nanti kalau amblas masih ada tanda, ane ikutin sunah “Lebih baik menginjak bara seribu tahun, dari pada menginjak kuburan kaum muslim” (Hadist).

      • Iyalah, Kalo para pengikut wahabi takut kuburannya dijadikan kesirikan. jangan dikuburkan, dibakar aja kaya di Bali lalu abunya dibuang ke laut untuk makanan ikan(itupun kalo ikan suka).

  82. Satu kata buat SAWAH yaitu ‘DUABLEG’ kalo dikasih tau. Piss man…

  83. @umaro, ane setuju kalo itu yg ente maksud (pesugihan dikuburan, di laut, dipohon2 keramat) itu Syirik. Biasanya mereka yg melakukan hal2 tsbJadi tuduhan2 syirik ente lebih tepat diarahkan kepada mereka2 yang melakukan hal2 tersebut. Spt misalnya di Pantai Selatan yang masih melakukan malam satu suro memberi sesaji.

    Nah terus kalo ada orang yang Ziarah dan ente khawatir banyak yang tergelincir pada syirik, hingga menghalalkan menghancurkan kuburan, ini yang perlu diluruskan. Artinya, orangnya yang perlu dibenahi bukan ziarahnya apalagi sampai menghancurkan kuburannya. Dan hal2 seperti ini tugas kita bersama dalam membenahi orang2 yang salah kaprah dalam melakukan ziarah (maksudnya jika sampai meminta pada mayyit). Tentunya dakwah/peringatan yang harus dilakukan pun harus dakwah yang Nabawiy dengan penuh kelembutan dan keluhuran Islam. Jangan dilakukan dengan ceramah2 yang ekstrem dan frontal. Misalnya sampai terucap : “bahwa orang2 yang melakukan Ziarah Qubur adalah orang-orang yang melakukan syirik”

    Jika cuma bersandar kekhawatiran Ziarah Qubur akan tergelincir Syirik, maka hendaknya juga Hajar Aswad, sumur zamzam, dan segala yang terkait dengan Rasulullah SAW sebaiknya ditutup/dihilangkan khawatir syirik.

    Satu hal yang masih mengganjal hati saya, jika meratakan/menghancurkan pekuburan memang baik dilakukan, kenapa Nabi SAW, Shahabat dan Tabi’in tidak mencontohkannya….???

  84. ngadino roso :jasad yng ad dialam kubur tdk berguna dan akn mjd makanan cacing tanah,kecuali amalnya.apkh kt berharap akn barokaah dr rohnya ?pdhl ktka roh udh dicabut dr jasad mk terptuslah semuanya kecuali amalnya ,dan roh akn berganti alam ,disitu dia tdk akn bsa membantu manusa yng msh hdup aplg berhbngan dng manusia di dunia

    (PENTING) INI PERLU DILURUSKAN…!!!
    Bagaimana dengan kisah nyata salah satu Ulama Ahlussunnah wal Jama’ah (bukan Salafi Wahabi lho)yang jasadnya masih utuh, sebuah kejadian di zaman sekarang :

    Saat dilakukan pembongkaran makam, jasad Kiai Abdullah Mukmin masih utuh. Padahal usia jasad tersebut sudah 26 tahun. Kini, makam barunya pun sering didatangi warga, baik yang ingin berziarah atau hanya ingin melihat saja.

    “Sejak dua minggu ini, banyak orang yang datang ke sini, ada yang penasaran pengen tahu dan berziarah,” kata Mukhtar Ali saat ditemui detikcom di makam almarhum KH Abdullah Mukmin di Jl Garuda Pintu Air, RT 03 RW 02 Kelurahan Juru Mudi Baru, Kecamatan Benda, Kota Tangerang, Selasa (18/8/2009).

    Seperti diberitkan sebelumnya, Pemerintah Kota Tangerang melakukan penggusuran tanah terkait pelaksanaan proyek pelebaran jalan di Benda. Proyek pelebaran jalan ini untuk membuka akses lebih lebar menuju Bandara Soekarno-Hatta yang memang tidak jauh dari lokasi pemakaman itu sendiri.

    Mukhtar, yang merupakan putra sulung almarhum KH Abdullah Mukmin ini mengatakan, lokasi kuburan awal ayahnya ini berada di Mushollah An-Najat. Lokasinya bibir Kali Ciajane dan tidak jauh Ponpes As-Ashidiqiah II milik KH Iskandar SQ.

    “Saat dibongkar keluarga dan masyarakat di sini tidak tahu. Namun waktu mengetahui kondisinya baru heboh, semua orang pada berdatangan termasuk wartawan,” ujar Mukhtar polos.

    Bahkan, Mukhtar mengatakan, Kapolresta Tangerang sampai tiga kali datang
    dan memerintahkan anak buahnya untuk mengambil rekaman pembongkaran dan kondisi jasad yang diyakini sebagai orang alim dan soleh itu.

    “Waktu dibongkar kain kafan yang melilit ditubuh bapak masih utuh dan berwarna putih. Saya sempat lihat wajahnya, masih seperti 26 tahun waktu dikubur, nggak berubah. Badannya juga masih seperti dulu, cuma rambutnya agak memutih. Baunya sangat wangi sekali,” terangnya.

    Diakui Mukhtar, sosok ayahnya selama ini dikenal sebagai seorang guru. Abdullah datang ke Juru Mudi pada tahun 1950-an, setelah belajar di Darul Ulum, Makkah selama 25 tahun. Abdullah yang memiliki dua istri dan dikarunia 6 putra.

    Saat tiba di Juru Mudi, Abddulah pun mendirikan sebuah Madrasah Ibtidaiyah
    yang diberi nama Islahuddiniyah, yang berada di depan rumahnya. Kini madrasah ini dikelola oleh putranya Abdul Zibaqi. Madrasah ini pun sebagian tergusur dan tengah dalam pembangunan.

    “Karena kemampuan dan ilmu agama yang bapak miliki, bapak sempat dipercaya pemerintah dan negara untuk menjadi Wakil Ketua Pengadilan Agama di Tangerang,” terangnya.

    Abdullah, lanjut Mukhtar, selain mengajar mengaji kepada warga masyarakat,
    juga sering memberikan pertolongan untuk menyembuhkan penyakit. “Tapi bapak tidak pernah mau mengajarkan ilmu pengobatan itu. Bapak maunya mengajar ngaji saja,” tandasnya.

    Saat ini, lokasi makam KH Abdullah Mukmin letaknya digeser beberapa meter
    ke sekitar perumahan keluarganya. Di makam itu ada tiga, yaitu KH Abudllah
    Mukmin, putra keduanya bernama M Subur dan satu kuburan yang belum diberi nisan.

    Sumber : detik.com

  85. Ayo dong yang masih bangga sama SALAFI, mana lagi bantahnnya….!!! jangan cuma bisa komen trus ilang trus nongol lagi ngebantah pake komen copassan trus ilang trus komen lagi muter2 cari pembenaran….

    Rata2 Salafi nyang mampir dimari cuman anak bau kencur. Baru ngarti ilmu sedikit ude pade belagu ngebid’ah-bid’ahin orang. Eit dah ngaji lagi sono tong ame guru ente nyang beneran ah, kalo cuman mampir dimari trus komen kagak gablek mending kagak use apelagi ngasih copas kepanjangan, ngeribetin aje…

    >>>afwan kelepasan deh logat Betawi ane….

  86. @bang nur apkh séorg yng jasadnya utuh mjd patokan jk orng tsbt org sholeh ,ap bang nur tau isi ht kh abdullah mukmin klo beliau ikhlas?hanya ALLOH AZZA WA JALLA yng tau semuanya ,kenapa kt tdk mengaggungkan yng tk pernah tidur dan tak pernh mati?yng mengetahui segalanya di bumi dn di langit.wallahu a’lam

    • @ngadino: Terus kenapa ya, imam asy-Syafi’i rahimahullah sering berziarah ke makam imam Abu Hanifah rahimahullah sambil bertabarruk dan bertawassul apabila beliau mendapatkan kesulitan?

    • Mamba'ul Ilmi Zulfitri

      “..Sesungguhnya Allah mengharamkan atas bumi memakan jasad para nabi.”
      (HR. Imam Ahmad, Ibn Majah, Abu Daud, Ibn Hibban, Al Hakim, An-Nasa’i)

      “..Bahkan mereka (para Syuhada’) hidup di sisi Tuhannya & mendapat rezeki.”
      (QS. Ali Imran:169)

      Semua Muslim pasti mengagungkan Alla Ta’ala, tapi menghormati orang yang dicintai oleh-Nya juga tidak masalah, bahkan dianjurkan.
      Justru menganggap para kekasih Allah itu tidak punya kelebihan, lalu menyamakan mereka seperti bangkai yang patut dilupakan, dengan dalih memelihara Tauhid agar tidak jatuh dalam kesyirikan, adalah hal yang konyol.

      Terutama apabila yang berkata adalah kaum yang membuat-buat Tauhid 3 (trinitas) ala Salafi-Wahabi. Konyol wa Dolol..

    • kebiasaan wahaby…. emang kalo yang mengagungkan orang sholeh berarti dilarang mengagungkan Allah ya? begitu kan kesimpulan dari pertanyaan ente ?… menyuruh kita memilih salah satu, milih mengagungkan orang sholeh atau milih mengagungkan Allah ?…. bertanya nya aja niatnya sudah tidak baik…. tapi dikasih tau malah ngeyel… Makam orang sholeh itukan bagian dari syiar agama…. bukti otentik adanya agama Allah, ya otomatis mengagungkan syiar Allah dimuka bumi….. coba baca komen mas prass 17 Mei 2011 pukul 8:57 pm | #72 tentang ilustrasi sederhana di suatu akhir zaman nanti, percakapan ayah dan anak,

  87. antinu…antinu…
    sampeyan itu bener-bener ga paham maksud TAWASSUL, TABARRUK apa?
    makanya ngajinya ama Ulama ASWAJA jangan ama ulama SAWAH…
    Biar pemahamannya lurus ga mudah SUUDZHON…

    Pelajari dulu makna TAWASSUL, TABARRUK itu. Baru dech komen

    Mungkin karena nama sampeyan ANTINU jadi ga pernah paham makna TAWASSUL, TABARRUK itu.
    Aq usul coba ganti namanya ANTISAWAH, mudah-mudahan bisa cepet paham makna TAWASSUL, TABARRUK itu

    Piss man…

  88. ngadino roso :@bang nur apkh séorg yng jasadnya utuh mjd patokan jk orng tsbt org sholeh ,ap bang nur tau isi ht kh abdullah mukmin klo beliau ikhlas?hanya ALLOH AZZA WA JALLA yng tau semuanya ,kenapa kt tdk mengaggungkan yng tk pernah tidur dan tak pernh mati?yng mengetahui segalanya di bumi dn di langit.wallahu a’lam

    Yeeee meneketehe isi hati orang emang ane siape…??? mas ngadino nongol lagi nihhh….abis ini pasti kabur lagi….heheheh…becanda mas….

    gini lo mas, di komen sebelumnye pan mas bilang kalo jasad yng ad dialam kubur tdk berguna dan akn mjd makanan cacing tanah, nah ane kasih petikan artikel bahwa pernah terjadi di 2009 ade Ulama AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH (bukan ulama Sawah yeee…) yang ude terkubur selame 26 tahun tapi Kain Kafan dan Jasadnye masing utuh, cm rambutnye aje yg ubanan. Masalah orang tsb sholeh ape kagak emang bukan urusan ane bang, yang perlu dipertegas adalah beliau seorang Ulama yang ‘alim yang hidupnye banyak dibaktikan untuk kemaslahatan ummat terutame pendidikan agama.

    Makanye pas ente bilang jasad orang mati akan jadi makanan cacing tanah, secara tidak langsung komentar ente terbantah oleh artikel tsb. Jadi, semestinya komentar ente diklarifikasi lagi bahwa tidak semua jasad orang mati akan hancur termakan cacing tanah. Dan merekalah yang dikenal sebagai para kekasih2 Allah.

    Tapi kalo jasadnye pengikut Salafi Wahabi sih bener kali mas hancur dimakan cacing tanah, gak percaye cek aje sendiri…..he..he..he…

    Masalah perintah ente untuk mengagungkan Allah Ta’ala, entu sih kagak use disuruh mas ane ude tau…lagian dari masing bocah ampe bangkotan kayak gini juge ane paham masalah entu mah…

    >>>sabar ye mas ngeladenin ane…

  89. Ngadino Roso@
    Kita jangan mencap/stempel orang yang pergi ziarah itu macam-macamlah, positif aja pikiran kita, toh mereka punya dalil, kalau kita dalilnya sedikit tapi bisa dipertanggungjawabkan kepada Allah swt, bukan seperti para wahabi, dalilnya banyak, lihat aja kalau koment-koment wahabi, dalilnya wow, tapi kalau ditanya gak ngarti, malah melintir kesana kemari. Ane cukup 2 aja dalil dah cukup buat pertanggung jawaban kepada Allah.
    1.Riwayat Aisyah : Beberapa malam Rasulullah saw pergi kemakam Baqi.
    2.Riwayat Imam Syafi’i : Setiap hendak mengajar Imam Asy Syafi’i pergi kemakam Imam Abu Hanifah.
    Dalil Akal ane pribadi nih :
    1. Ngapain pergi malam-malam kemakam, kalau zaman sekarang mungkin digebuki massa karena dituduh pencuri mayat.
    2. Apa yang diucapkan Imam Asy Syafi’i, kita kan gak tahu.
    Dari 2 point disini, kita perlu gak mencari dalil atau fatwa ? Apa yang diucapkan oleh Rasulullah dan Imam Asy Syafi’i, kalau perlu kita kudu perlu berIlmu Tinggi.
    Coba deh, ente pikirin, kalau kita pergi haji tidak mampir kemadinah atau ke Jabal Rahmah, masjid Kucing, masjid Jin, gua hira atau yang lain.
    Mungkin pergi haji cuma keBaitullah 1 hari cukup, bagus gak buang-buang biaya yang mahal sampai 20 hari.
    Jadi jangan pikir macam-macamlah, boleh sunnah tapi lihat Jamaah (Orang banyak).

  90. Waduh waduh….. kasih kesempatan dong group gue ngomong, biarkan kami ngoceh dulu atau membeo dulu sampai puas, nanti gantian Aswaja yg meluruskan kalau ada ocehan kami yg keliru, sabar ya mas-mas Aswaja. Berilah kami kesempatan ngoceh dulu, sebab kami sudah tidak diperbolehkan COPAS lagi neh, jadi sulit neh mau koment lagi gara-gara tak boleh COPAS, kwk kwek kekakekkkk…..

  91. Zaman sekarang
    berapa banyak yang tetap mentauhidkan Allah swt? Masih Banyak Bro, Alhamdulillah…masih mayoritas

    berapa banyak yang mengkafirkan saudaranya Muslim?
    berapa banyak yang mencap syirik saudaranya Muslim?
    berapa banyak yang membid’ahkan saudaranya Muslim?
    berapa banyak yang mencela,mencaci,merendahkan saudaranya Muslim?

    pertanyaan berikutnya biar @ umaro yang jawab

    piss…man…

  92. ikut koment ya……masalah kuburan hendaknya pakai dalil2 bagaimana kuburan itu semestinya juga masalah ziarah harus pakai dalil juga sehingga tdk ada perdebatan lagi…kalau bisa beri penjelasan tentang dalil tersebut…….jangan hanya pendapat2 saja harus dikembalikan ke yg memang ada landasan,,,syukron semoga manfaat

    • firdaus@

      Dalil ziarah kubur banyak Mas, saya kira semua muslim tahu ziarah kubur adalah sunnah Nabi Saw. Wahabi mah sudah biasa minta dalil begitu dikasih dalilnya langsung diingkarinya sebab tidak sesuai hawa nafsunya atau ajaran ustadz-ustadznya. Demikianlah kebiasaan orang-orang Wahabi yg taqlid buta kepada syekh-syekhnya/ustadz2nya.

      Sabda Rasulullah saw: “aku melewati Musa (as) dimalam aku di Isra kan di Katsibil Ahmar dan Musa berdiri di kuburnya dan ia shalat” (Shahih Muslim Bab Fadhail), bahkan firman Allah swt: “Janganlah kalian menyangka orang yang terbunuh dijalan Allah itu mati, bahkan mereka hidup dan diberi rizki oleh Allah” (Al Imran-169).

      Berdoa di kuburan pun adalah sunnah Rasulullah saw, beliau saw bersalam dan berdoa di Pekuburan Al-Baqi’, dan berkali kali beliau saw melakukannya, demikian diriwayatkan dalam Shahihain Bukhari dan Muslim. Dan beliau saw bersabda : “Dulu aku pernah melarang kalian menziarahi kuburan, maka sekarang ziarahlah”. (Shahih Muslim hadits No.977 dan 1977)

      Juga Rasulullah saw memerintahkan kita untuk mengucapkan salam untuk ahli kubur dengan ucapan: “Assalaamu alaikum Ahliddiyaar minalmu’minin walmuslimin, wa Innaa Insya Allah Lalaahiquun, As’alullah lana wa lakumul’aafiah..” (Salam sejahtera atas kalian wahai penduduk penduduk dari Mukminin dan Muslimin, Semoga kasih sayang Allah atas yang terdahulu dan yang akan datang, dan Sungguh Kami Insya Allah akan menyusul kalian, Aku memohon kepada Allah untukku dan kalian Afiah ) (Shahih Muslim hadits No 974, 975, 976).

      Hadits tsb menjelaskan bahwa Rasulullah saw memberi salam pada Ahli Kubur dan mengajak mereka berbincang-bincang dengan ucapan “Sungguh Kami Insya Allah akan menyusul kalian”.

      Jadi apa pendapatmu Mas @Firdaus dg dalil-dalil yg saya sebutkan. Apakah Ziarah kubur itu hanya pendapat-pendapat kami? Kalaulah kami tidak menyebut dalil, itu bukan artinya tidak ada dalil tapi untuk menghindari agar tidak terlalu mudah pamer dalil. Karena dalil itu bukan untuk dipamerkan, tetapi untuk dipahami maksudnya.

  93. kalau menganti nkri ini dgn hukum islam bagaimana pendapat ikhwan semuanya? baik atau tidak….karena nkri ini jelas tdk memakai Al Qur’an dan sunnah sbg landasan…..kalau kita semua dianjurkan mengikuti sunnah Rasul tp giliran Rasul menghukumi para pezinah dgn razam….juga pembunuh dgn qisas kita pada g mau ngikut,,,bagaimana menurut akh semuanya

    • firdaus@

      Firdaus, hukuman apa sebaiknya yg harus dijatuhkan untuk Wahabi-Wahabi Saudi yg merusak peninggalan sejarah Islam Di pekuburan Al-Baqi’ dan di lain-lain tempat di jazirah Arab?

      • ana bertanya ada g yg setuju hukum islam tegak di indonesia….kalau manusia mengklaim aswaja tp dia tdk menurut apa yg oleh Rasul lakukan dalam pengambilan keputusan apakah bisa dibilang aswaja…..seharusnya aswaja berjuang agar indonesia ini berhukum dgn islam bukan malah mengembalikan ke kuhp dan pancasila…adapun masalah kuburan ada perbedaan pendapat kalau ana mah ikut pendapat yg kuat saja …..kalaupun ada saudara ana yg berbeda juga bukan masalah sepanjang hanya masalah furu kenapa harus saling hujat…..

  94. kalau kita semua mau meniru apa yg dilakukan Rasul SAW maka rubahlah nkri ini menjadi negara yg berhukum islam bukan kuhp……karena jelas sekali proses peradilan di indonesia membuang hukum Allah ……coba antum lihat diskotik2 sangat marak bahkan pemerintah tdk mampu menutup doly…..jelas sekali yg haram dihalalkan dan yg halal diharamkan….jadi jangan hanya bisa debat sesama tp berbuatlah dgn tanganmu

    • firdaus@

      Bagamana pendapatmu tenta Arab saudi yg menggunakan hukum Islam? Apakah seperti itu yg antum cita-citakan? Apa yg antum ketahui tentang pelaksanaan hukum Islam Di Arab saudi? Apakah antum pernah dengar Arab Saudi menjatuhkan hukuman kepada para pejabat yg korup dan melanggar hukum? Atau mereka hanya berlaku kejam kepada TKI/TKW berdasar hukum Islam? Berpikirlah jangan asal bicara.

      • arab saudi sebagian ulama sdh tidak menganggap lg pemerintahannya yg wajib di taati karena mereka telah berwala terhadap kaum kafir…..sedangkan arab saudi yg menurut kebanyakan org berhukum islam saja antum2 cela lalu bagaimana dgn indonesia yg justeru membuang hukum islam…..ketahuan dah otak pancasila yg antum…..

      • lalu bagaimana pendapat antum kalau di indonesia diterapkan hukum islam setuju g

      • adapun masalah tki/tkw sdh semestinya mereka dihukum sesuai syariat jika memang itu landasan hukum di arab…tp asal antum tahu saja setiap pemimpin itu pasti ada yg tdk baik dan pemimpin islam pun bisa zalim contoh khalifah hajjaj bin yusuf….tp ke unggulan kepemimpinan hajjaj bin yusuf adalah dia menancapkan syariat islam di negeri yg dia pimpin adapun tindakan yg tdk menjatuhkan syariat islam ketika ada masalah mungkin karena jengkel atau dendam itu adalah bentuk zalim pemimpin tersebut tp dia tetap menancapkan islam sbg hukum… nah kalau indonesia bagaimana menurut antum…ana yakin antum tahu hukum apa yg dipakai di indonesia…..lalu ana mau tanya apa hukumnya org yg tdk mengimani 1 ayat Al Qur’an saja

  95. Benar deh ya, wahabi kalau gak diizinkan COPAS terbukti tak bisa koment. Ini juga membuktikan anggapan di masyarakat bahwa Wahabi itu ilmunya ilmu COPAS (dalam arti luas). Lihatlah koment si Firdaus itu, terbukti …. he he he….

  96. Sebelumnya kami mohon maaf kepada para pengunjung blog ini, khususnya kepada teman-teman Aswaja dimohon tetap menghormati teman-teman Wahabi/salafy. Tetaplah berkoment secara elegant dan proporsional agar teman-teman Wahabi tidak takut lagi berkoment di sini. Syukron atas pengertian dari teman-teman Aswaja.

  97. mamo cemani gombong

    @firdaus ………NII apa ya ????? kok blom ketangkap ???

    • antum seharusnya tahu NII kw 9 itu produk yg di buat siapa…..yg jelas nii kw 9 itu ikut ndompling nama agar setiap pergerakan islam yg ingin hukum idlam di negeri ini tegak akan anti dgn islam karena image yg sengaja dibikin jelek tentang islam…..antum pernah g lihat hendropriyono di tv dulu ngomong siapa yg berani menyentuh nii saya akan geplak nah dari sini saja sdh harus diteliti…..

      • mamo cemani gombong

        ya udah nt bikin negara sendiri aja fir ………..kalau ana ikut aja umaro yang udah ada karena dasarnya ana bodoh dalam hal pemerintahan dan pesan Nabi sesuatu nggak di tangani oleh ahlinya tunggu kehancurannya …..salam @fir

  98. Assalamu alaikum…..
    Jujur saia katakan, komentar aswaja memang lebih bagus dan bermutu, punya pemahaman terhadap suatu permasalah agam yg sedang dibicarakan. Komentar dari wahabi kelihatan sekali awamnya, atau mungkin hasil ajaran doktrin wahabi yg kuat menancap di kepalanya. afwan, saia cuma mampir dan tergoda ikutan komentar, mohon maaf jika tidak berkenan.
    Wassalamu alaikum…..

  99. Pemahamanku terhadap kubur adalah:
    1.kuburan adalah sebagai pengingat kematian
    2.ucapkan salam kepada ahli kubur kaum muslimin,ketika berziarah.
    3.mendoakan mereka ahli kubur kaum muslimin,dng menghadap kiblat.
    4.tdk menganggap kuburan seseorang berkaromah,dan mengkhususkan menziarahinya.
    5.menghormati orang sholeh yg sdh wafat,bukan lah dng pengagungan kuburannya,meninggikan kuburannya,membuat kubah diatasnya,menjadikan perantara/tawassul atau bertabarruk didalamnya.tetapi dng meneladaninya,mengamalkan apa yg telah diajarkannya yg sesuai dng alquran dan sunnah,sehingga pahalanya mengalir terus kepada mereka.
    6.tdk menuduh kaum muslimin yg mengkhususkan berziarah kemakam2 orang soleh sbg musyrik.
    Demikian sebagian keyakinan ane ttg masalah kubur yg baru dipelajari.syukron teman2 ‘aswaja’.sdh segini saja komennya,kebanyakan komen malah semakin banyak salahnya,dan semakin dibombardir.wassalam.

    • mamo cemani gombong

      he..he..@umaro ….silahkan dgn pemahaman nt …..namun jangan berburuk sangka thd muslim lain …….salam

  100. wahabi telah melahirkan para teroris, mari kita bom dan hancurkan seluruh dunia melebih para iblis

  101. Umaro@
    Mulai Mantab jawaban ente, tapi no 5, ente lihat dikoment ane no 121.
    Kita mesti berpegangan pada perkataan ini : “Ada dua anggota tubuh manusia yang tidak bertulang, kalau kita bisa menjaganya, maka kalian bisa selamat dari azab neraka”.
    Dua itu adalah Lidah dan Laki-lakilah (gak sopan sebutin).

  102. umaro@

    Umaro, untuk koment antum kali ini saya sepakat, memang kami pun aswaja seperti itu. Alhamdulillah, semoga untuk masa-masa yg akan datang kesalah-pahaman yg beredar di masyarakan untuk masa0masa yg akan datang semakin berkurang dan ummat Islam bisa bersatu dalam hidup rikun tsaling menghormati.

    Hanya saja ada point koment antum yg perlu saya jelaskan, bahwa tidak ada yg salah dengan ummat Islam yg bertawassul/bertabarruk saat berziarah kubur di makam seorang Muslim yg dikenal sholeh semasa hidupnya. Para Salaf kita pun melakukan hal yg sama seperti itu, justru kamipun mengikuti/mencontoh orang-orang salaf. Kalau bertawassul/tabarruk di makam orang Sholeh itu salah, tentunya para Salafuna Shalih seperti para Imam Madzhap tidak akan melakukannya.

    Mari kita simak riwayat Shahih berikut ini:
    Abu Hanifah ketika berziarah ke Madinah dan berdiri di hadapan makam Rosulullah saw. berseru:
    “Hai orang yg termulya di antara manusia dan jin dan sebaik-baik makhluk, berilah aku kemurahanmu dan ridloilah aku dg ridlomu. Aku merindukan kemurahan darimu, engkaulah satu2nya harapan Abu Hanifah” (kitab al-Ziyaroh Nabawiyah hal. 56 karya Sayyid Muhammad al-Maliki)3.

    Imam Syafii (150-204 H/ 767-819 M)
    “Dari Ali bin Maimun beliau berkata: Aku telah mendengar Imam Syafii berkata: Aku selalu bertabarruk dg Abu Hanifah dan mendatangi makamnya dg berziarah setiap hari. Jika aku mempunyai hajat, maka aku menunaikan sholat 2 rokaat, lalu aku datangi makam beliau dan aku memohon hajat itu kepada Allah di sisi makamnya,sehingga tdk lama kemudian hajatku segera terkabulkan” (kitab Tarikh al-Baghdad juz I hal. 123 dg sanad yg shohih, karya al-Hafidz Abi Bakr Ahmad bin Ali)

    Silahkan antum tidak bertawassul/tabarruk tidak masalah bagi antum juga bagi kami, tapi perlu antum ingat tidak ada yg salah dg Kaum Muslimin yg bartawassul/bertabarruk di makam orang-orang shalih. Kalau masih ada yg menganggap salah bahkan ada yg menganggap musyrik, justru anggapan itulah yg salah. Jika sampai menganggapnya musyrik, berrati para Salafuna shalih yg bertawassul/bertabarruk itu musyrik. Pikirkanlah konsekwensi dari anggapan salah tersebut, yg biasanya selalu dilontarkan oleh Ustadz-ustadz Salafy Wahabi dalam mimbar-mimbar Jum’at, radio, internet, majalah-majalah dll. Dan kaum awam banyak yg terpengaruh oleh propaganda yg sengaja ditujukan kepada kaum muslimin yg bertawassul/tabarruk.

    Demikian akhi Umaro, antum bagus sekali mempunyai kesimpulan seperti yg antum tulis di atas. Barrakallohu fik.

  103. Jm@itulah masalahnya,riwayat trsb sdh saya tanyakan,dan riwayat yg
    Lainnya yakni ttg al imam Assyafi’i yg bertabarruk dikuburan imam Abu Hanifah riwayatnya dhaif,oleh karenanya saya blm mau melakukan amalan yg blm yakin riwayatnya shahih.salam.

    • umaro@

      Emang begitulah kalau wahabi ditanyakan sesuatu riwayat yg tidak sesuai keinginan hawa nafsunya akan mengatakan “Ini dho’if, ini maudlu'”. Antum tidak melakukan tawassul pun tidak dosa kok Mas? Salam damai.

  104. Ana tinggal dilingkungan dan jamaah yg sering tawassul,marhabaan.yasinan ,tahlilan,dan ane pun paling rajin mengikutinya.tp ketika mengenal internet,dan mendengar di radio,dari majalah serta bebera kitab yg dibeli,ane mulai berpikir,apakah amalan yg ane sebutkan tadi ada dalilnya.bukankah kita harus berilmu dulu sebelum beramal,maklum ane bukan keluaran pesantren atau lulusan madinah.dan ane mulai ninggalin amalan trsb sampai menemukan dalil yg shahih.dan ane pun tdk mau jatuh kedalam paham khowarij,memusyrikkan ,membid’ahkan orang lain tetapi disatu sisi ane pun tdk mau disebut pelaku bid’ah.syukron mohon pencerahan.

    • umaro@

      oh, antum sering ikt tawassul ya. Tolong kasih diuskripsi/gambaran gemana itu prakteknya, awas jawab dg jujur jangan ngarang atau finah.

    • mamo cemani gombong

      @umaro mengajilah pada ulama yang benar dan bersanad sampai ke Rosululloh internet , radio , dll untuk tambahan ….ilmu yang haq pasti akan saling melengkapi bukan bertabrakan …..salam

      • ABDURAHMAN AL GHAFIQI

        Ali Ra isterinya fatimah puteri Rasulullah SAW lalu memiliki anak Hasan dan Husayn kemudian hasan meninggal ada yg mengatakan riwayat diracun lalu husayn juga meninggal dipadang karbala….jd yg tertinggal zain al abidin anak dari husayn nah zain al abidin punya anak Muhammad al baqir dan zaid ibn zain al abidin selanjutnya dari muhammad al baqir inilah ayah dari imam jafar ash shodiq nah dari belia inilah lahir para alawiyyin pertanyaan nya beliau memiliki anak 13 dan 8 yg tdk mempunyai keturunan hanya 5 yg memilikimketurunan jd jika ada para pengaku keturunan ahlul bait tp tdk termasuk dari 5 anak tersebut berarti dusta…..karena di tempat ana dari informasi ada habib2 palsu………..dan setahu ana kalau memang itu keturunan Rasulullah SAW dan mencintai Rasul SAW berarti dia juga akan menerapkan menjadi keputusan Rasul dlm menghadapi masalah…bukan hukum kuhp….jd inilah letak kecerobohan org awam terlalu taklid buta…..

  105. ana merasa aneh dgn manusia yg mengaku islam ribut dgn perdebatan saling klaim mereka adalah aswaja…kaum salaf tapi membiarkan negeri ini berdiri di atas hukum yg jelas membuang islam…..apakh Rasul SAW seperti ini….apakah Rasul menghukumi pezinah dgn penjara atau pendataan…atau membunuh dgn penjara…atau pencuri /koruptur dgn penjara yg dapt remisi…inilah yg perlu di rubah…..tegakan syariat islam di indonesia….bagi yg menolak berarti sama dgn menolak hukum Allah SWT…..Allah sdh menurunkan Al qur’an agar kita melakasanakannya bukan membuat hukum sendiri…….kalau ada org jatim tuh lihat doly mana aswaja dari jatim membiarkan komplek zinah tetap berdiri kokoh……mana amar ma’ruf nahi mungkar kalian……walikota nya saja menolak menutup doly dgn alasan kemiskinan apakah…ini pr bagi yg mengaku aswaja……kelurkan fatwa yg melarang dan agar doly ditutup biar masyarakat jatim yg bereaksi menutup nya kalau pemerintah yg g mau islam ini g mampu ayoo mana para ulama….bukan hanya diam….terkenal seasia tenggara komplek lendir……Dakwah wal jihad……bukan Dakwah kaum murjiah yg selalu mencari alasan untuk tdk melaksanakan syariat islam….ayooo yg ngaku aswaja boleh g maksiat bebas dan sebutkan hukum2 org berada di wilayah tersebut tp dgn santai tanpa aksi……lalu sebutkan hukum org yg menghalalkan yg haram……….

    • firdaus@

      Silahkan kamu gabung aja dengan Usamah bin ladin. Hijarah aja antum ke Afganistan, tinggalkan aja Indonesia negeri tercinta yg penuh berkah dari Allah Swt ini.

      • ABDURAHMAN AL GHAFIQI

        BAGAIMANA TANGAPAN ANTUM TENTANG KEMAKSIATAN YG DISEBUTKAN TD APAKAH CKUP KITA HANYA DGN IBADAH SAJA TANPA MENGHIRAUKANKEMAKSIATAN YG MERAJALELA……BAGAIMANA DGN IMAN KITA YG MEMBIARKAN KEMAKSIATAN TERSEBUT TUMBUH SUBUR APALGI DIDUKUNG DGN IZIN2 BUKANKAH INI MENGHALALKAN YG HARAM NAMANYA…..SETAHU ANA SIH BEGITU….G TAHU KALAU ADA YG BERPIKIR LAIN TENTANG KEMAKSIATAN YG BERLAKU INI

        • mamo cemani gombong

          sudah ada petugasnya bro …….nggak puaaaas ada jalur hukumnya brooooo ..

          • ABDURAHMAN AL GHAFIQI

            he he …g pas akhi jawabannya…ya sdh ana mafhum..sulit memang menentang arus

        • @ Abdurahman Al Ghafiqi
          Kalo kamu merasa terpanggil dan sanggup memberantas kemaksiatan silahkan lakukan bersama teman wahabimu.
          gak usah ngomel2 aja disini, setelah itu sejahterakanlah hidup mereka dengan memberi modal, pekerjaan dan santuanan harta benda serta pendidikan supaya mereka gak kembali kekubangan maksiat.
          kalo kamu dan teman wahabimu bisa dan berhasil, kami akan mengusulkan supaya kamu diangkat jadi menteri sosial merangkap menteri agama.
          he..he…he 3x

        • ABDURAHMAN AL GHAFIQI@ Kamu gak cocok tinggal di Indonesia. Ane sarankan sebaiknya antum pergi aja dari Indonesia secepatnya. Ibu Pertiwi Indonesia tidak butuh orang sepertimu. Pergilah, tinggalkan Indonesia segera!!!

      • ABDURAHMAN AL GHAFIQI

        APAKAH DGN NKRI YG MANA PENYANDARAN HUKUM BUKAN KEPADA AL QUR’AN DAN SUNNAH RASUL ANTUM ANGGAP SDH BAGUS…….ORG TDK SHOLAT ,SHAUM,ZAKAT,HAJI,MEMBIARKAN KEMAKSIATAN PADAHAL KITA MAMPU MENCEGAH JUGA BERDOSA…LALU BAGAIMANA DGN ORG YG JELAS2 MENOLAK HUKUM YG ALLAH SWT TURUNKAN UNTK MANUSIA…APAKH MEREKA BENAR….WAH TANDA TANYA BESAR NICH KALAU ADA YG BERFIKIRAN SEPERTI INI

        • mamo cemani gombong

          he…he….setuju dgn mas Joyo …nt harusnya hidup dgn osamah ……

        • Assalamualaikum, mas AAG,
          bukankah kita hidup dinuaia ini bagaikan kita pergi ke Pasar,pastinya kita tidak akan berada di pasar terus menerus, pasti kita kan pulang kerumah juga, kita andaikan saja pasr itu kehidupan kita di dunia dan kembali kerumah itu kita andaikan kita kembali ke Akhirat. padahal di pasar itu banyak sekali macam sifat manusia, ada penjual yang mengurangi timbangannya ada penjual yang jujur ada pembeli yang mengutil barang dagangan, ada pembeli yang membayar dengan uang palsu, ada pencopet, dan ada pembeli dan pedagang yang jujur pula, na banyak kan mas macam-macam sifat manusia yang ada di pasar itu, tergantung kita mau milih menjadfi manusia yang seperti apa? apakah kita akan menjadi pencopet yang nantinya apabila kita tertangkap akan dipukuli masa dan apabila sampai di rumah orang rumah pasti akan marah dan bisa-bisa kita bisa di bawa polisi ke penjara, ataukah kita memilih menjadi pembeli yang jujur sehingga kita dapat membeli oleh-oleh untuk orang yang ada di rumah, sehingga apabila kita pulang ke rumah pastilah mereka akan senang dengan kita dan kita juga bisa menikmati apa yang kita beli dengan rasa yang nikmat pula, demikian mas menurut saya.
          Wassalam.

  106. Muhamma Abdullah Azzam

    BACA DULU YA BARU KOMENT…….ANA TDK BERMAKSUD APA2 HANYA INGIN MEMEBRITAHU…..SEMOGA ADA MANFAATNYA………..JAZAKALLOH

  107. mbah redhy abu jamal

    Nyuwun sewu ikut komentar he he he

    Harus jujur kita akui, memang masih banyak dari masyarakat yg salah dalam ziarah kubur khususnya makam auliya. Kalau dilihat dari ratusan peziarah yg datang maka akan ada ratusan niat yg berbeda-beda. Ada yg memang sengaja ngalab berkah, ada yg sekedar mendoakan dll.
    Oleh karena itu buat yg anti, janganlah dipukul rata gebyah uyah semuanya dianggap ngalab berkah.

    Sayapun sering ziarah ke makam wali tetapi tentu dengan aturan yg syar’i dan dipimpin oleh ulama yg ahli pula. Dan bacaan yg saya amalkan tidak bertentangan dengan syar’i kok. Dijamin jauh beda dengan sebagian kalangan yg memang sengaja memburu karomah, berkah dll.

    Sekali lagi buat saudara2 salafi/wahabi jangan asal menggenaralisir masalah. Silahkan pelajari dulu dan jangan pukul rata setiap masalah.

    • Mamba'ul Ilmi Zulfitri

      Pada intinya ngalap barokah dengan tawassul itu sama kok @mbah.
      Ngalap barokah yg dimaksud itu y berdo’a dengan perantara para Auliya’, dengan kata lain Tawassul. Cuma lidah orang Jawa bisanya sebut ngalap barokah.

      Ngalap barokah alias Tawassul jelas beda dengan yg benar-benar meminta, seperti pesugihan dll.
      Mungkin memang benar klo masyarakat awam perlu diarahkan, bukan dengan main tuduh musyrik atau judge kafir seenaknya

  108. ASWAJA GIMANA TUH DI TANYA FIRDAUS,DAUS@KALO ANA PERTENGAHAN AJA,MENGKAFIRKAN PENGUASA TDK,DAN MENERIMA UNDANG2 YG BERTENTANGAN DNG SYARIAT TDK.

    • Mamba'ul Ilmi Zulfitri

      Halah, g usah pake alibi bang @Joko.
      Ente hidup di Indonesia, secara tidak langsung ente juga mesti taat ama Ulil Amri alias pemerintah. Menaati pemerintah otomatis taat pada undang-undang.

      Perlu disadari kalau hukum Islam di mata sekuler itu kejam. Kalau memang ingin membuat tatanan masyarakat yg mau menaati hukum Islam, y mulai dari bawah. Bikin tuh tataran masyarakat yg sesuai dgn syari’at, mampu g?

      Kalau pun ente dijadiin presiden, apa ente yakin bisa ngerubah semua? G usah ngebual ato omong besar lah. Ente g jadi presiden aja suka main tuduh orang lain musyrik-bid’ah-khurafat & memulai perang syaraf-urat, yakin ente mau pertahanin tuh kelakuan? Yakin g sampe sebulan udah diturunin kyk harto ato dibedil ama anak buah ente, lha kelakuan ente aja buruk.

      Klo bisanya hanya kafir-kafirin pemerintah, menolak UU yg tidak sesuai syari’at, berkaca dulu. Emang ente mau nya instan, g beda kyk pendahulu Wahabiyyun yg memberontak pd Kekhalifahan Utsmaniyah dengan jargon Tauhid, dasar Wahabi.

  109. muhammad abdulah azzamI

    KOMENT ANA DIHAPUS ADMINT….PADAHAL HANYA PENJELASAN DGN NASH DAN DALIL2 YG SYAR’I TAKUT KEHILANGAN JEMAAH YG ANTUM CUCI OTAKNYA YA DGN PEMAHAMAN LIBERAL KETUA NU DAN KRONCO2 NYA….WAH CURANG NIH ADMINT….SEHARUS BIAR JA DITANGGAPI COPASAN ANA…TOH KALAU SALAH BISA DIRALAT DAN DI BENAHI ANA BERLAPANG HATI AJA

    • Maaf, koment antum dihapus, jelaskan saja menurut yg antum pahami dengan cara menulisnya sendiri. Setiap koment yg didelete di sini selalu kami beritahukan agar maklum adanya.

  110. muhammad abdulah azzamI

    ANA BERITAHU YA IKHWAN DISINI………KALAU MAU KOMENT YG ADIL JANGAN KOMENT ANA DI HAPUS SAMA ADMINT…..KENAPA TAKUT SIH……KALAU EMANG KALIAN YG BENAR G USAH TAKUT TAMPILKAN AJA TOH ADA KOREKSI ATAU PENDAPAT DARI IKHWAN SEKALIAN …..WAH KETAHUAN NICH MAUNYA

  111. muhammad abdulah azzamI

    Maaf, koment antum didelete. Koement-lah sesuai pemahaman antum sendiri, bukan koment COPAS…..JUSTERU INI PEMAHAMAN ANA JADI ANA COPASKAN…KOIK DIHAPUS ……JANGAN GITU PERBANDINGAN AJA KOK TAKUT………..

    • mamo cemani gombong

      itu namanya nggak berilmu bro …..nt dikasih otak ama Alloh untuk mikir bukan taqlid ama COPASAN ……jelas bro??? nt juga berprasangka buruk ama Admin …….cuci otak ……cucikaki nt tuh

    • Bukan takut Bos, tapi antum tidak adil dalam koment. Teman-teman yg lain capek-capek ngetik koment, sedangkan antum terlalu enak COPAS. Kirim lagi koment antum sesuai pemahaman antum, dilarang koment COPAS, tolong diperhatikan peringatan ini agar koment tidak didelete kagi.OK?

  112. All Pengunjung@

    Antara @Firdaus, @Muhammad Abdullah Azzam, @ABDURAHMAN AL GHAFIQI ternyata pelakunya adalah satu orang. Lihatlah kasus @Abu Fathul terulang lagi oleh @Firdaus. Beginilah Wahabi itu sebenarnya, manipulatif dalam segala halnya. Lihat kasus @Abu Fathul yg bersandiwara di link ini:

    Silahkan periksa angka di bawah nama-nama berikut ini yg merupakan IP-Adress-nya.

    Muhammad Abdullah Azzam
    Khalidirhaby@yahoo.co.id
    110.139.117.229

    ABDURAHMAN AL GHAFIQI
    Firdaus.juli@yahoo.com
    110.139.117.229

    firdaus
    Firdaus.juli@yahoo.com
    110.139.117.229

    Lihat kasus @Abu Fathul yg bersandiwara di link ini:

    • Ummati-ummati@
      Ane dah curiga setelah baca komentnya.

    • Kebiasaan Wahabi, koment COPAS, koment COPAS, koment COPAS!!! Kalau gak COPAS pada gak bisa koment, otaknya berhenti tak mampu berpikir walaupun hanya yg sederhana saja, mungkin akibat otaknya penuh dijejali doktrin wahabi.

  113. mamo cemani gombong

    ana nggak heran @Admin ……

  114. muhammad abdulah azzamI

    HE HE TAPI TETAP AJA KAN KALIAN MENOLAK SYARIAT ISLAM…..EMANG COPASAN G BOLEH DAN BUKAN ILMU YA…..KALAU ADIL TAMPILKAN AJA COPASAN ANA SIAPA TAHU IKHWAN2 DISINI PUNYA KOREKSI KALAU G GITU YA SATU ARAH SAJA NAMANYA…PERCUMA DONK KALAU G MAU DENGAR PENDAPAT ORG LAIN……….ATAU KALIAN TAKUT MELIHAT KEBENARAN……KALAU ITU COPASAN MENURUT KALIAN ADALAH SALAH SEHARUSNYA DITAMPILKAN AGAR JANGAN TERJERUMUS KALIAN DGN HAL SEPERTI YG ANA TAMPILKAN….JELAS KAN KALIAN MENUTUPI…….MBOK YA BERPIKIRLAH JANGAN MAU DIMONOPOLI……ANA BUKAN SALAFY ANA B UKAN NU ATAU MUHAMMADIYAH ATAU NII KW9 ATAU JAT ATAU JI….ANA HANYA INGIN BERBAGI YG ANA KETAHUI KEBETULAN SDH ADA SITUS YG MERANGKUM ITU JD ANA COPAS AJA…TANPA ITU PUN ANA JUGA SDH BEGINI……..TO ADMIN YG ADIL YA MASA MASALAH COPASAN AJA TAKUT………………..

  115. muhammad abdulah azzamI

    JIKA DAKWAH SESEORANG DIJAMAN SEKARANG MENDAPAT HATI DARI PEMERINTAH YG TDK MENERAPKAN ISLAM PERLU DITELITI DAKWAH TERSEBUT……….APAKAH KALIAN TDK MELIHAT REALITA SEJAK DULU BAGAIMANA ORG2 YG BERDAKWAH DIJALAN ALLAH SWT PENUH DGN COBAAN…..APAKAH ANTUM2 KIRA DAKWAH DGN SKENARIO PEMERINTAH SDH BENAR……TOH LIHAT BAGAIMANA NU..MUHAMADIYAH…ANSOR..DLL APA YG PETINGGI MEREKA LAKUKAN…..ANA MSH BERSYUKUR NU DI DAERAH ANA G SEPERTI DI JATIM DAN WILAYAH JAWA LAINNYA…TP MUHAMMADIYAH DI DAERAH ANA SDH AGAK KEBABLASAN DGN KHOTBAH MENYINGUNG2 BAGAIMANA MENCONTOH RA KARTINI…WONG JELAS G ISLAMI KOK DI SARANKAN….JUGA SALAFY YG SELALU BERTENTANGAN DGN KAUM TUA….SERTA ANSOR YG MENGADAKAN SEMINAR PEMAHAMAN DEMOKRASI DAN TERAKHIR HTI YG AGAK MELENCENG PEMAHAMANNYA

    • Orang gak sopan seperti si @muhammad abdulah azzamI ini lebih baik dikarantina saja. Nanti bisa menular ke teman-temannya.

    • mamo cemani gombong

      ni orang muslim bukan ya ?????? semua disalahin kok kaya paling bener sdr ……@firdaus atau siapapun nt ……..

    • Mamba'ul Ilmi Zulfitri

      Ente dikasih keleluasaan berdakwah dengan tenang aja main protes.
      Coba ente tengok kembali di zaman Rasulullah SAW. Dakwah mesti sembunyi-sembunyi, penuh dengan tekanan & ancaman pembunuhan, pemeluk Islam dipaksa kembali menyembah Latta-Uzza bahkan keluarga Ali Imran dibunuh sekeluarga dengan sadis, sampe mesti hijrah ke luar Makkah.

      Apa Rasulullah SAW langsung menetapkan semua harus sesuai syari’at Islam?
      Kalau pun umat Islam tidak dihalang-halangi dalam beribadah, apa mungkin terjadi Fathul Makkah?
      Trus ente minta semua ala instan, apa tidak BID’AH DHOLALAH??

      Berkaca bung! Ente main berontak aja. Dikasih kedamaian berdakwah ente malah minta berkubang darah, sakit ente emang.
      Dakwah damai begini saja ente sendiri yg buat keruh, main semua dikafirin. Dakwah ente aja ala BID’AH DHOLALAH, makanya tidak bisa tenteram.

      Orang kyk ente mestinya enyah aja, biar dakwah Islam bisa berkembang tanpa ada kaum sempalan yg sukanya buat citra Islam buruk aja, jadi makin sulit berdakwah gara-gara citra Islam kalian rusak!

  116. @ MAA,

    Kok ngelantur sih nogomongnya…..?

    Mas, permasalahan dunia islam memang sudah kompleks, makanya mari kita singkirkan penghujatan, pengsesatan dan peperangan sesama umat islam, makanya kasih tahu ama yang suka meributkan masalah tawasul, maulidan, zikir berjamaah dsbnya. jangan tambah masalah atau buat permasalahan baru dan mengungkit-ungkit masalah khilafiyah. Saatnya sekarang berpikir dan berjuang sesuai kemampuan kita untuk membangun masyarakat islam yang kuat secara jasmani, rohani, yang kuat materi, ilmunya dan loyalitasnya untuk perjuangan Islam demi rahmatan lil alamin.

  117. Muhamma Abdullah Azzam

    Maaf, koment antum didelete. Koment-lah sesuai pemahaman antum sendiri, bukan koment COPAS.

    UMMATI PRESS

  118. Muhamma Abdullah Azzam

    Maaf, koment antum didelete. Koement-lah sesuai pemahaman antum sendiri, bukan koment COPAS.

  119. Muhamma Abdullah Azzam

    Maaf, koment antum didelete. Koement-lah sesuai pemahaman antum sendiri, bukan koment COPAS.

  120. ini lagi NII???
    udah jelas rasul ga pernah bikin negara ISLAM?
    emang ada negara Islam Madinah? Negara Islam Mekah? Negara Islam Nejd?

    Sabar napa pelan-pelan kalau menegakkan Syariat dan Undang-Undang Islam….
    Semua juga mafhum kalau syariat dan hukum Islam itu baik karena hukum Allah swt.

    tapi mbo yao jangan kesusu, liat kondisi dulu….
    jangan dipaksakan dlu….tapi dipersiapkan masyarakatnya dengan akhlak dan tuntunan nabawi….

    Yang ada klo main gasak, main paksa syariat Islam….coba siapa yang paling lantang menentang? ya umat Islam sendiri….

    yang ada ga jadi pake syariat Islam tapi malah perang sesama muslim.

    kita pelan-pelan dari ACEH dulu karena masyarakatnya sudah siap dan mereka yang meminta….baru daerah selanjutnya-selanjutnya….

    benahi dulu akhlak masyarakatnya, klo udah mantap dan bagus masyarakatnya. barulah ngomong syariat Islam….

    Yang penting semua berjuang dengan cara masing-masing tapi ingat harus LEGAL bukan MAKAR. melalui tuntunan nabawiy diseluruh lapisan masyarakat. Jadikan masyarakatnya, rakyatnya, pejabatnya, pimpinannya, wakil rakyatnya semua mengenal nabinya, akhlak nabinya, tuntunan dan bimbingan ajaran nabinya baru tuh ga usah dipaksa juga semua pada mau menggunakan syariat Islam.

    ngomong ama saudara muslimnya aja masih ELU BID’AH ELU SYIRIK kug mau mendirikan Negara Islam? ya ga lucu mas…mas…

    wes ora masuk babar blas….

    Matur suwun…
    Afwan sebelum dan sesudahnya

  121. muhammad abdulah azzamI

    Tolong jangan koment COPAS lagi yg terlalu panjang, kalau gak mau didelete. Apa yg akan antum COPAS itu baca dulu, lalu simpulkan dan butalah koment dari kesimpulan itu lalu kirimkan.

    UMMATI PRESS

    • muhammad abdulah azzamI@

      Kalau antum merasa jadi oarng beriman janganlah bersikap dungu seperti kerbau. Bukankah antum sudah diperingatkan tidak boleh COPAS, kenapa bendel? Nte kerbau apa manusia?

    • Sebagai orang salafy gue malu banget dg sikap teman gue @muhammad abdulah azzami. Jangan-jangan orang inbi berniat merusak citra Salafy dengan sikapnya yg kepala batu. Kalau dia orang beriman tentulah punya malu berbuat yg malu-maluin ini.

  122. @Joko,
    Eh mas joko ada di sini ya? Kok pertanyaan Mas MIS belum dijawab2, BEJAT mana mas joko dengan Imam Ahmad bin Hambal, krn menurut mas joko yang memakai hadits doif BEJAT SEMUA, padahal Imam Ahmad masih memakai hadits dhoif, juga Imam Syafi’i.

  123. @admin, melihat peristiwa/kasus di link tersebut ternyata dapat diketahui bahwa kelompok mereka (sawah) selalu berganti topeng dalam melakukan dakwah,debat,dan sejenisnya. entah maksudnya untuk apa,biar keliatan pendukungnya banyak atau yang lain hanya Allah Yang Maha Tau. agar kasus ini tidak terjadi lagi, saya kira kita semua yang berkomentar bersikap dewasa dan menunjukan akhlak sebagaimana Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasalam ajarkan. kapasitas saya disini hanya manusia awam,lemah,dan banyak salah. wassalam..

  124. Assalamu alaykum warohmatulloh wa barokatuh..
    Nitip sholawat aja..
    Yaa robbi sholli ‘alaa muhammad wajma’ minasy-syamli maa tafarroq..
    Yaa robbi sholli ‘alaa muhammad wa ashlih wa sahhil maa qod ta’awwaq..
    Yaa robbi sholli ‘alaa muhammad waftah minal khoiri kulla mughlaq..
    Semoga lewat cintaq pada kekasih alloh dg cinta yang masih baru ala kadarnya ini,alloh senantiasa mencurahkan rahmat dan kasihsayangnya bagi anda semua
    Smoga seluruh keluarga besar situs ini dan semuanya saja tanpa kecuali,selalu adem ayem baik fikiran,lbh2 hatinya..
    Smg dilindungi dari brbgai macam fitnah,fitnah dunia di zaman ini,lbh2 fitnah qubur dan adzab neraka..
    Wassalamu alaykum warohmatulloh wa barokatuh..
    Dari q yang bodoh dan pnuh dosa.

  125. Terimakasih sholawatnya, bagus dan insyaallah bermanfaat bagi pembacanya.

  126. BA@ya sdh saya khilaf, tp nt lihat,situs ini yg artikelnya bukanlah ilmu,hanya fitnah belaka dng mengandalkan hadist dhaif dan maudlu.hadist dhaif itu hanya untuk fhadail amal,bukan untuk memfitnah.nt jangan samakan hadist dhaifnya yg dipake imam Ahmad dan yg dipake oleh situs dan pembela2 nya ini.muak aku masuk situs ini.muntah2.

    • wah mas Joko, kalo masuk angin, jangan paksa terus internetan dunk, klo pintar, minum Tolak Angin! 🙂

    • @ Joko kalo muak dan muntah2 tinggalkan saja situs ini, masuk saja ke situs kalian para wahabiyun. kalo dipaksakan saja nanti ente kena angin duduk malah modar kowe dalam keadaan penuh caci maki dan prasangka buruk terhadap umat Islam yang setiap hari bersyahadad dalam shalat dan doa’anya.

  127. Joko@

    Fitnahnya yg mana? Bisa antum sebutkan, sebab menurut saya tidak fitnah di blog ini semuanya bersifat informatif dan fakta kebenaran?

  128. si Joko mabuk kale?

  129. @Mas Joko trims atas jawabannya. Saya hanya mengingatkan saja semoga Mas Joko lebih berhati-hati terhadap sesama Muslim.

  130. Shollu ‘alaa Sayyidina Muhammad…

    Orang SaWah ude pade kebakaran jenggot beneran, malahan ade yg ampe muntah2…ngeliat dakwah kawan2 Ummati. Mulai dari Ganti2 nama dalam satu IP dan terkadang lari dari pembahasan. Saran ane kepade admin spy dibikin peraturan baru aje : TIDAK BOLEH KOMENTAR BY COPAS. Weleeh bise2 orang SaWah kagak ade yg mau mampir dimari deh….

    >>>lanjutkan dakwah kalian wahai saudara2ku para pembela Ahlussunnah wal Jama’ah…

  131. Shollu ‘alaa Sayyidina Muhammad….

    LANJUTKAN TERUS Dakwah mulia ini wahai para penerus Ahlussunnah wal Jama’ah. Jangan berikan sedikit ruangpun untuk orang2 SaWah bergerak, terutama dalam blog ini. Mari kite Istiqomah berdakwah di dunia maya dengan kelembutan dan kecerdasan.

    nb : Orang SaWah ude kebakaran jenggot beneran, kagak boleh Copas, trus ketauan sering ganti2 nama dalam satu IP…. (dikire adminnye gaptek ape…???)

  132. Andaikata hati orang bise diambil trus dicuci, pengen rasenye ane cuciin tuh atinye orang2 SaWah. Ane cuci biar Bersiiih bener kalo perlu pake deterjen yg paling mahal. Tujuannye cuman atu biar kagak ade DENGKI di atinye. kalu kite mah Aswaja pan ude pade belajar Tasawuf jadinye gak perlu ati kite dicuci pake deterjen. Abisnye, orang SaWah pan ude anti Tasawuf duluan jadinye cocok tuh atinye dicuci pake deterjen….

    • Benar Bang Nur, Aswaja membersihkan hati dengan tasawuf, dengan tarikat, dengan zikir. kalo orang sawah emang hatinya kotor hitam pekat ibaratnya pakaian kena oli akan susah dibesihkan dengan deterjen yang paling mahal sekalipun.

      • Afif Fatkhurrohman

        Apa sieh dalilnya mereka yang menolak tasawwuf? Tidak melaksanakan syari’at? Weh kesimpulan yang prematur, padahal banyak yang mementingkan syari’at.

        Jika ada sebagian yang melanggar agama lantas dilarang secara mutlak, apakah ini bukan bid’ah? Bukankah telah mempersempit sesuatu yang diluaskan agama? Dan apakah tidak lebih baik yang sebagian itu* diberi penjelasan? Tidak dengan melarang secara mutlak?

        Satu lagi adakah ulama salaf ataupun kholaf yang melarang tasawwuf?

        Wallahu ta’ala a’lam

        Wallahu ta’ala a’lam

  133. Dunia Islam di Mesir akan berubah dan semoga juga merubah dunia Islam ke arah yang lebih baik. Mari kita dukung, dan berjuang juga di negeri kita membangun masyarakat muslim yang jauh lebih baik, terutama taraf kesejahteraan masyarakat (ekonomi umat)dan persatuan antar umat serta jangan lupa kita selalu berjamaah.

    Semoga Hamas dan Fatah bisa bersatu:

    Semoga Mesir menjadi negara yang memperjuangkan islam dan berani tegas terhadap Amerika dan Israel :

    Selamat buat Ikhwanul Muslimin :
    http://www.eramuslim.com/berita/dunia/ikhwan-butuh-60-tahun-untuk-kami-bisa-miliki-markas-resmi-sendiri.htm

    Al Azhar berusaha menyatukan kelompok Islam, termasuk Salafi :
    http://sufimedan.blogspot.com/2011/05/salafi-dan-al-azhar-asyairoh-di-mesir.html

    Semoga tidak ada ulama-ulama fanatik lagi yang menentang persatuan islam atau malah mencari musuh sesama islam dan buat perpecahan lagi.

    Salam buat All muslimin

  134. @joko, udah mabok ya, cepet minum obat, obat yg t’baik yaitu baca ulang lg syahadattain, merenungi segala ucapan2 yg telah diucapkan, b’ahlak yg baik, jauhkan diri dr sifat merendahkan org lain, zikir, mendoakan org lain bukan m’bid’ahkan org lain, selalu fakir akan ilmu agama (ini yg membuat kita akan selalu tawadhu), itu yg selalu diajarkan guru2 kami, semoga ente mendapat pencerahan, amin

  135. Mamba'ul Ilmi Zulfitri

    @Joko:
    Tolong dibaca lagi artikel di atas, emang ada tercantum 1 hadits pun? Coba dibaca & diteliti per huruf, karena saya tidak menemukan selain hanya catatan sejarah pd artikel di atas.

    Apakah kami memfitnah Salafi-Wahabi menghancurkan makam para shalihin, dan catatan sejarah serta fakta membohongi kita semua?
    Ataukah antek Wahabiyyun yg membuat fitnah syirik-musyrik-kafir pada orang-orang yg berziarah kubur & bertawassul, sehingga dengan fitnah tersebut antek Wahabi dengan leluasa merata-tanahkan makam-makam shalihin tersebut?

    Yg membuat fitnah siapa y? Kok dari dahulu anda memprotes bahwa blog ini membuat fitnah?
    Apakah anda bisa membuktikan yg sebaliknya ataukah keluhan anda hanyalah sebuah pembenaran & protes kosong belaka?

  136. Mambaul Ilmi Zulfitri

    @Joko:
    Coba diteliti lagi artikel di atas, mana ada 1 pun hadits yg tercantum disana?
    Artikel di atas itu fakta, bukan fitnah.

    Apakah benar Wahabi difitnah merusak makam para shalihin seperti artikel ini, padahal fakta menunjukkan demikian?
    Ataukah Wahabi yg memang suka memfitnah orang yg ziarah kubur & bertawassul sebagai Musyrik, sehingga dengan fitnahnya antek Wahabiyyun leluasa meratakan tanah makam para shalihin?

    Buktikan kalau memang artikel di atas itu hanyalah fitnah, atau keluhan anda hanyalah dalih ‘pembenaran’ atau sekedar protes kosong belaka?

  137. Mambaul Ilmi Zulfitri

    tes tulis

  138. Mamba'ul Ilmi Zulfitri

    @Joko:
    Coba teliti lagi artikel di atas, emang ada hadits tercantum di sana?

    Benarkah Wahabi difitnah merusak makam-makam shalihin, padahal fakta telah membuktikan yang demikian?
    Ataukah Wahabi yg telah terbiasa menyebar fitnah pada orang-orang yang ziarah kubur & bertawassul sebagai pelaku syirik, sehingga dengan fitnah tersebut Wahabi leluasa untuk merata-tanahkan & merusak makam para shalihin?

    Coba buktikan kalau artikel tersebut adalah fitnah, ataukah keluhan anda hanyalah dalih ‘pembenaran’ atau protes kosong belaka?

  139. ‘AJARAN WAHIDIYAH’
    LILLAH: segala perbuatan daniati ibadah pd Alloh SWT, kecuali yg dilarang, kecuali yg tdk diridloi Alloh SWT wa Rosuulihi SAW,
    BILLAH : segala perbuatan disadari dirasakan bahwa yang menciptakan segala sesuatu adalah Alloh SWT.(termasuk gerakan kita)
    LIRROSUL: segala perbuatan diniati mengikuti Rosuulalloh SAW, kecuali yg dilarang/ yg tdk diridloi Alloh SWT wa Rosuulihi SAW,
    BIRROSUL : segala gerak perbuatan di sadari bahwa mendapat jasa dari Rosuulalloh SAW, kecuali yg tdk diridloi Alloh SWT wa Rosuulihi SAW,
    http://WWW.WAHIDIYAH.ORG@

  140. Mamba'ul Ilmi Zulfitri

    @Joko:
    Coba dibaca & diteliti lagi artikel di atas, emang ada hadits yg tercantum disana?

    Benarkah Wahabi difitnah merusak makam para shalihin, padahal fakta berkata demikian?
    Ataukah Wahabi yg menyebarkan fitnah musyrik-kafir pada orang ziarah kubur & bertawassul, sehingga dengan fitnah tersebut antek Wahabiyyun merasa benar & leluasa merusak makam-makam shalihin?

    Kalau memang artikel di atas adalah fitnah, maka buktikan sebaliknya kalo emang ente mampu.
    Ataukah keluhan ente hanyalah dalih ‘pembenaran’ & buah dari protes kosong belaka?

  141. Mamba'ul Ilmi Zulfitri

    @Joko:
    Coba dibaca & diteliti lagi artikel di atas, emang ada hadits yg tercantum disana?

    Benarkah Wahabi difitnah merusak makam para shalihin, padahal fakta berkata demikian?
    Ataukah Wahabi yg menyebarkan fitnah musyrik-kafir pada orang ziarah kubur & bertawassul, sehingga dengan fitnah tersebut antek Wahabiyyun merasa benar & leluasa merusak makam-makam shalihin?

    Kalau memang artikel di atas adalah fitnah, maka buktikan sebaliknya kalo emang ente mampu.
    Ataukah keluhan ente hanyalah dalih ‘pembenaran’ & buah dari protes kosong belaka??

  142. Mamba'ul Ilmi Zulfitri

    @Joko:
    Coba dibaca & diteliti lagi artikel di atas, emang ada hadits yg tercantum disana?

    Benarkah Wahabi difitnah merusak makam para shalihin, padahal fakta berkata demikian?
    Ataukah Wahabi yg menyebarkan fitnah musyrik-kafir pada orang ziarah kubur & bertawassul, sehingga dengan fitnah tersebut antek Wahabiyyun merasa benar & leluasa merusak makam-makam shalihin?

    Kalau memang artikel di atas adalah fitnah, maka buktikan sebaliknya kalo emang ente mampu.
    Ataukah keluhan ente hanyalah dalih ‘pembenaran’ & buah dari protes kosong belaka???

  143. Afif Fatkhurrohman

    Banyak orang pintar ya di sini, semoga tetap rendah hati dan ikhlas berjuang^-^

    Uushiiniy nafsiy wa iyyaakum

  144. assalamualaikum, mohon perhatian u semua saudaraku…ada blog yg tlh menghinakan islam, bhkan dgn kurang ajarnya menghina junjungan kt semua Nabi Muhammad, alqur’an, dan yg kurang ajarnya menghina ALLAH SUBHANA WA TA’ALA, nama blognya forum murtadin indonesia/faith freedom indonesia…kita jihad menghancurkan blog tsbt…HASBUNALLAH WA NI’MAL WAKIL…ALLAHU AKBIR

  145. assalamualaikum….mohon perhatiannya semua sdra2 ku…ada blog yg bgtu kurang ajar menghinakan ALLAH,Nabi Muhammad sholallahu alaihi wassalam,para sahabat, istri istri Nabi, alqur’an, perawi hadits, mufatsirin, dan umat islam…nama blog tsbt forum murtadin indonesia/faith freedom indonesia/indonesia exmuslim….ALLAHU AKBAR bendera jihad kt kibarkan u menghancurkan blog tsbt…

  146. Manusia di beri karunia oleh Allah SWT berupa PIKIRAN dengan apa yg dikandungnya dengan segala masalahnya, dan di beri AKAL sebagai alat TIMBANGAN..yg sampai detik inipun tidak ada manusia yg mampu mendefinisikan bentuk dan rupa AKAL, kemudian di beri HATI yg berfungsi sebagai JURU TIMBANG dan juru timbang yang benar adalah HATI NURANI

    Semoga teman2 wahabi mendapat hidayah dari Allah SWT…Amin

  147. Assalamu alaikum.
    Disini saya punya link penghancuran makam Seorang sufi oleh Assyabab somalia.
    Kira2 jika ini terjadi pd makam yang mulia Baginda Rasul Muhammad (PBUH) bagaimana perasaan kita2.
    Look at this !
    https://www.facebook.com/video/video.php?v=115591035188598&comments&set=t.100002131064056&type=1

    • @ Mas Abbas
      Saya udah unduh dan liat video tsb, benar2 brutal dan ganas wahabi itu !!!
      kalo dipikir apa salah jasad yg dikubur tsb kepada wahabi dan apakah orang2 yg ziarah disana menyembah kuburan tsb.

      kalo berani wahabi menghancurkan makam Baginda Rasulullah Muhammad SAW.
      pastilah umat Islam seluruh dunia menyatakan perang dengan Saudi Arabia dan Wahabi.

  148. Barangkali sudah ada yang memiliki data?informasi tentang leluhurnya Si Perampok “Saud” tidak???? kok sepertinya (hanya menduga) munculnya faham Wahabi yng didukung Perampok dan Begundal macam si “Saud” ini jangan2 merupakan suatu konspirasi freemason….. jangan (menduga) si “saud” punya gen Yahudi …… alasannya :
    1. Orang yng memil1ki gen (pertalian darah) umumnya lebih mengutamakan kepentingan zionis.
    2. si Saud ingin menghancurkan simbol2 Islam seperti yng dilakukan israel dipalestina khususnya dan didunia pd umumnya.
    3. si Saud saat ini sangatmesra hubungannya dengan Israel (meski diam2) dan Amerika (yg dikuasai lobby2 israel).
    4. si Saud sangat mendukung program2 dakwah pendangkalan aqidah, dan lagi2 ini juga seperti yang dilakukan israel (liat protokol zinois)…

  149. contoh video dialog wahabi vs aswaja:
    KLIK

    JUDUL: 1.Dialog Tawasul dr buya yahya vs ustadz thoharoh Lc.
    2.Mudzakarah dr.buya yahya vs prof.dr.salim bajri

    untuk mp3

  150. Muslim menyempurnakan metode otentikasi riwayat klasik, yaitu dengan menggunakan Sanad. Dengan dihancurkannya makam para perawi ini, apakah kita pernah berpikir, bahwa mereka mencoba memutus jalur Sanad ini.

    Pernahkah kita berpikir, bahwa 500tahun kedepan, mereka akan mengatakan, bahwa Abu Hurairah rodiyallahu anhu adalah mitos. Bahwa Sanad emas: dari Malik dari Nafi dari ibn Umar adalah rantai yang tidak otentik.

    Sehingga perkataan Syekh mereka yang tidak mempunyai Sanad dapat menjadi kebenaran, asalkan diekspos berulang-ulang. Josep Goebbels, Menteri Propaganda Hitler yang paling terkenal, mengatakan, bahwa apabila suatu pesan disiarkan berulang-ulang, maka pesan tersebut akan diterima menjadi FAKTA (tidak peduli bila pesan itu benar atau tidak).

    Apa ini yang mereka coba lakukan: Memutuskan Sanad?

    • Muhammad Sancabachtiar

      Betul mas Abdullah merinding saya mendengarnya. Apakah ini suatu grand skenario untuk memutuskan sanad…? Mudah-mudahan ini hanya kekhawatiran kita saja. Kita berlindung pada Allah Yang Maha Mengetahui!

  151. Ya Allah yang Maha Besar, jagalah ulama2 kami yg bersanad sampai ke Rosulullah SAW kekasihmu ya Allah, sebagaimana engkau telah menjaga Al Qur’an hingga Akhir zaman, dan jauhkanlah kami dari perbuatan dan tangan2 mereka, kelicikan dan tipu daya mereka yang telah menyakiti hati Rosulullah SAW kekasihmu ya Allah, ya Allah lindungilah kami dan ampunilah dosa2 kami dan dosa umat Rosulullah SAW, Aamin..

  152. Amin Ya Robbal ‘Alamiin

  153. Amin Ya Robbal ‘Alamin

  154. ABDURAHMAN AL GHAFIQI :
    APAKAH DGN NKRI YG MANA PENYANDARAN HUKUM BUKAN KEPADA AL QUR’AN DAN SUNNAH RASUL ANTUM ANGGAP SDH BAGUS

    koq kayaknya saya sering denger deh orang yang suka bilang gini??? kapan, di mana dan siapa ya???
    ooo… saya ingat, waktu perang Shiffin di Shiffin Syiria. pelakunya senantiasa berucap:
    Siapa saja yang tidak berhukum dengan hukum Allah, mereka itula orang-orang… dan … serta …

    orang-orang yang bertipe sama:

    firdaus :
    kalau menganti nkri ini dgn hukum islam bagaimana pendapat ikhwan semuanya? baik atau tidak….karena nkri ini jelas tdk memakai Al Qur’an dan sunnah sbg landasan…..kalau kita semua dianjurkan mengikuti sunnah Rasul tp giliran Rasul menghukumi para pezinah dgn razam….juga pembunuh dgn qisas kita pada g mau ngikut,,,bagaimana menurut akh semuanya

    saya teringat akan sebuah kaidah: Maa Laa Yu’khadzu Kulluhu laa Yutraku Kulluhu

    kedua orang di atas pola pemikirannya sama dengan Fandi yang berhasrat sekali mendirikan negara Islam.
    ada beberapa pertanyaan buat teman-teman yang menginginkan hukum Islam ditegakkan sepenuhnya;
    1. Manakah negara Islam saat ini yang sepenuhnya menjalankan syariat Islam?
    2. Mungkinkah menegakkan syariat Islam tanpa adanya negara Islam?
    3. Apakah sama antara negara Islam dengan Khilafah? (kalo menjawab Iya, sudahkah teman-teman membaca hadits yang menyatakan bahwa Khilafah Nubuwwah selepas wafatnya nabi hanya 30 tahun saja dan selepas itu akan berganti dengan kerajaan?)
    4. kalau ditanya kualitas haditsnya, insya Allah hadits yang diriwayatkan oleh imam Abu Dawud dan al-Tirmidzi tersebut Shahih Lighairihi.

  155. Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Al Hiyyaj, ia berkata: sesungguhnya Ali bin Abi Tholib berkata kepadaku: “Maukah engkau aku utus untuk suatu misi sebagaimana Rasulullah shollallahu’alaihi wasallam mengutusku? Yaitu janganlah engkau biarkan ada sebuah gambar pun tanpa engkau musnahkan, dan janganlah engkau biarkan ada sebuah KUBURAN YANG MENONJOL kecuali engkau ratakan.” (HR. Muslim 979)

    Imam Syafi’i berkata: “Aku suka jika kuburan tidak ditambah dengan pasir dari selain (galian) kuburan itu sendiri. Dan tidak mengapa jika ditambah pasir dari selain (galian) kuburan jika ditambah tanah dari yang lain akan sangat tinggi. Akan tetapi aku suka jika kuburan dinaikan diatas tanah seukuran sejengkal atau yang semisalnya. Dan aku suka jika kuburan tidak dibangun dan tidak dikapur karena hal itu menyerupai perhiasan dan kesombongan. Aku telah melihat di Mekah ada diantara penguasa yang menghancurkan apa yang dibangun di atas kuburan, dan aku tidak melihat para fuqohaa mencela penghancuran tersebut”(Al-Umm oleh Imam Syafi’i 1/277)

    Ibnu Hajar dalam kitab al-Minhaj dan Syarahnya, terdapat keterangan yang isinya, “Dimakruhkan menembok kuburan dan membuat bangunan di atasnya. Demikian pula menulis sesuatu di atas kuburan, karena ada larangan yang shahih terhadap ketiga perbuatan ini, baik tulisan itu berupa nama mayit yang dikubur maupun tulisan yang lain, dan baik tulisan itu di atas papan yang dipasang di atas kepala mayit maupun di tempat yang lain.”

    Imam Abu Bakar at-Tharthusi al-Maliki. Beliau berkata: “Ketika Umar bin al-Khaththab radhiyallahu ‘anhu mendengar bahwa orañg-orang mendatangi pohon tempat para sahabat berbai’at kepada Rasulullah shallallahu alaihi wasallam (bai’atur-ridhwan), dan mereka shalat di situ, maka Umar mengirimkan orang untuk menebangnya, agar kaum muslimin terhindar dari fitnah.

  156. Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Al Hiyyaj, ia berkata: sesungguhnya Ali bin Abi Tholib berkata kepadaku: “Maukah engkau aku utus untuk suatu misi sebagaimana Rasulullah shollallahu’alaihi wasallam mengutusku? Yaitu janganlah engkau biarkan ada sebuah gambar pun tanpa engkau musnahkan, dan janganlah engkau biarkan ada sebuah KUBURAN YANG MENONJOL kecuali engkau ratakan.” (HR. Muslim 979)

    Yang ini adalah perintah untuk menghancurkan berhala, atau kuburan yang dijadikan berhala. bukan menghancurkan kuburan kaum muslimin.

    Imam Syafi’i berkata: “Aku suka jika kuburan tidak ditambah dengan pasir dari selain (galian) kuburan itu sendiri. Dan tidak mengapa jika ditambah pasir dari selain (galian) kuburan jika ditambah tanah dari yang lain akan sangat tinggi. Akan tetapi aku suka jika kuburan dinaikan diatas tanah seukuran sejengkal atau yang semisalnya. Dan aku suka jika kuburan tidak dibangun dan tidak dikapur karena hal itu menyerupai perhiasan dan kesombongan. Aku telah melihat di Mekah ada diantara penguasa yang menghancurkan apa yang dibangun di atas kuburan, dan aku tidak melihat para fuqohaa mencela penghancuran tersebut”(Al-Umm oleh Imam Syafi’i 1/277)

    Lihat baik-baik, Imam Syafii tidak mengharamkan kuburan dibangun, “Aku telah melihat di Mekah ada diantara penguasa yang menghancurkan apa yang dibangun di atas kuburan, dan aku tidak melihat para fuqohaa mencela penghancuran tersebut” bisa jadi ada alasan kuat untuk menghancurkannya. Dan Imam Syafei tidak mengatakan bahwa semua kuburan yang ada bangunannya harus dihancurkan.

    Ibnu Hajar dalam kitab al-Minhaj dan Syarahnya, terdapat keterangan yang isinya, “Dimakruhkan menembok kuburan dan membuat bangunan di atasnya. Demikian pula menulis sesuatu di atas kuburan, karena ada larangan yang shahih terhadap ketiga perbuatan ini, baik tulisan itu berupa nama mayit yang dikubur maupun tulisan yang lain, dan baik tulisan itu di atas papan yang dipasang di atas kepala mayit maupun di tempat yang lain.”

    Ibnu Hajar bilang makruh…. kenapa kalian bilang haram?

    Imam Abu Bakar at-Tharthusi al-Maliki. Beliau berkata: “Ketika Umar bin al-Khaththab radhiyallahu ‘anhu mendengar bahwa orañg-orang mendatangi pohon tempat para sahabat berbai’at kepada Rasulullah shallallahu alaihi wasallam (bai’atur-ridhwan), dan mereka shalat di situ, maka Umar mengirimkan orang untuk menebangnya, agar kaum muslimin terhindar dari fitnah.

    “agar kaum muslimin terhindar dari fitnah’. Tidak ada yang menuduh kaum muslimin telah syirik seperti tuduhan wahabi.

  157. Shollu ‘Alaa Muhammad..

  158. Astagfirullah, sungguh mereka yang merusak situs tersebut tidak beradab,
    Setau daya ( tanpa dalil) : makam orang-orang soleh diberi ciri agar kita yang hidup menjaga adab saat melewati makam mereka dengan mengucapkan salam dan mendo’akan.
    Kalau tidak dicirii kita bisa ketulahan(kualat) karena tidak tau kubur yang kita lewati adalah makam orang soleh.

  159. Dyn Haji Muhammad

    Visit Aswaja Web : http://www.dinhikmah.com/

  160. sip nih artikel, benar2 menelanjangi sekte wahabi yg selalu sok benar sendiri dan sok suci

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sejarah Hari Pahlawan 10 November dan Resolusi Jihad

Membongkar Fakta Sejarah Hari Pahlawan 10 November dan Resolusi Jihad 22 Oktober yang Disembunyikan. Banyak ...