Korut Hancurkan Fasilitas Uji Coba Nuklir

Korut Hancurkan Fasilitas Uji Coba Nuklir


loading…

SEOUL – Korea Utara (Korut) memenuhi janjinya demi menghancur-leburkan terowongan di fasilitas uji coba nuklir Punggye-ri. Itu sebagai langkah penting mengurangi ketegangan di Semenanjung Korea dan meningkatkan kebisa-jadian konferensi tingkat tinggi (KTT) dengan Amerika Serikat (AS).Korut sebelumnya menggelar enam uji coba nuklir di Punggye-ri. Di sana terdapat banyak terowongan bawah tanah di bawah Gunung Mantap. Penghancuran dilaksanakan pukul 11.00 siang dengan ledakan dan kehancuran terowongan.

Penghancuran terowongan itu disaksikan media internasional yang dipilih Korut. Pyongyang ingin menyampaikan terhadap dunia internasional jika mereka berkomitmen demi menghancur-leburkan fasilitas uji coba nuklir.

Media Korea Selatan (Korsel) mendeskripsikan otoritas Korut memerintahkan jurnalis demi bersiap demi merecord ledakan pertama. Lalu mereka juga menghitung. “Dengan ledakan besar yang mengguncang Gunung Mantap, debu dan pecahan batu juga berhamburan,” seperti inilah laporan media Korsel dikutip Reuters.

Banyak ketika berikutnya terowongan dan fasilitas nuklir lainnya pun dihancurkan. Terowongan ketiga dan pos pengamatan pun hancur. Proses penghancuran itu berlangsung selama lima jam. Dua barak angkatan bersenjata dihancurkan.

Temporer Korut mengumumkan penghancuran Punggye-ri bermaksud demi menjamin transparansi ketidakberlanjutan uji coba nuklir. “Penghancuran tempat uji coba nuklir dengan menutup terowongan masuk,” kata keterangan kantor kabar Korut, KCNA.

Pyongyang pun memberitahukan tak ada kebocoran material radioaktif atau dampak kepada lingkungan berkisar menyusul penghancuran fasilitas tersebut. “Penghancuran fasilitas uji coba nuklir itu sebagai proses penting ke perlucutan senjata nuklir secara global,” kata keterangan Korut.

Melansir CNN, para jurnalis diundang demi menyaksikan langsung bagaimana bahan peledak diletakkan di terowongan. “Mereka mengajak kita ke-3 dari 4 terowongan di tempat itu. Mereka mengizinkan kita membuka pintu terowongan dan menyaksikan menuju dalam,” kata laporan CNN. Di dalam terowongan itu terdapat tidak sedikit bahan peledak.

Loading...
loading...

Otoritas Korut tak menerangkan kategori bahan peledak. Tetapi, CNN memberitahukan ukuran bahan peledak semisal bola. Sayangnya, tak ada ahli internasional yang diundang dan tak ada orang datang di sana menilai efek ledakan apakah menghancur-leburkan terowongan atau tak.

BBC memberitahukan tak ada inspektor independen yang diperbolehkan menyaksikan proses penghancuran Punggye-ri. Banyak pihak juga mengklaim khawatirkan apa yang dilaksanakan Korut cuma sandiwara.

sebelum ini pada perjumpaan dengan Presiden Korsel Moon Jae-in, Korut menawarkan diri menghancur-leburkan tempat uji coba nuklir selaku konsesi demi menurunkan ketegangan di Semenanjung Korea. Korut pun mengumumkan pada April lalu bakal menunda uji coba nuklir dan fokus pada pertumbuhan ekonomi dan perdamaian.

Tetapi, kemajuan mengalami kemunduran saat Korut mengumumkan keraguan berhadapan dengan KTT pada 12 Juni di Singapura. Korut tak setuju dengan permintaan AS demi menyerahkan seluruhnya cadangan nuklir dan misil balistiknya.

Temporer itu, pejabat senior Korut Choe Son-hui mengkritik keras pengumuman terbuka Wakil Presiden AS Mike Pence dan menyebutnya selaku ucapan “bodoh dan dungu”.  Choe menjelaskan, Pyongyang tak bakal mengemis-ngemis demi berdialog dan mengingatkan bakal terjadinya tempur nuklir apabila diplomasi gagal.

Korut Hancurkan Fasilitas Uji Coba Nuklir

Loading...

[Surce]

loading...

You might like

About the Author: Muhammad Najib

KOLOM KOMENTAR ANDA :