Koperasi Jadi Penyalur KUR (Kredit Usaha Rakyat)

JAKARTA – Permohonan beberapa koperasi jadi penyalur KUR sudah diterima Kemenkop. Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengungkapkan hingga saat ini pihaknya sudah menerima permohonan 15 koperasi jadi penyalur KUR (kredit usaha rakyat).

Dari 15 koperasi tersebut baru satu koperasi yang sudah disetujui, yakni Koperasi Simpan Pinjam (Kospin) Jasa yang berkantor pusat di Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Sisanya masih dalam penilaian.

“Modal, sistem IT adalah syarat koperasi jadi penyalur KUR. Ini sudah 15 koperasi, mungkin akan bertambah lagi,” ungkap Ngurah Puspayoga dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (23/7/2016).

 

 

persyaratan koperasi jadi penyalur KUR
persyaratan koperasi jadi penyalur KUR pada dasarnya sama dengan bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB).

 

Selain itu, persyaratan koperasi jadi penyalur KUR pada dasarnya sama dengan bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB). Di antaranya, non performing loan (NPL) di bawah 5%, portofolio kredit di atas 5%, online system dengan Sistem Informasi Kredit Program (SIKP), dan melakukan kerja sama pembiayaan dengan Kementrian Koperasi dan UKM sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA).”Kita fokus ekonomi kerakyatan, Presiden Jokowi sangat konsisten, UKM diberikan kemudahan pembiayaan,” jelas Ngurah Puspayoga.

Presiden Jokowi lanjut Purpayoga, sangat mendukung program koperasi jadi penyalur KUR, sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam mengembangkan koperasi. Salah satu bentuk dukungan Presiden yakni dengan memberikan lahan kelapa sawit milik negara yang tadinya dikelola pihak swasta, kepada koperasi.

“Presiden aparesiasi, sebanyak-banyaknya koperasi bisa menjadi penyalur KUR. Tahun 2017 bunga KUR akan turun jadi 7 persen dan perhatian beliau kepada koperasi sangat tinggi, di daerah tanaman kelapa sawit akan diberikan tanah negara bukan ke swasta lagi tapi kepada koperasi,” katanya mengungkap dukungan presiden Jokowi terhadap koperasi jadi penyalur KUR.

“Koperasi UKM itu sebuah keharusan yang harus disentuh, dengan regulasi bukan uang. Misalnya UKM diberikan bunga murah, koperasi diberikan, ini yang harus kita ke depankan,” tutup dia.

Kredit usaha rakyat adalah program kredit dari pemerintah untuk masyarakat ekonomi lemah, sehingga cocok jika koperasi jadi penyalur KUR.

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :