Kim Jong-Un Tolak Berikan Daftar Sarana Nuklir ke Pompeo

Kim Jong-Un Tolak Berikan Daftar Fasilitas Nuklir ke Pompeo

Kim Jong-Un Tolak Berikan Daftar Sarana Nuklir ke Pompeo

PYONGYANG – Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un Tidak mau memberikan daftar Sarana nuklir negara Asia itu untuk Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, sampai penandatanganan deklarasi yang mengakhiri Perang Korea 1950-1953.

Menurut laporan yang dilansir Sputnik pada Senin (15/10) dari surat berita Yomiuri Shimbun Jepang, tatkala diminta untuk memberikan setidaknya sebagian daftar situs nuklir, Kim Disangka menjelaskan bahwa dengan tidak adanya hubungan kepercayaan antara Washington dan Pyongyang, Amerika Serikat tidak akan mempercayai daftar itu kalau mendapatkannya. Perang Korea berakhir dengan gencatan senjata tetapi perjanjian damai tidak pernah diteken.

Departemen Luar Negeri menjelaskan pada Minggu lalu bahwa Pompeo dan Kim Jong-un selama perjumpaan baru-baru ini di Pyonyang setuju untuk mengarahkan kubu kerja demi membicarakan 4 poin dari dokumen yang diteken di Singapura. Menteri Luar Negeri AS itu menjelaskan sesudah perjumpaan baru-baru ini dengan pemimpin Korea Utara bahwa dirinya sekarang bisa menyaksikan jalan ke depan ke denuklirisasi Pyongyang.

Baca: Pasca Berjumpa Pompeo, Kim Jong-Un Dikabarkan Cepat ke Rusia

Loading...
loading...

Situasi di semenanjung Korea disebut-sebut membaik tahun sekarang semenjak pemimpin Korea Utara dan Korea Selatan memulai pembahasan bilateral yang menghasilkan Komitmen bareng demi mencapai Komitmen damai. Pada bulan Juni, Kim dan Trump mencapai Komitmen yang mengharuskan Pyongyang untuk denuklirisasi dengan imbalan keringanan sanksi dan penyetopan latihan angkatan bersenjata AS-Korea Selatan.

Akan tetapi, Pada bulan Juli, Direktur Intelijen Nasional AS Dan Coats menjelaskan bahwa tidak mungkin Korea Utara akan membongkar program nuklirnya dalam setahun. Media AS mengabarkan sebelumnya bahwa Pyongyang terus mengembangkan program nuklirnya dan mencoba untuk menipu Amerika Serikat soal usaha denuklirisasi. (ARN)


Arrahmah News
Shared by Hakim Abdul

loading...

You might like

About the Author: Hakim Abdul

KOLOM KOMENTAR ANDA :