KSAL: Tunggu Perintah, Tentara Elite TNI AL Siap Tangani Terorisme

KSAL: Tunggu Perintah, Tentara Elite TNI AL Siap Tangani Terorisme


loading…

JAKARTA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Siwi Sukma Adji mengatakan dengan tegas kesiapannya melakukan operasi penanganan terorisme melalui Komando Operasi Spesial Gabungan (Koopssusgab). “Pada intinya kesiapan TNI AL sebelum adanya Koopssusgab ya telah siap, satuan telah siap, prajuritnya telah siap. Kita tinggal melaksanakannya saja. Perintah Panglima TNI kita laksanakan,” ujarnya ketika acara pembacaan Memorandum Sertijab KSAL di KRI Surabaya-591 di Kolinlamil, Jakarta Utara, Jumat (25/5/2018).

menurutnya, Koopssusgab merupakan gabungan 3 pasukan elite dari ketiga angkatan atau matra yaitu Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU). “Ada 90-an. Iya (90 pasukan) dari 3 angkatan,” ucapnya.

Mengenai pengesahan UU Antiterorisme yang baru disahkan DPR, Siwi menilai, hal itu perlu peraturan teknis di bawahnya bagaikan Peraturan Presiden (Perpres). “Jika ada Perpres jadi kian kuat. Semestinya ada peraturan pemerintah guna pelaksanaannya. Guna doktrin, aku kira doktrin latihan sedang disusun. Namun intinya TNI AL amat siap masuk dalam Koopssusgab,” tegasnya.

Terkait dengan teknis penyelenggaraan operasi, Siwi mengklaim, menanti keputusan dari Presiden Jokowi (Joko Widodo) dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. “Wah aku kira ada yang lebih ahlinya kan ada yang mengatur. Jika ada perintah ya pasti laksanakan, misalnya Marawi, itu kan langsung dihelat, dan sampai sekarang ada operasi 3 negara, trilateral, Indonesia, Malaysia, Filipina,” jelasnya.

Eks Danjen Akademi TNI ini menambahkan, sebab Koopssusgab merupakan gabungan pasukan elite dengan mobilitas yang tinggi maka tempat konsiyeringnya pun mengikuti situasi yang dihadapi. “Dulu kan di Sentul. Aku kira itu, mobilitas yang amat tinggi, ini kan pasukan spesial, tempatnya konsinyering ya spesial pun. Tergantung situasional. Tergantung yg dihadapi,” ucapnya.

(kri)

KSAL: Tunggu Perintah, Tentara Elite TNI AL Siap Tangani Terorisme

[Source]

You might like

About the Author: Ahmad Naufal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.