Khamenei ke Putin: Dengan Kerjasama, Iran-Rusia Sanggup Taklukkan AS

Khamenei ke Putin: Dengan Kerjasama, Iran-Rusia Sanggup Taklukkan AS

Khamenei ke Putin: Dengan Kerjasama, Iran-Rusia Sanggup Taklukkan AS

TEHRAN – seusai perjumpaan Presiden Turki Erdogan dengan Ayatullah Khamenei, Presiden Rusia Vladimir Putin juga menjumpai Pemimpin Tertinggi Iran tersebut secara terpisah pada hari Jum’at (07/09), dimana Khamenei menjelaskan ke Putin bahwa dengan bekerjasama, Iran dan Rusia sanggup menaklukkan AS, negara yang berbahaya bagi kemanusiaan.

Ayatollah Khamenei menjelaskan bahwa Kemajuan di Suriah dan kekalahan AS di negara Arab itu memperlihatkan bahwa Washington bisa ditaklukkan.

“Kerja sama antara Iran dan Rusia Soal problem Suriah ialah contoh yang menonjol dan pengalaman kerjasama bilateral yang terlalu baik,” kata Pemimpin tertinggi Iran tersebut.

Baca: VIDEO: Putin Sampai di Tehran untuk Perbincangan Trilateral Membahas Suriah

Ayatollah Khamenei menambahkan bahwa ke-2 negara bisa memperluas kerjasama pada isu-isu global, menjelaskan, “Bagian Perkara yang ke-2 belah pihak bisa bekerja sama dengan 1 sama lain ialah untuk membendung AS, sebab negara itu ialah bahaya bagi kemanusiaan dan untuk membendungnya ialah sesuatu yang mungkin. “

Pemimpin Iran itu juga mengumumkan bahwa Amerika sudah mengalami kekalahan yang nyata di Suriah dan sudah gagal mencapai target mereka.

Selama perjumpaan, yang juga dihadiri oleh Cawapres Ke-1 Iran, Es’haq Jahangiri, Putin mengabarkan bahwa ia sudah menggelar perundingan yang terlalu berguna dan baik dengan Presiden Rouhani pada isu-isu yang saling menguntungkan, termasuk situasi di Suriah.

“Iran dan Rusia membicarakan perluasan hubungan di seluruh bidang, khususnya di bagian ekonomi dan perdagangan,” ucap Putin.

Loading...
loading...

Ia menjelaskan bahwa AS sudah memposisikan bermacam hambatan, termasuk pembatasan perbankan, di jalan pengembangan hubungan Tehran-Moskow, dan menambahkan bahwa Washington membikin kekhilafan strategis dengan membatasi transaksi keuangan.

Baca: Ayatullah Khamenei ke Putin: Kekalahan Gabungan AS di Suriah Tidak Terbantahkan

Presiden Rusia itu mengumumkan penyesalan bahwa pihak-pihak yang tersisa dalam JCPOA gagal memenuhi tekad bulat mereka di bawah Komitmen sesudah penarikan AS.

Ia juga menjelaskan bahwa walaupun Eropa Mempublikasikan bahwa mereka mencari cara untuk menjaga supaya perjanjian nuklir tetap hidup, mereka ikut AS sebab ketergantungan mereka pada Washington.

Sementara itu, Ayatollah Khamenei juga menjelaskan sanksi yang dijatuhkan oleh AS kepada Iran, Rusia, dan Turki ialah landasan bersama-sama yang terlalu kuat untuk memperkuat kerja sama, dan mendesak Teheran dan Moskow untuk mengembangkan hubungan politik dan ekonomi serta menindaklanjuti Komitmen KTT di Teheran.

Pemimpin itu Menegaskan perlunya mengejar transaksi non-dolar dalam perdagangan.(ARN)


Source by Ahmad Zaini

loading...

You might like

About the Author: Ahmad Zaini

KOLOM KOMENTAR ANDA :