Keputusan strategi Tidak Tentu AS atas Hilangnya Khashoggi Dorong Keangkuhan Saudi

Kebijakan Tak Tentu AS atas Hilangnya Khashoggi Dorong Keangkuhan Saudi

Keputusan strategi Tidak Tentu AS atas Hilangnya Khashoggi Dorong Keangkuhan Saudi

WASHINGTON – walau intimidasi internasional pada penguasa Saudi oleh bermacam pemerintah dan kubu HAM makin meningkat atas hilangnya seorang awak media oposisi pasca masuk konsulat Saudi di kota Istanbul Turki, pemerintahan Trump tampaknya masih ikut keputusan strategi yang belum ditetapkan kepada Riyadh Soal problem ini, yang memotivasi beberapa analis untuk percaya bahwa Washington lebih memilih perdagangan dengan Saudi lebih dari nilai kehidupan manusia.

Pada hari Minggu (14/10), Arab Saudi mengingatkan akan membalas sanksi yang dikenakan atas hilangnya Jamal Khashoggi, sebab pasar saham Riyadh mengalami kemunduran terburuk dalam beberapa tahun akibat problem ini.

Menurut kantor berita legal kerajaan, berhadapan dengan seluruh intimidasi, Riyadh bahkan mengancam akan membalas kalau ada sanksi ekonomi yang mungkin akan dikenakan oleh negara-negara lain kepada Saudi atas Perkara Jamal Khashoggi.

Ancaman ini dinilai selaku sindiran pada pemerintah AS supaya tidak berpikir untuk mencabut perjanjian perdagangan senjata yang besar dengan Arab Saudi.

Bursa saham Tadawul di Riyadh turun 7 % pada 1 titik selama hari ke-1 perdagangan minggu ini, dengan 182 dari 186 saham yang terdaftar memperlihatkan kebangkrutan pada sore hari. Pasar lalu kembali mengalami kebangkrutan, dengan perdagangan yang turun lebih dari 4 %.

Loading...
loading...

Sementara para senator mengancam Arab Saudi dengan sanksi dan para pelaku bisnis besar Mundur dari konferensi yang digelar oleh Saudi, administrasi Trump mengambil pendekatan yang makin mencolok untuk menanti Kemajuan dari menghilangnya Khashoggi.

Member parlemen Republik dan Demokrat sama-sama menuntut tindakan tegas. Awal Minggu ini, sejumlah senator Partai Republik di komite hubungan luar negeri menyepakati surat bipartisan yang menyerukan penyelidikan dan kemungkinan sanksi selaku tanggapan atas hilangnya Khashoggi.

Member parlemen Amerika di ke-2 belah pihak sudah lebih kritis kepada Arab Saudi, dengan beberapa menganjurkan pejabat di kerajaan itu bisa dijatuhi sanksi kalau mereka diketahui terlibat dalam penghilangan Khashoggi dan Sangkaan tindakan mematikan. (ARN)


Arrahmah News
shared by Muhammad Najib

loading...

You might like

About the Author: Muhammad Najib

KOLOM KOMENTAR ANDA :