Kolaborasi China – Iran Kompak Bangun Perekonomian Global

Loading...

Paduan kolaborasi China – Iran untuk membangun perekonomian global tampaknya makin kompak, hal ini sanggup dilihat dalam perjumpaan antara dua pemimpin negara Iran dan China baru -baru ini …

 

 

Islam-Institute, TEHERAN – Dalam perjumpaan Presiden China dan Pemimpin tertinggi Iran, Ayatullah Khamenei, pada Sabtu (23/1) kemarin, Presiden Xi, menyebut bahwa sokongan China atas program nuklir Iran, begitu pula sokongan Teheran atas satu China yang bersatu dan terpadu ialah contoh adanya kesamaan keputusan strategi independen dan kepercayaan yang diadopsi dua negara, seperti ini dilansir dari kantor berita Tasnim News, Sabtu (23/01).

Dalam pernyataan lebih detail, presiden Xi mengumumkan kpd pemimpin tertinggi Iran bahwa China mengikuti jalur pendirian independen, dan siap untuk memperluas kerjasama dengan Iran sesudah penyetopan sanksi, sebagaimana selama ini negaranya senantiasa berdiri di samping Iran waktu negara itu masih di bawah sanksi.

“Perekonomian Iran dan China saling melengkapi,” tekan Presiden China, menambahkan bahwa Beijing siap untuk memperdalam kerjasama dengan Teheran di bidang budaya, pendidikan, teknologi, angkatan bersenjata, dan bidang keamanan di tingkat “kemitraan strategis”.

INFO PENTING

Presiden China, Xi Jinping, tiba Jum’at (22/1) lalu di Tehran untuk menggelar kunjungan kenegaraan. Pesawat terbang spesial Xi Jinping tiba di Bandar Udara Mehrabad pada pukul 09:10 waktu setempat. Xi Jinping dan iring-iringan disambut hangat oleh Menteri Luar Negeri Iran Mohammed Javad Zarif di bandara.

Presiden Xi Jinping menyampaikan salam tulus dan harapan terbaik kpd pemerintah dan rakyat Iran. Ia menjelaskan, China dan Iran ialah dua negara yang mempunyai sejarah lama, sama-sama mempunyai kebudayaan yang cemerlang, dan sudah memberikan sumbangan penting bagi kemajuan peradaban ummat manusia.

Xi Jinping juga menambahkan bahwa selama ribuan tahun yang lalu, rakyat kedua negara melaksanakan pertukaran dan komunikasi melalui Jalan Sutra Kuno. Hubungan persahabatan kedua negara terjalin dalam jangka panjang. Semenjak penggalangan hubungan diplomatik, hubungan bersahabat dan kerjasama kedua negara di bidang politik, ekonomi dan kebudayaan terus berkembang.

Menurut presiden Xi Jinping sebagaimana dilansir oleh kantor berita China Radio Internasional, Sabtu (23/01), waktu ini, hubungan China dan Iran menyambut peluang perkembangan yang baru. China akan berjuang bersama-sama Iran untuk terus meningkatkan hubungan bilateral dan tingkat kerjasama pragmatis dalam rangka membuka lembaran baru hubungan kedua negara.  (AL/ARN)

Loading...

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :