Kontroversi Bacaan Doa di antara Dua Sujud

Kontroversi Bacaan Doa di antara Dua Sujud

Kontroversi Bacaan Doa di antara Dua Sujud

Saya ditanya oleh seorang kawan di medsos mengenai meme yang viral di whatsapp group mengenai hal kekhilafan bacaan doa waktu duduk diantara dua sujud dalam shalat. Ada juga yang mengirimkan kpd saya video seorang Ustad yang menjelaskan tambahan kata waโ€™fuโ€™anni itu cuma bikinan ulama Indonesia.

Pertama, gambar yang beredar itu berlebihan ghirah sampai mencoret juga kata waโ€™afini. Padahal kata waโ€™afini ini terdapat dalam hadits riwayat Sunan Abi Dawud. Jadi semestinya jangan ikut dicoret. Mungkin berlebihan ghirah mau nyunnah kali yah ๐Ÿ™‚

Kedua, kebanyakan ulama menjelaskan duduk diantara dua sujud itu termasuk rukun shalat, tapi membaca doa diantara dua sujud itu sunnah. Artinya, gak bacapun gak problem. Shalatnya tetap sah. Jikalau mau berdoโ€™a dianjurkan kita mengikuti contoh yang diajarkan Nabi waktu dalam posisi duduk diantara dua sujud. Akan tetapi bukan artinya baca doa lain itu salah.

Lagipula ternyata riwayat Haditsnya beraneka ragam dan para ulama juga berdiskusi mengenai statusnya. Ada yang bilang yang sahih itu ialah riwayat yang menjelaskan berdoa cukup dengan kalimat Rabbighfirli saja. Ulama lain menerima riwayat yang mengindikasikan juga boleh berdoa lebih panjang dari kalimat pendek itu.

Akhirnya Imam Nawawi dalam al-Majmuโ€™ Syarh Muhazzab (3/437) menggabungkan redaksi yang tak sama itu dan merangkum tujuh kata, yaitu allahummaghfirli warhamni wa โ€˜afini wajburni warfaโ€™ni wahdini warzuqni.

โ€Žูˆุฃู…ุง ุญุฏูŠุซ ุงุจู† ุนุจุงุณ ูุฑูˆุงู‡ ุฃุจูˆ ุฏุงูˆุฏ ูˆุงู„ุชุฑู…ุฐูŠ ูˆุบูŠุฑู‡ู…ุง ุจุฅุณู†ุงุฏ ุฌูŠุฏ ุŒ ูˆุฑูˆุงู‡ ุงู„ุญุงูƒู… ููŠ ุงู„ู…ุณุชุฏุฑูƒ ูˆู‚ุงู„ : ุตุญูŠุญ ุงู„ุฅุณู†ุงุฏ ุŒ ูˆู„ูุธ ุฃุจูŠ ุฏุงูˆุฏ { ุงู„ู„ู‡ู… ุงุบูุฑ ู„ูŠ ูˆุงุฑุญู…ู†ูŠ ูˆุนุงูู†ูŠ ูˆุงู‡ุฏู†ูŠ ูˆุงุฑุฒู‚ู†ูŠ } ูˆู„ูุธ ุงู„ุชุฑู…ุฐูŠ : ู…ุซู„ู‡ ู„ูƒู†ู‡ ุฐูƒุฑ โ€ { ูˆุฃุฌุฑู†ูŠ ูˆุนุงูู†ูŠ } โ€ ูˆููŠ ุฑูˆุงูŠุฉ ุงุจู† ู…ุงุฌู‡ ( ูˆุงุฑูุนู†ูŠ ) ุจุฏู„ ( ูˆุงู‡ุฏู†ูŠ ) ุŒ ูˆููŠ ุฑูˆุงูŠุฉ ุงู„ุจูŠู‡ู‚ูŠ { ุฑุจ ุงุบูุฑ ู„ูŠ ูˆุงุฑุญู…ู†ูŠ ูˆุฃุฌุฑู†ูŠ ูˆุงุฑูุนู†ูŠ ูˆุงุฑุฒู‚ู†ูŠ ูˆุงู‡ุฏู†ูŠ } ูุงู„ุงุญุชูŠุงุท ูˆุงู„ุงุฎุชูŠุงุฑ : ุฃู† ูŠุฌู…ุน ุจูŠู† ุงู„ุฑูˆุงูŠุงุช ูˆูŠุฃุชูŠ ุจุฌู…ูŠุน ุฃู„ูุงุธู‡ุง ูˆู‡ูŠ ุณุจุนุฉ { ุงู„ู„ู‡ู… ุงุบูุฑ ู„ูŠ ูˆุงุฑุญู…ู†ูŠ ูˆุนุงูู†ูŠ ูˆุฃุฌุฑู†ูŠ ูˆุงุฑูุนู†ูŠ ูˆุงู‡ุฏู†ูŠ ูˆุงุฑุฒู‚ู†ูŠ }

Kemudian bagaimana dengan tambahan kata waโ€™fuโ€™anni? Benarkah tak nyunnah jika memberi tambahan satu kata dalam doa waktu duduk diantara dua sujud?

Saya sarankan selain Pak Ustad itu buka kitab hadits, juga sebaiknya buka kitab fiqh. Ahli hadits itu apoteker, sedangkan ahli fiqh itu ibaratnya dokter. Apoteker tahu kandungan obat, tapi cuma dokterlah yang punya kapasitas mendiagnosis penyakit dan menuliskan resepnya. Jikalau pendakwah gimana? Yah ibaratnya perawat aja deh, bagian yang membantu dan mengingatkan pasien telah minum obat belum. Ini tak bermaksud merendahkan bagian profesi di atas, cuma sekedar membikin perumpamaan siapa yang berhak mengambil kesimpulan suatu problem.

Mari kita ngaji berbagai kitab fiqh dalam problem ini.

Kitab semisal Ghayah Al-Muna karya Syaikh Muhammad bin โ€˜Ali Ba โ€˜Athiyyah Al-Hadhrami Ar-Ruโ€™ani atau Kasyifatus Saja karya Syekh Nawawi al-Bantani (yang kedua kitab ini merupakan Syarh dari Kitab Safinah) telah menyebutkan mengenai tambahan โ€œwaโ€™fuโ€™anniโ€ tersebut.

Misalnya Imam Nawawi al-Bantani dalam Kasyifatus Saja menerangkan:

โ€Žู‚ุงู„ ุงู„ุดุจุฑุงู…ู„ุณูŠ: ูˆู‚ุฏ ุฌุฒู… ุงุจู† ุงู„ู…ู‚ุฑูŠ ุจุนุฏู… ูˆุฌูˆุจ ุงู„ุงุนุชุฏุงู„ ูˆุงู„ุฌู„ูˆุณ ุจูŠู† ุงู„ุณุฌุฏุชูŠู† ููŠ ุงู„ู†ูู„ ุงู‡ู€ ูˆุฃูƒู…ู„ู‡ ุฃู† ูŠู‚ูˆู„: ุฑุจ ุงุบูุฑ ู„ูŠ ูˆุงุฑุญู…ู†ูŠ ูˆุงุฌุจุฑู†ูŠ ูˆุงุฑูุนู†ูŠ ูˆุงุฑุฒู‚ู†ูŠ ูˆุงู‡ุฏู†ูŠ ูˆุนุงูู†ูŠ ูˆุงุนู ุนู†ูŠ. ู‚ูˆู„ู‡: ุฑุจ ุงุบูุฑ ู„ูŠ ุฃูŠ ุงุณุชุฑ ู…ุง ูˆู‚ุน ู…ู† ุฐู†ูˆุจูŠ ูˆู…ุง ุณูŠู‚ุน ู…ู†ู‡ุง. ูˆู‚ูˆู„ู‡: ูˆุงุฑุญู…ู†ูŠ ุฃูŠ ุฑุญู…ุฉ ูˆุงุณุนุฉ. ูˆู‚ูˆู„ู‡: ูˆุงุฌุจุฑู†ูŠ ุฃูŠ ุฃุบู†ู†ูŠ ูˆุงุนุทู†ูŠ ู…ุงู„ุงู‹ ูƒุซูŠุฑุงู‹ ูˆู‡ูˆ ู…ู† ุจุงุจ ู‚ุชู„. ูˆู‚ูˆู„ู‡: ูˆุงุฑูุนู†ูŠ ุฃูŠ ููŠ ุงู„ุฏู†ูŠุง ูˆุงู„ุขุฎุฑุฉ. ูˆู‚ูˆู„ู‡: ูˆุงุฑุฒู‚ู†ูŠ ุฃูŠ ุฑุฒู‚ุงู‹ ูˆุงุณุนุงู‹ุŒ ูˆู…ุญู„ ุฌูˆุงุฒ ุงู„ุฏุนุงุก ุจุฐู„ูƒ ุฅู† ู‚ุตุฏ ุงู„ุฑุฒู‚ ู…ู† ุงู„ุญู„ุงู„ ุฃูˆ ุฃุทู„ู‚ ูˆุฅู„ุง ุญุฑู….

โ€Žูˆู‚ูˆู„ู‡: ูˆุงู‡ุฏู†ูŠ ุฃูŠ ู„ุตุงู„ุญ ุงู„ุฃุนู…ุงู„. ูˆู‚ูˆู„ู‡: ูˆุนุงูู†ูŠ ุฃูŠ ุณู„ู…ู†ูŠ ู…ู† ุจู„ุงูŠุง ุงู„ุฏู†ูŠุง ูˆุงู„ุขุฎุฑุฉ. ูˆู‚ูˆู„ู‡: ูˆุงุนู ุนู†ูŠ ุฃูŠ ุงู…ุญ ุฐู†ูˆุจูŠุŒ ูˆูŠุฃุชูŠ ููŠ ุงู„ุถู…ุงุฆุฑ ุงู„ู…ุฐูƒูˆุฑุฉ ุจู„ูุธ ุงู„ุฅูุฑุงุฏ ูˆู„ูˆ ุฅู…ุงู…ุงู‹ ู„ุฃู† ุงู„ุชูุฑู‚ุฉ ุจูŠู†ู‡ ูˆุจูŠู† ุบูŠุฑู‡ ุฎุงุตุฉ ุจุงู„ู‚ู†ูˆุชุŒ ู‚ุงู„ ุงู„ุณูˆูŠููŠ ููŠ ุชุญูุฉ ุงู„ุญุจูŠุจ: ูˆูŠุณู† ู„ู„ู…ู†ูุฑุฏ ูˆุฅู…ุงู… ู…ุญุตูˆุฑูŠู† ุฑุถูˆุง ุจุงู„ุชุทูˆูŠู„ ุฃู† ูŠุฒูŠุฏูˆุง ุนู„ู‰ ุฐู„ูƒ: ุฑุจ ู‡ุจ ู„ูŠ ู‚ู„ุจุงู‹ ุชู‚ูŠุงู‹ ู…ู† ุงู„ุดุฑูƒ ุจุฑูŠุงู‹ ู„ุง ูƒุงูุฑุงู‹ ูˆู„ุง ุดู‚ูŠุงู‹

Penjelasan Imam Nawawi al-Bantani tak dapat dinilai seakan-akan beliau-lah yang membuat-buat tambahan kata โ€œwaโ€™fuโ€™anniโ€ cuma sebab beliau ulama Nusantara. Beliau mengutip dari ulama lain yaitu Imam Asyibromalisi yang memberi tambahan kata waโ€™fuโ€™anni. Bahkan Imam Nawawi al-Bantani juga mengutip doa tambahan lainnya dari kitab Tuhfah al-Habib atau yang biasa dikenal dengan Hasyiah al-Bujairimi โ€˜alal Khatib yang mengomentari kitab al-Iqnaโ€™. Ini tambahan doanya:

Rabbi Habli qalban taqiya minas syirki bariyyan la kafiran wa la saqiyyan (Tuhanku, berikan untukku anugerah hati yang takwa, bebas dari syirik, tak kufur, dan tak celaka).

Penjelasan lebih detail kita temui di kitab-kitab besar dalam mazhab Syafiโ€™i berikut ini.

Kitab Nihayatul Muhtaj ila Syarhil Minhaj (1/518)

ูƒู…ุง ููŠ ุงู„ุณุฌูˆุฏ ุฃุฎุฐุง ู…ู† ุงู„ุฑูˆุถุฉ ( ู‚ุงุฆู„ุง : ุฑุจ ุงุบูุฑ ู„ูŠ ูˆุงุฑุญู…ู†ูŠ ูˆุฃุฌุจุฑู†ูŠ ูˆุงุฑูุนู†ูŠ ูˆุงุฑุฒู‚ู†ูŠ ูˆุงู‡ุฏู†ูŠ ูˆุนุงูู†ูŠ ) ู„ู„ุงุชุจุงุน ุฑูˆู‰ ุจุนุถู‡ ุฃุจูˆ ุฏุงูˆุฏ ูˆุจุงู‚ูŠู‡ ุงุจู† ู…ุงุฌู‡ .

ูˆู‚ุงู„ ุงู„ู…ุชูˆู„ูŠ : ูŠุณุชุญุจ ู„ู„ู…ู†ูุฑุฏ : ุฃูŠ ูˆุฅู…ุงู… ู…ู† ู…ุฑ ุฃู† ูŠุฒูŠุฏ ุนู„ู‰ ุฐู„ูƒ ุฑุจ ู‡ุจ ู„ูŠ ู‚ู„ุจุง ุชู‚ูŠุง ู†ู‚ูŠุง ู…ู† ุงู„ุดุฑูƒ ุจุฑูŠุง ู„ุง ูƒุงูุฑุง ูˆู„ุง ุดู‚ูŠุง ูˆุงุฑูุนู†ูŠ ูˆุงุฑุญู…ู†ูŠ ู…ู† ุฒูŠุงุฏุชู‡ ุนู„ู‰ ุงู„ู…ุญุฑุฑ ุŒ ูˆุฃุณู‚ุท ู…ู† ุงู„ุฑูˆุถุฉ ุฐูƒุฑ ุงุฑุญู…ู†ูŠ ูˆุฒุงุฏ ููŠ ุงู„ุฅุญูŠุงุก ุจุนุฏ ู‚ูˆู„ู‡ ูˆุนุงูู†ูŠ ูˆุงุนู ุนู†ูŠ ูˆููŠ ุชุญุฑูŠุฑ ุงู„ุฌุฑุฌุงู†ูŠ ูŠู‚ูˆู„ ุฑุจ ุงุบูุฑ ูˆุงุฑุญู… ูˆุชุฌุงูˆุฒ ุนู…ุง ุชุนู„ู… ุฅู†ูƒ ุฃู†ุช ุงู„ุฃุนุฒ ุงู„ุฃูƒุฑู…

ย 

Dianjurkan waktu shalat sendiri atau selaku Imam yang tak memberatkan jamaahnya untuk menambah doa waktu duduk di antara dua sujud dengan kalimat:

Rabbi Habli qalban taqiyan naqiyan minas syirki bariyyan la kafiran wa la saqiyyan, warfaโ€™ni warhamni

(Tuhanku, berikan untukku anugerah hati yang takwa, suci-bebas dari syirik, tak kufur, dan tak celaka. Tuhanku, angkatlah derajatku dan turunkan rahmat-Mu bagiku)

Bahkan disebutkan dalam teks di atas bahwa ada tambahan doa lainnya dari Imam al-Jurjani.

Kitab karya ulama besar mazhab Syafiโ€™i yang bernama Imam Ramly ini memberi informasi menarik bahwa yang memberi tambahan kata waโ€™fuโ€™anni itu ialah Imam al-Ghazali dalam kitab Ihya.

Jadi, terang tambahan kata waโ€™fuโ€™anni bukan bikinan ulama Indonesia. Ulama pesantren tak mengada-ngada. Semuanya terang ada rujukannya.

Mari kita cek langsung pada kitab Ihya. Saya menemukannya di Juz 1, halaman 155:

โ€Žูˆุฃู† ูŠู‚ูˆู„ ุณูุจู’ุญูŽุงู†ูŽ ุฑูŽุจู‘ููŠูŽ ุงู„ู’ุฃูŽุนู’ู„ูŽู‰ ุซูŽู„ูŽุงุซู‹ุง ููŽุฅูู†ู’ ุฒูŽุงุฏูŽ ููŽุญูŽุณูŽู†ูŒ ุฅูู„ู‘ูŽุง ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽูƒููˆู†ูŽ ุฅูู…ูŽุงู…ู‹ุง
โ€Žุซูู…ู‘ูŽ ูŠูŽุฑู’ููŽุนู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุณู‘ูุฌููˆุฏู ููŽูŠูŽุทู’ู…ูŽุฆูู†ู‘ู ุฌูŽุงู„ูุณู‹ุง ู…ูุนู’ุชูŽุฏูู„ู‹ุง ููŽูŠูŽุฑู’ููŽุนู ุฑูŽุฃู’ุณูŽู‡ู ู…ููƒูŽุจู‘ูุฑู‹ุง ูˆูŽูŠูŽุฌู’ู„ูุณู ุนูŽู„ูŽู‰ ุฑูุฌู’ู„ูู‡ู ุงู„ู’ูŠูุณู’ุฑูŽู‰ ูˆูŽูŠูŽู†ู’ุตูุจู ู‚ูŽุฏูŽู…ูŽู‡ู ุงู„ู’ูŠูู…ู’ู†ูŽู‰ ูˆูŽูŠูŽุถูŽุนู ูŠูŽุฏูŽูŠู’ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ููŽุฎูุฐูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุงู„ู’ุฃูŽุตูŽุงุจูุนู ู…ูŽู†ู’ุดููˆุฑูŽุฉูŒ ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูŽุชูŽูƒูŽู„ู‘ูŽูู ุถูŽู…ู‘ูŽู‡ูŽุง ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽูู’ุฑููŠุฌูŽู‡ูŽุง
โ€ŽูˆูŽูŠูŽู‚ููˆู„ู ุฑูŽุจู‘ู ุงุบู’ููุฑู’ ู„ููŠ ูˆูŽุงุฑู’ุญูŽู…ู’ู†ููŠ ูˆูŽุงุฑู’ุฒูู‚ู’ู†ููŠ ูˆูŽุงู‡ู’ุฏูู†ููŠ ูˆูŽุงุฌู’ุจูุฑู’ู†ููŠ ูˆูŽุนูŽุงููู†ููŠ ูˆูŽุงุนู’ูู ุนู†ูŠ

Klop kan? ๐Ÿ™‚

Kitab Hasyiyah al-Jamal (1/380) juga menyebutkan bahwa tambahan waโ€™fuโ€™anni itu berasal dari Imam al-Ghazali. Bukan cuma itu, tambahan doa yang dianjurkan dibaca waktu duduk diantara dua sujud, menurut kitab ini, termasuk doa sapu jagad: Rabbana atina fid dunya hasanah wa fil akhirati hasanah waqina โ€˜azaban nar. Simak kutipan berikut:

โ€Žุฒุงุฏ ููŠ ุงู„ุฅุญูŠุงุก ูˆุงุนู ุนู†ูŠุŒ ูˆูŠุณุชุญุจ ู„ู„ู…ู†ูุฑุฏ ูˆุฅู…ุงู… ู…ู† ู…ุฑ ุฃู† ูŠุฒูŠุฏ ุฑุจ ู‡ุจ ู„ูŠ ู‚ู„ุจุง ุชู‚ูŠุง ู†ู‚ูŠุง ู…ู† ุงู„ุดุฑูƒ ุจุฑูŠุง ู„ุง ูƒุงูุฑุง ูˆู„ุง ุดู‚ูŠุง ูˆููŠ ุชุญุฑูŠุฑ ุงู„ุฌุฑุฌุงู†ูŠ ุฑุจ ุงุบูุฑ ูˆุงุฑุญู… ูˆุชุฌุงูˆุฒ ุนู…ุง ุชุนู„ู… ุฅู†ูƒ ุฃู†ุช ุงู„ุฃุนุฒ ุงู„ุฃูƒุฑู… ุฑุจู†ุง ุขุชู†ุง ููŠ ุงู„ุฏู†ูŠุง ุญุณู†ุฉ ูˆููŠ ุงู„ุขุฎุฑุฉ ุญุณู†ุฉ ูˆู‚ู†ุง ุนุฐุงุจ ุงู„ู†ุงุฑ.

Kitab fiqh lainnya yang lazim dipakai selaku standar rujukan yaitu Hasyiah Qalyubi (1/184) juga mencantumkan tambahan kata waโ€™fuโ€™anni, plus dengan tambahan doa lainnya, yang telah disebutkan di kitab-kitab sebelumnya, seperti yang saya cantumkan teksnya di bawah ini:

โ€ŽูˆูŽุงุนู’ูู ุนูŽู†ู‘ููŠ. ุฑูŽุจู‘ู ุงุบู’ููุฑู’ ูˆูŽุงุฑู’ุญูŽู…ู’ ูˆูŽุชูŽุฌูŽุงูˆูŽุฒู’ ุนูŽู…ู‘ูŽุง ุชูŽุนู’ู„ูŽู…ู ุฅู†ู‘ูŽูƒ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุงู„ู’ุฃูŽุนูŽุฒู‘ู ุงู„ู’ุฃูŽูƒู’ุฑูŽู…ูุŒ ุฑูŽุจู‘ู ู‡ูŽุจู’ ู„ููŠ ู‚ูŽู„ู’ุจู‹ุง ุชูŽู‚ููŠู‘ู‹ุง ู†ูŽู‚ููŠู‘ู‹ุง ู…ูู†ู’ ุงู„ุดู‘ูุฑู’ูƒู ุจูŽุฑููŠู‘ู‹ุง ู„ูŽุง ูƒูŽุงููุฑู‹ุง ูˆูŽู„ูŽุง ุดูŽู‚ููŠู‘ู‹ุง

Selaku pamungkas, biar sedap rasanya, kita kutip juga keterangan Syekh bin Baz dalam Fatwanya:

โ€Žุซู… ูŠุฑูุน ู…ู† ุงู„ุณุฌุฏุฉ ู‚ุงุฆู„ุงู‹: (ุงู„ู„ู‡ ุฃูƒุจุฑ) ูˆูŠุฌู„ุณ ู…ูุชุฑุดุงู‹ ูŠุณุฑุงู‡ ู†ุงุตุจุงู‹ ูŠู…ู†ุงู‡ุŒ ููŠุถุน ูŠุฏู‡ ุงู„ูŠู…ู†ู‰ ุนู„ู‰ ูุฎุฐู‡ ุงู„ูŠู…ู†ู‰ ุฃูˆ ุนู„ู‰ ุงู„ุฑูƒุจุฉ ุจุงุณุทุงู‹ ุฃุตุงุจุนู‡ ุนู„ู‰ ุฑูƒุจุชู‡ุŒ ูˆูŠุถุน ูŠุฏู‡ ุงู„ูŠุณุฑู‰ ุนู„ู‰ ูุฎุฐู‡ ุงู„ูŠุณุฑู‰ ุฃูˆ ุนู„ู‰ ุฑูƒุจุชู‡ ูˆูŠุจุณุท ุฃุตุงุจุนู‡ ุนู„ู‰ ุฑูƒุจุชู‡ ู‡ูƒุฐุง ุงู„ุณู†ุฉุŒ ุฅุฐุง ุฌู„ุณ ุจูŠู† ุงู„ุณุฌุฏุชูŠู† ูŠุถุน ุงู„ูŠู…ู†ู‰ ุนู„ู‰ ูุฎุฐู‡ ุงู„ูŠู…ู†ู‰ ุฃูˆ ุฑูƒุจุชู‡ ุงู„ูŠู…ู†ู‰ุŒ ูˆูŠุถุน ุงู„ูŠุณุฑู‰ ุนู„ู‰ ูุฎุฐู‡ ุงู„ูŠุณุฑู‰ ุฃูˆ ุฑูƒุจุชู‡ ุงู„ูŠุณุฑู‰ุŒ ูˆูŠู‚ูˆู„: ุฑุจ ุงุบูุฑ ู„ูŠ.. ุฑุจ ุงุบูุฑ ู„ูŠ.. ุฑุจ ุงุบูุฑ ู„ูŠ ูƒู…ุง ูƒุงู† ุงู„ู†ุจูŠ ูŠู‚ูˆู„ ๏ทบุŒ ูˆูŠุณุชุญุจ ุฃู† ูŠู‚ูˆู„ ู…ุน ู‡ุฐุง: ุงู„ู„ู‡ู… ุงุบูุฑ ู„ูŠุŒ ุงู„ู„ู‡ู… ุงุบูุฑ ู„ูŠุŒ ูˆุงุฑุญู…ู†ูŠุŒ ูˆุงุฌุจุฑู†ูŠุŒ ูˆุงุฑุฒู‚ู†ูŠุŒ ูˆุนุงูู†ูŠุŒ ูŠุฑูˆู‰ ู‡ุฐุง ุนู† ุงู„ู†ุจูŠ ๏ทบ ุฃูŠุถุงู‹ ู…ุน ู‚ูˆู„ู‡: ุฑุจ ุงุบูุฑ ู„ูŠ.. ุฑุจ ุงุบูุฑ ู„ูŠุŒ ุงู„ู„ู‡ู… ุงุบูุฑ ู„ูŠุŒ ูˆุงุฑุญู…ู†ูŠุŒ ูˆุงู‡ุฏู†ูŠุŒ ูˆุงุฌุจุฑู†ูŠุŒ ูˆุงุฑุฒู‚ู†ูŠุŒ ูˆุนุงูู†ูŠุŒ ูˆุฅู† ุฏุนุง ุจุงู„ุฒูŠุงุฏุฉ ูู„ุง ุจุฃุณ ูƒุฃู† ูŠู‚ูˆู„: ุงู„ู„ู‡ู… ุงุบูุฑ ู„ูŠ ูˆู„ูˆุงู„ุฏูŠุŒ ุงู„ู„ู‡ู… ุฃุฏุฎู„ู†ูŠ ุงู„ุฌู†ุฉ ูˆุฃู†ุฌู†ูŠ ู…ู† ุงู„ู†ุงุฑุŒ ุงู„ู„ู‡ู… ุฃุตู„ุญ ู‚ู„ุจูŠ ูˆุนู…ู„ูŠ.. ูˆู†ุญูˆ ุฐู„ูƒ ู„ุง ุจุฃุณุŒ ูˆู„ูƒู† ูŠูƒุซุฑ ู…ู† ุงู„ู…ุบูุฑุฉ.. ู…ู† ุทู„ุจ ุงู„ู…ุบูุฑุฉ ููŠู…ุง ุจูŠู† ุงู„ุณุฌุฏุชูŠู† ุงู‚ุชุฏุงุก ุจุงู„ู†ุจูŠ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆุงู„ุณู„ุงู….

Menurut ulama Wahabi ini mengucapkan tambahan doa dalam duduk diantara dua sujud itu tak problem. Misalnya tambahan doa Allahumaghfirli waliwalidayya, atau Allahuma adkhilnil jannah wa anjini minan nar, atau Allahuma ashlih qalbiy wa โ€˜amaliy, dan doa-doa yang semacam ini tak mengapa. Intinya ialah doa mohon ampunan kpd Allah di antara dua sujud dengan mengikuti Nabi Muhammad Saw.

Di atas telah saya jelaskan bahwa kebanyakan ulama melihat sunnah membaca doa waktu duduk di antara dua sujud. Bahkan para ulama selain menggabungkan tujuh kata dalam berbagai riwayat hadits, mereka juga memberi tambahan redaksi doa. Dari cuma satu tambahan kata waโ€™fuโ€™anni, sampai doa satu-dua kalimat yang lebih panjang.

Kenapa sih kita suka sekali mempersoalkan hal-hal yang sekunder seperti ini, dan sibuk menyalah-nyalahkan bacaan doa saudara kita cuma sebab ada satu tambahan kata, padahal para ulama tak mempersoalkannya?

Jadi, jangankan cuma ditambahi satu kata waโ€™fuโ€™anni. Ditambahan doa lainnya juga boleh. Ndak baca apapun waktu duduk diantara dua sujud shalat kita tetap sah. Mohon para Ustad untuk lebih bijak lagi dan tak mempersoalkan amalan yang telah lazim dikerjakan di tanah air. Yakinlah, para ulama kami itu bijak dan paham literatur keislaman. Wa Allahu aโ€™lam bish shawab.

Tabik,

Nadirsyah Hosen
Rais Syuriah PCI Nahdlatul Ulama Australia-New Zealand dan Guru besar Senior Monash Law School

Source by Ahmad Naufal

You might like

About the Author: Ahmad Naufal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.