Kenapa Ummat Islam Wajib Mencari Aswaja Yang Benar ?

Aswaja yang Benar: Respon Buat Seseorang Yang Mengklaim Sedang Mencari Aswaja Yang Benar

Aswaja yang benar – Berikut ini ialah respon dari Mas Ahmad Syahid kpd seseorang (Wahabi tentunya) yang mempergunakan nama: Lagi nyari aswaja sing bener@ Ada yang antik dari sosok ini, he he he… yaitu cara menamakan dirinya dan penyamaran di awal yang seakan bukan seorang Wahabi, tapi akhirnya keceplosan bahwa dia seorang Wahabi. Aneh ya, nama orang kok seperti itu? Mungkin beliu ini berpikir bahwa Wahabi ialah Aswaja yang benar. Namun sesungguhnya nggak aneh bagi kita yang sering ikut dialog di situs ini, berlebihan sering mendapati nama-nama Penganut Wahabisme yang namanya berupa kalimat serupa dengan itu. Entah apa sebabnya sehingga seakan tidak sanggup mempergunakan nama manusia. Wallohu a’lam.

Respon Mas Syahid  ini mestinya dimunculkan di artikel : Aqidatul awam karena pertanyaan beliau itu diposting di artikel Aqidatul awam komentar yang hampir akhir. Cuma mungkin sebab saking penuhnya komentar di artikel tersebut sehingga amat sulit Mas Syahid mengeposkan koment di situ sehingga nyasar di http://ummatipress.com/2011/09/05/ummati-press-online-lagi-setelah-di-ko-wordpress-com/#comment-14552. Di Postingan ini kami menyingkat Nama yang panjang tersebut dengan singkatan: LCASB ( Lagi  Cari (nyari) Aswaja Sing Bener. Sedangkan Mas Syahid namanya tetap seperti adanya tanpa disingkat. Selamat menyimak jawaban-jawban Mas Syahid berikiut ini semoga berguna.

========================

LCASB:

Saya menyaksikan dinamika menarik dan ilmiah dari blog ini dimana terjadi bantah-bantahan antara gabungan sufi/syiah/NU/HT, dll di blog ini vs salafy wahabi di sisi lain. Ternyata pembela blog ini seperti mas syahid dan super nova mempunyai bekal ilmu yang cukup mumpuni. Mungkin sebab lulusan pesantren atau sekolah agama lainnya. Sedangkan para salafy yang masuk kesini seperti masuk ke sarang macan sebab mereka (seperti saya) nampaknya masih baru dan nggak berlatar belakang sekolah agama. Makanya kita lihat beberapa yang akhirnya menghilang seperti Abu Umar Abdillah, donpay, yono, muda, ronggolawe juga ganteng dan yang teranyar syiahsesat, tukang bid’ah dan abusalafi. Namun jika saya boleh berkomentar saya rasa walaupun mereka awam ada beberapa poin pertanyaan mereka yang belum betul 2 terjawab oleh pembela blog ini seperti :

  1. Soal tafsir para salaf dan selainnya yang menta’wil bahwa sifat-sifat Allah seperti tangan, mata dan selainnya kpd kekuasaan dan ta’wil lainnya. Rasanya kurang adil tatkala ayat soal : Allah berada dimana saja engkau berada ataupun tidaklah kalian bercakap-cakap melainkan Allah yang ketiga, sementara ayat-ayat diatas dita’wilkan lain. Saya lihat mas syahid menjelaskan bahwa Rasulullah Sawtelah mendoakan Ibnu Abbas supaya paham ta’wil Qur’an, jadi nggak ada salahnya kalau mas syahid juga mencontohkan tafsir Ibnu Abbas ataupun selain beliau soal bagaimana makna ayat-ayat soal sifat Allah tersebut sesungguhnya. Sedangkan ayat Al Qur’an paling dipahami oleh para sahabat Rasulullah Sawtapi nggak ada satu kutipan pun dari pembela blog ini yang menjelaskan tafsir tangan Allah ialah kekuasaan menurut para sahabat Ra.

Sesungguhnya cukup beberapa Takwil yang disampaikan Ibnu Abbas saya kutipkan beberapa saja :
” dan langit itu kami bangun dengan kekuasaan kami ” berkata ibnu abbas ra. ” dengan power dan kekuasa’an “( tafsir al-qurtuby 17/52 )

” dan buatlah bahtera itu dengan ” kontrol kami “( huud 11:37 ) terang dalam kalimat ayat ini mempergunakan lafadz ” bi a’yunina ” yang bermakna dengan mata kami ” jika di artikan sedemikian maka kaburlah arti dan maksud dari ayat tersebut , berkata ibnu abbas, ra. ” dengan kontrol dari kami “( tafsir al-bughawi 2/322 )

  1. Ada keganjilan juga tatkala Sahabat Super Nova mengutip perkataan bahwa Al Imam Abu Hanifah ra. berkata :“Barangsiapa yang menjelaskan saya nggak tahu apakah Allah berada di langit ataukah berada di bumi maka dia sudah kafir”. (diriwayatkan oleh al Maturidi dan lainnya), kita setuju akan hal ini. Sedangkan seluruh penjelasan dari mas Super Nova dan Mas Syahid nggak mampu memastikan dimana keberadaan Allah, sebab terus membawakan pandangan Imam Ghazali bahwa Allah ada tanpa tempat dan arah ataupun zahir hadits Allah ada di Palestina, sedangkan naluriah manusia saja apapun agamanya pasti menengadahkan mukanya kelangit tatkala mengharapkan pertolongan dari Tuhan yang mereka yakini masing-masing. Dan juga saya jadi menanyakan bagaimana dengan cerita Isra Mi’raj tatkala Rasulullah Sawdibawa ke langit ketujuh untuk menerima perintah shalat, apakah ini bukan bukti yang nyata bahwa Allah ada diatas langit?? Jikalau bukan jadi dimana Rasulullah Sawmenemui Allah ?? Siapa dari kalangan salaf yang berkata bahwa Allah ada tanpa tempat dan arah ??

Ahmad Syahid:
Pernyataan bahwa Allah ada tanpa tempat dan tanpa arah ialah Ijma/ consensus / kesepakatan Ulama Ahlu Sunnah , bukan sekedar pandangan Imam al-Ghozali , adapun Naluri atau Fitroh manusia nggak dapat dijadikan Hujjah , dan pandangan yang mengumumkan Allah berada di langit atau Arsy sudah dimentahkan oleh Quran sendiri.
Adapun ulama Salaf as-sholihin yang mengumumkan Allah ada tanpa tempat dan arah diantaranya :

  1. al-Imam An-Nawawi dalam syarh Muslim juz 5 hal 24 cetakan darul fikr Beirut : beliau berkata diriwayatkan dari Qodhi Iyadh yang berMadzhab Maliki bahwasannya nggak ada perbedaan pandangan diantara kaum muslimin baik yang ahli fiqih ahli Hadist dan Ahli kalam , Ahli Nadzar ataupun para pengikutnya bahwa dzahir pernyataan yang menyebutkan “Allah dilangit ” seperti firman Allah { أَأَمِنتُم مَّن فِي السَّمَاء.} qs. Tabarok ayat 16 dan yang sejenisnya yang dimaksud bukanlah dzahirnya akan tetapi ditakwilkan.
  2. al-Imam Ja`far as-shodiq sebagaimana diriwayatkan oleh Imam al- qusyairi dalam kitabnya ar-risalah menjelaskan ; barang siapa yang menyangka bahwa Tuhan kita ada pada sesuatu , atau diatas sesuatu atau dari sesuatu maka dia sudah Musyrik ,
  3. al-Imam Abu Ja`far at-thohawi beliau menjelaskan dalam kitabnya Aqidah thohawiyah : dan Allah nggak diliputi oleh arah yang enam ” kitab beliau ini merupakan representasi / mewakili Aqidah salaf as-sholihin. Dan tentu masih amat beberapa pernyataan para Imam Yang senada kita cuma mengutip beberapa saja.

LCASB:
3. Bagian bukti dalam Al Qur’an ialah bahwa Fir’aun dan Hannan mengolok Nabi Musa SAW sehingga memerintahkan untuk membikin tangga supaya dia mampu menyaksikan Tuhannya Nabi Musa. Ini ialah dalil yang nyata bahwa Nabi Musa sudah menyeru kpd Fir’aun untuk menyembah Tuhan yang berada di atas langit.

Ahmad Syahid:
• Nggak ada dalil sedikitpun yang memperlihatkan kalau Musa sudah mengabarkan kpd firaun bahwa Tuhannya di langit , lagi pula sangkaan firaun yang amat Kafir itu jangan dijadikan dalil untuk menetapkan Aqidah kaum Muslimin, karena itu cuma persangkaan Firaun tatkala memahami perkataan Nabi Musa : ” Tuhanku ialah Tuhan Langit ( Robbu samawati ) firaun menyangka kalau Tuhannya Musa berdiam di langit. Apakah kita akan menjadikan ucapan seorang kafir seperti fir`aun selaku hujjah dalam aqidah kita……?

LCASB:
4. Para pembela blog sudah mengakui bahwa sudah terjadi ijma’ para ulama bahwa penetapan anggota tubuh bagi Allah ialah kafir sedangkan ummat Islam nggak akan mungkin bersepakat atas kesesatan, alangkah baiknya kalau dijelaskan siapa saja yang berijma atas hal ini dan dikutipkan sumbernya, adakah mereka para ulama dari kalangan Salaf ??

Loading...
loading...

Ahmad Syahid:
• Ijmaulama soal Kafirnya orang yang menjelaskan bahwa Allah itu jisim dinukil oleh beberapa ulama seperti : 1. al-Imam Abu Jafar at-thohawi dimana karya beliau yang terkenal ” Aqidah Thohawiyah ” dinyatakan selaku kitab yang berisi / Rangkuman Aqidah Salaf 2. Al-Imam al-kabiir Abdul Qohir bin Thohir at-tamimi al-baghdadi dalam itab al-farq bainal firoq hal. 333 beliau berkata : dan mereka ( ahlu sunnah ) ber Ijmabahwa Allah SWT nggak diliputi tempat dan nggak terlewati zaman (waktu) , 3. al- Imam guru Ahlu Sunnah tanpa tanding al-hafidz Abul hasan al-asyary dalam kitabnya an-nawadzir : barang siapa yang mengumumkan Allah ialah Tubuh (jisim) maka sungguh ia nggak tahu tuhannya dan sungguh dia sudah Kafir. 4. al-hafidz al-Iroqi beliau menjelaskan : Salaf dan Kholaf telas bersepakat bahwa orang yang meyakini bahwa Allah berada pada Arah tertentu maka dia sudah Kafir , pernyataan itu dinyatakan juga oleh Al-Imam Abu Hanifah , Imam Malik , Imam SyafiI dan Abul Hasan Al-asy`ari , al-Baqilani sebagaimana disebutkan oleh al-allamah mala ali al-qori dalam Syarah misykah juz 3 hal. 300 cet. Darul fikr , inilah Aqidah Ummat Islam baik salaf maupun Kholaf baik itu di Hijaz , Indonesia , malaisia , India bangldesh , Pakistan , turki maroko , suriyah , mesir yaman , Iraq , sudan afrika Bukhoro samarqond dan selainnya berkeyakinan kalau Allah ada Tanpa Tempat dan arah.

LCASB:
5. Mas Syahid dan selainnya juga mengakui bahwa Tauhidnya orang wahabi ialah bid’ah sedangkan versi Aswaja ialah sunnah, sebab itu cukup adil juga bila kita menanyakan kapankah istilah seperti sifat 20 ini muncul, dan siapakah yang berfatwa dengannya dari kalangan para Salaf ?? Cukup sering juga kita menguping bahwa pada akhirnya Imam Abu Hasan Al Asyari akhirnya bertobat dari paham ini dan kembali kpd paham ahlussunnah sesungguhnya sebagaimana beliau ungkapkan dalam kitab beliau Al Ibanah.

Ahmad Syahid
• Ada dua pendekatan yang dapat dilaksanakan untuk menghukumi apakah pembagian Tauhid versi wahabi Bid`ah atau Bukan…?

Pendekatan 1. pemahaman Bidah menurut kawan-kawan Wahabi sendiri, mereka menjelaskan suatu perkara yang nggak ada conbtohnya dari Rosulallah SAW atau Sahabat ialah Bidah , ditambah dengan nggak adanya Bidah hasanah dalam terminology mereka maka , apakah Pembagian Tauhid itu ada dicontohkan oleh Rosulallah SAW dan para sahabatnya ….? Nggak ada kan….? Atas dasar pemahaman Bidah mereka sendiri maka Pembagian Tauhid itu Bidah  (semoga kawan2 wahabi konsisten).
• Pendekatan 2 , menurut Ulama Ahlu Sunnah wal-jama
ah (asyariyah) Bidah ialah perkara baru dalam Agama , kalau selaras dengan Quran dan Hadist maka ia Hasanah, kalau bertentangan atau nggak sejalan dengan Quran dan hadist maka itulah Bidah Dolalah dan amat terlarang , dengan kacamata Aswaja Pembagian Tauhid itu walaupun Hal baru yang nggak pernah dicontohkan oleh Nabi dan para sahabatnya nggak serta merta dikatakan Bidah Dolalah , tetapi dipahami dan dikaji secara komprehensif menyeluruh adakah yang bertentangan dengan Quran dan Hadist atau nggak …. Ternyata sesudah dikaji secara mendalam didapati beberapa Hal dalam Pembagian tauhid itu yang bertentangan dengan Quran dan hadist , sebab banyaknya pertentangan dengan quran dan Hadist barulah dinyatakan : Pembagian Tauhid ialah Bidah Dolalah.

• Lalu bagaimana dengan sifat 20…..Bidah kah…..? perlu diketahui kalau sifat 20 ada semenjak Quran itu ada , cuma saja baru muncul dan popular pada abad ketiga Hijriyah ditangan para Ulama Salaf seperti 1. al-Imam Husein bin Ali abu ali al-karobisi , beliau ialah murid langsung Imam as-syafiI walaupun sebelumnya beliau beberapa belajar dari Ahli Roi (madzhab imam Abu Hanifah) beliau memperoleh Ijazah langsung dari Imam SyafiI sebagaimana dinyatakan oleh Imam As-subki dalam Thobaqot syafi`iyah 2. al-imam Harist al-muhasibi beliau mempunyai 200 karya ilmiyah dalam berbagai disiplin Ilmu 3. al-Imam Ibnu Kullab beliau ini tertlalu terkenal untuk di jelaskan profilnya dan tentu masih beberapa Ulama Lain yang menyokong Aqidah sifat 20.

• adapun soal Taubat dan keluarnya al-Imam Abul hasan al-asyari dari paham Mutazilah ialah benar dan diketahui oleh seluruh Ahli sejarah Islam , sedangkan Rumor fase ketiga sang Imam ialah bathil nggak ada satupun Ahli sejarah yang mencatatnya , satu-satunya alas an bagi penghembus fase ketiga sang Imam ialah ” pemahaman salah mereka ” kepada kitab beliau yaitu al-Ibanah an ushulidiyanah pemahaman mereka itu mereka simpulkan bahwa sang Imam melewati 3 fase padahal itu cuma persangkaan dari pemahaman yang salah , terlebih al-Ibanah telah beberapa yang dipalsukan , silahkan rujuk kitab penjelasan kebohongan2 yang dinisbatkan kpd Imam abul hasan al-asy`ari ” karya al-Imam Al-hafidz Abul Qosim Ibn Asakir.

LCASB:
6. Apakah perkataan soal bid’ah ini bahkan malah jadi bumerang bagi mas syahid cs, sebab kita lihat bahwa blog ini juga membela paham seperti yasinan ataupun tahlilan atau ngalap berkah dikuburan para wali yang juga nggak mempunyai dalil yang kuat bahwa ibadah ini pernah dicontohkan oleh Rasulullah Sawdan para sahabatnya ?? Ngalap berkah ialah realita yang beberapa terjadi dinegara kita ini, dimana orang 2 datang kekuburan para wali untuk mengharapkan jodoh, kesembuhan, kekayaan dll yang cuma Allah yang berwenang untuk mengabulkannya sehingga kita betul 2 takut jika 2 kebanyakan peziarah itu sudah terjatuh kpd kesyirikan. Hal ini ialah realita yang nggak terbantahkan lagi tatkala beberapa orang awam berkunjung ke makam wali songo, syaikh burhanuddin, syaikh fulan atau kyai fulan dan berdoa sambil menangis dan mengusap-usap kuburan mereka untuk mengharapkan berkahnya.

Ahmad Syahid:
• Silahkan perbaiki lagi pemahaman soal Bidahnya , kalo pemahaman Bidah nya telah benar pasti akan mengumumkan yasinan ataupun Tahlilan ialah Sunnah Hasanah, dan bahkan akibat salah dalam memahami Bidah akhirnya kawan2 wahabi terkena Bumerang Bidah yang mereka pahami sendiri seperti Bid`ahnya Pembagian tauhid , begitu juga soal ngalap berkah silahkan perbaiki pemahamannya , kalo pemahamannya telah benar In sya Allah kalian nggak akan menjelaskan : kita betul 2 takut jika 2 kebanyakan peziarah itu sudah terjatuh kpd kesyirikan. Kalau pemahaman kita telah benar soal ngalap berkah Tauhid dan Syirik Insya Allah kita nggak akan lagi betul2 takut jika 2 kebanyakan peziarah itu sudah terjatuh kpd kesyirikan. Bahkan yang timbul ialah sifat bangga sebab selaras dengan Sabda Rosul Saw : “Saya sungguh nggak merisaukan syirik menimpa kalian sesudah saya wafat, yang kurisaukan ialah keluasan dunia yang membikin kalian saling hantam memperebutkannya” (Shahih Bukhari)

LCASB:
7. Bukankah perkataan mas Syahid cs soal Allah nggak mempunyai tubuh juga mampu jadi bumerang sebab peniadaan sifat-sifat Allah juga mampu menjadikan pelakunya kafir ?? Bukankah mengaminkan ayat-ayat soal tangan dan mata bagi Allah tidaklah mutlak menyerupakan Allah dengan makhluk-Nya ?? terkecuali menjelaskan bahwa tangan Allah seperti tangan si fulan atau si alan, inilah tasybih yang sesungguhnya bukan ??

Ahmad Syahid
• inilah yang disebut dengan tasybih dan tajsim yang sesungguhnya menjelaskan : Allah mempunyai Tubuh dan anggota tubuh , ya akhi nggak ada satu ayatpun dalam Al-qur`an kalau Allah mempunyai tubuh dan Anggota tubuh , nggak ada satupun hadist yang Shahih mengumumkan Allah mempunyai Tubuh dan anggota tubuh , nggak ada seorangpun Ulama Ahlu Sunnah yang mengumumkan Allah punya tubuh dan anggoita tubuh , inilah Tasybih dan tajsim yang akan menyebabkan kekufuran segeralah bertaubat ya akhi.

LCASB:
8. Saya juga ingin jika mas Syahid cs membantah tulisan 2 nya Firanda sebab tulisan Abu Salafy belum memberikan respon memuaskan atas tulisan 2 ustadz tersebut.

Ahmad Syahid:
• Untuk tulisan – tulisan firanda Insya Allah saya akan lakukan koreksi sekaligus bantahan untuk beliau.

LCASB:
Sekian dulu komentar dari saya selaku seorang awam yang miskin ilmu dan terus berusaha mencari al haq ditengah dahsyatnya perpecahan antara ummat islam. Semoga Allah menunjuki kita bersama-sama kpd jalan-Nya yang lurus. Amin.

Ahmad Syahid:
• Teruslah bersama-sama Blog ini supaya kita dapat dialog untuk mencari kebenaran , semoga Allah memudahkan jalan bagi hambanya yang ingin mencari kebenaran amin ya Robbal alamin.

Loading...

Oleh: Ahmad Syahid

loading...

You might like

About the Author: admin

35 Comments

  1. Assalaamu’alaikum buat Mas Syahid dan rekan-rekan dialog…
    Terima kasih atas segala pengetahuannya yang telah di sampaikan tentang penyimpangan yang dilakukan Mas Firanda selama ini…. o iyaa mohon Mas Syahid juga membukukan artikel yang selama ini di tulis sebagaimana juga Mas Firanda telah menulis buku terbarunya yang sudah terbit tentang Habib Munzir….

  2. Semoga Allah swt menguatkan perjuangan Ulama2 yg mempersatukan Umat dgn amaliah Ibadahnya, menjadi panutan Akhlak dan budi pekerti kearifannya,dimuliakan Jama’ahnya semenjak hidup sampai matinya. semoga kita masuk golongan Ulamaul amiliin amiiin.

  3. Untuk mengetahui seseorang itu masuk ke dalam Ahlul Junnah wal Jamaah, lihatlah shalatnya termasuk shalat berjamaahnya. Ahlul Sunnah wal Jamaah sangat memperhatikan shalatnya sebab mereka mengetahui bahwa Rasulullaah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Amal ibadah yang pertama kali dihisab pada hari kiamat adalah shalat. Bila shalatnya baik atau benar baik maka baik pula amalan ibadah yang lain. Apabila shalatnya rusak, maka rusak pula amal ibadah lainnya.”

    Maka dari itu, Ahlul Sunnah wal Jamaah berusaha sekuat tenaga untuk menuntut ilmu agar mengetahui shalat yang benar sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullaah.

    Dalam shalat berjamaah, Ahlul Sunnah wal Jamaah dapat dikenali dari rapatnya shaf shalat karena mereka mengetahui bahwa Rasulullaah memerintahkannya dan mengancam keras orang yang menolak merapatkan shaf shalat berjamaah.

    Kalau di sebuah masjid, shaf shalat berjamaahnya rapat, maka jamaah masjid itu insya Allah Ahlul Sunnah wal Jamaah. Sebaliknya, bila shaf shalat berjamaahnya berantakan, maka orang yang shalat di masjid tersebut bukan Ahlul Sunnah wal Jamaah.

    Wallaahu a’lam.

  4. ucep@

    Baik Mas Ucep, nanti jika sudah dikirim artikel dari Mas Ahmad Syahid, Mas Dianth, Mas Agus dll, artikel2 tsb masing-msing akan kami posting di page utama. Ada beberpa keuntungan selain yg Mas Ucep inginkan, yaitu dalam merebut posisi di Pencarian Google.

    Jadi dengan demikian nantinya dalam jangka panjang akan memiliki prospek bagus di Pencarian google. Bahkan sekarang pun blog ini sudah mulai bagus di search engine google, bisa dilihat di footer paling kiri blog ini, hampir semua referrernya datang dari Mbah google.

    1. wah bakal jadi high rate for searching nih……… he he he he

      pasti debatnya mencerahkan untuk siapa saja, untuk @ummati usul nanti seandainya ada komen yang copy paste (seperti nick Susanto) hapus aja, apalagi copanya satu tabloid or buku, wah bisa garing diskusinya.

  5. Mas @admin saran, debatnya bakalan seru nih antara mas syahid dengan ustad wahabiyun, untuk coment2 sebelumnya nanti bisa di hide saja agar baca dan nelaahnya bisa mantab dan khusu’

    1. he he he…. pokoke…. kalau ustad nya yang datang bakal seru nih…. mudah-mudahan situs ummati jadi situs tempat kesadaran masal para wahabi kembali ke aswaja.

      1. bukan seru lagi jadi trend setter bloger muslimin sampai negeri jiran. kalo ada software terjemahan indo-inggris yang ciamik pasti seru juga. ponakan juga ada dimesir, dia getem2 juga ama talafi mesir, sok benernya ituloh.

  6. saya akan mendukung mas ahmad syahid…. entar kalau wahabi nya termasuk ustadnya pada datang kesini, biar ana yang ngedepin duluan juga nggak apa2.

    😎

    1. @mas dianth
      kita dukung ente mas dianth,..
      oh ya mas, tanggapan ente di bantahan salafy tobat di tanggapi kaum sawah…dah ane jawab sih sedikit….he..he…

  7. Al-Azhar insyaallah merupakan salah satu benteng Ahlu Sunnah wal jama’ah walaupun ada sebagian -mahasiswanya- yang mempunyai pemahaman berbeda. Ulama-ulama ahlu sunnah di Mesir alhamdulillah banyak diantaranya adalah Al ‘Allaamah Syaikh Ali Jum’ah Muhammad-ulama ushul fikih, Dr Usama as-Sayyid-bidang hadist-Dr Yusri-belum tau beliau spesialis apa tapi sepertinya beliau pernah mengajar al Hikam-tashawwuf-dan masih banyak lagi. Sekarang mereka rahimahullah sepertinya akan lebih sering mengadakan talaqi di Masjid Azhar untuk memberi pemahaman kepada masyarakat ataupun mahasiswa tentang manhaj yang tawasuth karena sekarang di mesir ada sebagian orang yang mutasyadid. Wallahu ta’ala a’lam

    1. @mas ustadz syahid dan dianth

      lanjutkan dahwah nya,insya Allah kami dukung mas ustadz syahid dan mas ustadz dianth,…
      semoga Allah memberikan pencerahan kembali kepada saudara2 kita salafy tuk kembali pada aqidah aswaja…
      dan semoga Allah memberikan kemudahan dakwah kpd antum,
      buah pena yg dapat mudah di mengerti dan kita fahami semua…
      dan semoga keberkahan dr Allah tercurah untuk kita semua ,…
      amiin..

  8. buat mas agus dan kawan2 aswaja lainnya biar gak dobel tanggapan (bantahan) dalam artikel yang sama Insya Allah saya akan menanggapi bantahan ust. firanda atas tulisan abu Salafy dengan judul artikel ” ternyata Tuhan itu tidak dilangit “.

    mohon doanya semoga tanggapan (bantahan) saya bisa membungkam sang Ustadz.

  9. Oke deh admin ummati, tolong diingatkan janjinya mas syahid sama mas agus, tafaddhal dibantah tulisannya para dai salafy itu, tapi ojo lali konfirmasi sama mereka supaya mereka tahu kalau dibantah, jangan sampai nanti para pendukung ummati yang keblinger bersorak kesenangan karena merasa tulisan “jagoan” mereka yang ndak ilmiah membungkam para dai salafy yang berada diatas manhaj yang haq, terima kasih.

  10. akmal ismail as salafy@

    Silahkan nanti antum saja yg konfirmasi ke ustadz2 Salafy Wahabi yg akan ditanggapi tulisannya di sini. Sebab Mas Agus dan Mas Ahmad Syahid tsb kan memenuhi permintaan antum, ya kan?

  11. Mas @admin
    Ide yang bagus, ane tunggu artikel dari mas @agus, karena ustad @wahabi ini kadang aneh dalam menjawab pertanyaan dari sipenanya. Ane tunggu mas @agus.

  12. Silahkan Mas Agus, insyaallah nanti akan diposting di Page Utama jika ilmiyyah, sebab konon tulisan Ustadz Firanda juga ilmiyyah menurut sudut pandang mereka.

    Monggo silahkan juga bagi yg lainnya jika ingin menanggapi tulisan/artikel dari Ustadz-ustdz Salafy Wahabi. (Untuk memudahkan kami agar mengetahui bahwa itu artikel tanggapan/jawaban/kritik, tolong beri catatan untuk menanggapi Ustadz siapa dan alamat url Websitenya).

  13. Oke deh gus, kalau memang abu salafy lebih tinggi dari firanda, makanya gua tagih janji si syahid buat bantah dia, zulkarnain bin muhammad sanusi dan abu karimah askary di web : an-nashihah.com atau darussalaf.or.id atau asysyariah.com dan para salafiyin lainnya, tapi kalau menurut loe ahmad syahid masih ketinggian buat mereka, gua silahkan loe aja deh yang bantah dai 2 salafy itu…. monggo

    1. Baiklah, nanti akan saya cari artiukel2 Firanda yg menyimpang dan akan ana tanggapi juga lewat situs ini. Syukur2 nanti Mas Admin bersedia memuat sebagai postingan di Ummati. He he he … tunggu tanmggal mainnya ya????

  14. akmal ismail as salafy @

    Abu Salafy terlalu tinggi buat Firanda, Bro. Makanya banyak pernyataan dan jawaban Firanda tidak nyambung dg apa yg dimaksud oleh Abu Salafy. Justru Firanda itu jadi penebar fitnah tentang Abu Salafy gara-gara tidak nyambungnya itu.

    Saya yakin Bang Ahmad Syahid akan lebih selevel dg Firanda jika di adakan dialog terbuka di sini. Pasti deh, kebiasaan Pengikut Wahabi kalau diskusi kebanyakan mutar muter dulu dan tidak fokus. Saya yakin Firanda akan di-KO oleh Ahmad Syahid. Silahkan coba deh kalau Firanda nanti berani menagggapi apa-apa yg dfitulis oleh Mas Syahid. Biar nanti para pembaca yg menilainya, oke Bro?

    Saya akan selalu mengikuti setiap detiknya, monggo dilanjut.

  15. Oke deh syahid, kita tunggu aja tulisan ente buat bantah ustadz firanda, karena loe memang hobi banget jidal nampaknya sehingga terus mampir kesana-sini membela paham nyeleneh lu, tapi anehnya diblognya firanda cuma 1 aja komen loe yg keluar, kita tunggu bantahan lu syahid, karena loe nampaknya lebih berilmu dari abu salafy…..

  16. Matur Nuwun ilmunya…
    untuk pertanyaan no 7, penjelasannya terlalu ringkas.
    dimana saya dapat penjelasan yang lebih detail??
    sekali lagi matur nwun…

  17. Alhamdulillah, terima kasih penjelasannya dari Mas Syahid, mantab n Oke. Semoga seseorang yg mengaku cari Aswaja sing Bener itu dapat hidayah-NYA, amin….

    Kalau bersedia meluangkan waktu untuk sering membaca artikel-artikel di sini insyaallah kita akan terbuka hijab taklid buta kepa Wahabisme. Sebab semua yg diposting di sini merupakan fakta yg sulit dibantah oleh orang-ortang yg jujur hatinya. Wallohu a’lam.

KOLOM KOMENTAR ANDA :