KH Ahmad Ishomuddin: Sejumlah Manfaat Puasa

KH Ahmad Ishomuddin: Sejumlah Manfaat Puasa

KH Ishomuddin, Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). (foto: ist)

Insan diciptakan berada di tengah-tengah antara dua alam, yaitu alam ruh dan alam materi. Di alam ruh insan ada kemiripan dengan para malaikat yang bukan makan, bukan minum, bukan mendurhakai perintah Allah dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan-Nya. Sedangkan di alam materi insan lebih mirip dengan binatang yang bukan punya keinginan kecuali makan, minum dan memperoleh kelezatan dengan memperturutkan nafsu seksualnya.

Insan berada di tengah antara karakter malaikat dan binatang, asbab Allah menciptakannya dari dua sifat alam itu, yaitu alam materi dan alam ruh. Sehingga pada insan ada akal dan ruh, dengan dua bekal ini insan sanggup naik mencapai posisi para malaikat, dan padanya pun ada tubuh dan syahwat yang dengan karena memperturutkan keduanya maka insan turun sejajar dengan posisi hewan-hewan atau lebih sesat lagi.

Insan mampu tetap berada dalam kebaikan sejauh ia sanggup menjaga keseimbangan di antara sifat ruhani dan sifat materinya, sehingga salah satunya bukan mengalahkan yang lainnya. Keseimbangan tersebut penting artinya supaya insan amanah dalam mengemban tugas yang diberikan oleh Allah kepadanya, yaitu selaku khalifah di bumi-Nya guna memakmurkannya dan menghiasinya dengan ibadah.

Keperluan ajaran Islam hanyalah mempertunjukkan jalan utama yang wajib ditempuhnya, yang dengannya insan sanggup menjaga keseimbangan (al-tawazun) dan menjadikannya hidup di muka bumi seperti para malaikat yang patuh beribadah serta berjuang menundukkan hawa nafsunya supaya meraih kesuksesan dan kebaikan.

Puasa Ramadlan hanyalah bagian sarana agung dalam Islam dan masuk didalamnya bagian ibadah supaya orang beriman yang berpuasa memasuki alam ruhani (spiritual) dan mencicipi kenikmatannya, sedangkan dirinya masih berada di muka bumi. Puasa tersebut berfungsi guna menjaga pelakunya dari pengaruh buruk alam materi yang ada pada dirinya.

Orang yang berpuasa bakal menahan dan menagkal dirinya dari memperturutkan dorongan syahwat (rasa ingin) asbab melakukan perintah Allah dan meninggalkan larangan-Nya. Oleh asbab itu, puasa berfungsi selaku penjaga insan yang berpuasa supaya suci dan suci dari dosa-dosa, yaitu apa saja yang merusak saban orang atau bahkan merusak warga.

Hujjat al-Islam al-Ghazali dalam kitabnya, Ihya’ ‘Ulum al-Din melihat bahwa puasa ialah sarana guna mengalahkan musuh Allah, asbab syahwat ialah sarana bagi syetan. Oleh asbab itu, Nabi Saw. bersabda, “sesungguhnya syetan itu mengalir pada tempat aliran darah bocah bernasab Adam (insan), maka sempitkanlah tempat-tempat mengalirnya itu dengan lapar (puasa).”

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh al-Imam al-Bukhari dan al-Imam Muslim dari Abdullah bin Mas’ud, ia berkata, Nabi Saw. bersabda terhadap kami, “Wahai sekumpulan pemuda, barang siapa di antara kalian sudah sanggup memberi nafkah batin (dengan syarat sanggup memberikan nafkan lahir) maka hendaklah cepat merid, asbab nikah itu lebih mampu memejamkan (memelihara) mata dan lebih menjaga kemaluan. Dan barangsiapa yang belum sanggup (merid), maka ia wajib berpuasa, asbab puasa ialah benteng pelindungnya.”

Puasa Ramadlan ibarat madrasah, sekolah, yang mempersiapkan para muridnya guna siap berhadapan dengan hidup yang full kompetisi. Maka dengan berpuasa sejauh Ramadlan itu insan beriman yang berpuasa diajari supaya bersikap jujur, amanah, menepati janji, sabar, mendidik jiwa supaya mempunyai keberanian dan mendukung pelakunya supaya hidup sehat dan hidup lebih mulia.

Mereka yang beribadah puasa Ramadlan dengan ikhlas dan sempurna, menunaikan apa saja yang diharuskan dan menutupi kekurangan-kekurangannya dengan mengerjakan apa-apa yang disunnahkan, pastilah sebagai insan yang bertaqwa terhadap Allah sejauh hayatnya.

Sumber: https://web.facebook.com/ahmad.ishomuddin/posts/1807652899273897

(suaraislam)

KH Ahmad Ishomuddin: Sejumlah Manfaat Puasa

You might like

About the Author: Ahmad Zaini

Jika ada ditemukan artikel yang salah, dan lain-lannya, silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.