Khamenei ke Erdogan: Persatuan Negara-negara Muslim Kunci Penyelesaian Problem Wilayah

Khamenei ke Erdogan: Persatuan Negara-negara Muslim Kunci Penyelesaian Masalah Kawasan

Khamenei ke Erdogan: Persatuan Negara-negara Muslim Kunci Penyelesaian Problem Wilayah

TEHRAN – Pemimpin Revolusi Islam Iran, Ayatollah Ali Khamenei, menjelaskan bahwa hubungan yang lebih erat dan sinergi di antara negara-negara Muslim ialah kebutuhan paling penting dari dunia Muslim.

Pemimpin tertinggi Iran membikin pernyataan itu dalam perjumpaan hari Jumat dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, yang tengah melaksanakan perjalanan ke Teheran untuk mengambil bagian dalam KTT trilateral, yang diadakan oleh Presiden Iran Hassan Rouhani dan juga dihadiri oleh pemimpin Rusia Vladimir Putin, dengan fokus pada Suriah.

“Persatuan dan kerja sama di antara negara-negara Muslim pasti akan mempersiapkan dasar untuk penyelesaian (problem) negara-negara regional dan ini ialah argumentasi bahwa power Arogansi, yang dipimpin oleh AS, kuatir dengan kerja sama dan kedekatan di antara negara-negara Muslim dan pembentukan power Islam,” Kata Khamenei.

Baca: Erdogan Menemui Ayatullah Ali Khamenei Pasca KTT Tehran

Pemimpin Iran itu menambahkan bahwa kekuatiran ini ialah argumentasi di balik permusuhan dan dendam AS kepada negara-negara Muslim yang kuat.

“Republik Islam Iran dan Turki ialah 2 negara regional yang bermartabat dan kuat dan mempunyai kepentingan bersama-sama di dunia Muslim. Jadi, kerja sama ke-2 negara di bidang politik dan ekonomi wajib diperluas,” kata Khamenei lebih detail.

Pemimpin Iran itu mempertunjukkan kerjasama positif antara Teheran dan Ankara dan Menegaskan perlunya memperkuat landasan bersama-sama di antara ke-2 pihak.

Loading...
loading...

Ayatullah Khamenei memuji sikap Erdogan soal isu Muslim Rohingya di Myanmar dan menambahkan bahwa Palestina senantiasa jadi topik “penting” yang tidak boleh diabaikan.

Selama perjumpaan, yang juga dihadiri oleh Cawapres Ke-1 Iran, Es’haq Jahangiri, presiden Turki itu menjelaskan bahwa Timur Tengah waktu ini dihadapkan pada situasi kritis.

Baca: VIDEO: Erdogan Sampai di Tehran untuk Pembahasan Suriah

Erdogan menjelaskan kurangnya koherensi di antara negara-negara Muslim ialah bagian faktor yang menyebabkan problem yang tengah berlangsung dan mengumumkan harapan bahwa kesengsaraan regional akan diselesaikan melalui kerja sama.

Ia menambahkan bahwa situasi di wilayah itu mempunyai kepekaan yang lebih besar sebab pendekatan Barat kepada negara-negara Muslim yang independen. Ia meminta supaya Iran dan Turki dapat mengembangkan hubungan dengan lebih baik. (ARN)


Source by Ahmad Zaini

loading...

You might like

About the Author: Ahmad Zaini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *