kiai Ahmad Dahlan dan kiai Hasyim Asy’ari Ternayata Satu Guru Satu Ilmu

Penakluk Badai, Novel Biografi kiai Hasyim Asy’ariy

“Situasi negeri ini nggak jauh tak sama dengan Ma­dinah zaman rasul, beberapa aliran, beberapa agama, ba­nyak suku, maka nggak boleh nggak, dasar negara mesti dapat menjamin penjagaan seluruh keragaman itu.”

“Saya terlalu terinspirasi oleh Piagam Madinah tersebut. Dan sekiranya tuan-tuan setuju inilah jalan tengahnya. Kita ambil lima dasar untuk negara kita ini dari 47 pasal Piagam Madinah tersebut.” Soekarno angkat bicara.

Itulah beberapa fakta mengejutkan yang saya temukan sesudah membaca novel sejarah karya Mas Aguk ini.

Bahwa Pancasila terinspirasi dari Piagam Madinah yang terlalu toleran. Tak sama dengan keadaan waktu ini dimana toleransi cuma jargon semu bertentangan dengan realita pemaksaan kehendak satu golongan atas golongan lain.

Bahwa kiai Dahlan dan kiai Hasyim Asy’ari ternayata satu guru satu ilmu di pesantren Darat, Semarang asuhan kiai Sholeh Darat. Keduanya saling menghormati dan terlalu toleran. Tak sama dengan doktrin yang saya rasakan dari kecil dalam lingkungan Muhammadiyah di Karangkajen, kampung Muhammadiyah kedua sesudah Kauman, Kotagede dan Warungboto di Yogyakarta. Ikhtilaf mengenai qunut, tahlilan dsb lebih terasa dibandingkan ghirah ukhuwah.

Loading...
loading...

Bahwa benih sikap saling curiga dan berburuk sangka antara dua ormas besar di Nusantara ditebar pihak kolonial Belanda dalam kerangka adu domba. Bodohnya kita, dalam belenggu mental inlander masih saja termakan propaganda penjajah sampai Saat ini.

Loading...

Dan masih beberapa lagi fakta yang membuka kesadaran sejarah masa lalu kita demi merenungkan kembali sikap kita di masa yang akan datang. Sebuah buku yang layak dibaca saban anak Bangsa dalam rumah besar Indonesia

 

Judul : Penakluk Badai, Novel Biografi KH. Hasyim Asy’ariy

Penulis : Aguk Irawan MN

Penerbit : Global Media Utama

Cetakan : Maret 2012

Halaman : xxxii + 530 halaman

Ukuran : 13,5 x 20,5 cm

ISBN : 978-602-19878-2-7

Harga : Rp. 75.000

oleh Penerbit Globalmedia

 

loading...

You might like

About the Author: admin

5 Comments

  1. Beliau tak bs dgambarkan hnya dg coretan pena
    Beliau tak bs dtuliskan hanya dg sbuah novel
    tp dg novel biografi ini bs memberikan cuplikan gambaran beliau dan pjuangannya bs dteladani
    semoga bermanfaat…

  2. Terima kasih informasinya, insya allah ana akan beli buku yg sangat menggetarkan hati ini, alhamdulillah, syukron mas admin.

  3. Tidak ada kata lain yg pantas kuucapkan di sini kecuali ungkapan rasa syukur atas terbitnya buku ini, alhamdulillah….

    semoga Islam Aswaja bangkit kembali dari tidurnya yg panjang karena terinspirasi oleh semangat KH Hasyim Asy’ari. Syukron.

  4. KH. Hasyim Asy’ary memang mantab, seorang muballigh sejati no 1 di Indonesia. Semoga NU yg didirikannya semakin mendunia dg nilai2 islam aswajanya, amin 3x

  5. Alhamdulillah, smoga buku ini mampu memberi jawaban bagi ummat Islam Indonesia yg blm kenal dg Hadrotus Syaikh Hasyim Asy’ariy. Saya ikut gembira dg terbitnya buku ini. Terimakasih, saya akan beli insyaallah.

KOLOM KOMENTAR ANDA :