Kepala Dewan HAM PBB Desak Saudi Bertanggung Jawab atas Serangannya ke Yaman

Kepala Dewan HAM PBB Desak Saudi Bertanggung Jawab atas Serangannya ke Yaman

Kepala Dewan HAM PBB Desak Saudi Bertanggung Jawab atas Serangannya ke Yaman

JENEWA – Kepala Dewan HAM PBB yang baru, Michelle Bachelet, meminta Arab Saudi untuk bertanggung jawab atas serbuan udara mematikan kepada masyarakat sipil di Yaman.

Middle East News memberitahukan bahwa dalam pidato pertamanya di Dewan Hak Asasi Manusia PBB di Jenewa pada hari Senin (10/09), eks presiden Chili itu Menyenggol soal serbuan udara Saudi pada bus sekolah yang full berisi anak kecil di Sa’ada bulan lalu, yang mematikan lebih dari 50 orang.

Bachelet mendesak angkatan bersenjata Saudi untuk memperlihatkan transparansi yang lebih besar dalam aturan keterlibatan mereka di Yaman, negara yang Ada di bawah invasi habis-habisan oleh kerajaan itu semenjak 2015.

Baca: Gabungan Saudi Akui Pembunuhan masal 40 anak Yaman dalam Pemboman Bus Sekolah

Begitu bus yang membawa anak kecil sekolah itu masuk pasar yang sibuk di kota Sa’ada, Dahiyan, bulan lalu, Saudi langsung menargetnya dengan serbuan udara. Setidaknya 51 masyarakat sipil sudah kehilangan nyawa mereka dan 80 lainnya menderita luka-luka, dimana sebagian besar ialah anak kecil sekolah dimana hal ini memicu kemarahan dari kelompok-kelompok hak asasi manusia internasional dan pejabat PBB.

PBB Mempublikasikan bahwa tidak ada pembenaran untuk pembunuhan masal terakhir Arab Saudi di Yaman yang merenggut nyawa sejumlah masyarakat sipil, dimana kebanyakan dari mereka ialah anak kecil.

Loading...
loading...

“Apa yang kami saksikan hari ini ialah korban serbuan udara. Korban manusia yang menakutkan dari serbuan udara dan perang. Semua dunia mengutuk ini,” kata koordinator kemanusiaan PBB di Yaman Lise Grande dalam perjalanannya ke Yaman sesudah serbuan itu.

Baca: YAMAN BERDARAH! Puluhan Siswa Meninggal dalam Serbuan Brutal Saudi ke Bus Sekolah

Grande menambahkan bahwa Sekretaris Jend. PBB sudah menyerukan “penyelidikan yang transparan, komprehensif, independen dengan cepat”, dalam serbuan mematikan kepada masyarakat sipil tersebut. (ARN)


Source by Muhammad Zuhdi

loading...

You might like

About the Author: Muhammad Zuhdi

KOLOM KOMENTAR ANDA :