Kenapa Penduduk Indonesia Mayorias Muslim Toleran?

Kenapa Penduduk Indonesia Mayorias Muslim Toleran? Islam Masuk Indonesa Secara Damai Sehingga Islam Indonesia Menjadi Agama Rahmatan Lil’Alamin. “Wamaa arsalnaka illa rohmatan lil ‘alamin” Yang artinya : “Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam.” (Q.S. Al Anbiya’ : 107).

Berdasarkan firman Allah SWT tersebut, dapat disimpulkan bahwa Islam merupakan Agama yang bersifat menyeluruh atau universal di alam semesta ini. Islam adalah rahmat bagi seluruh alam di dunia ini.

Islam Rahmatan Lil’Alamin bukan hanya berlaku untuk satu Negara saja melainkan semua Negara di dunia yang beragama Islam termasuk di Indonesia. Namun, banyak orang yang menyimpangkan pernyataan tersebut.

Efeknya, banyak menimbulkan masalah dalam praktek agama, maupun aqidahnya. Bahkan sebagian muslim membiarkan orang-orang muslim lainnya meninggalkan sholat, pelacuran dimana-mana, membiarkan wanita membuka aurat, dan lainnya. Tetapi enggan untuk menasehati karena khawatir tersinggung hatinya.

Padahal bukan demikian maksud dari Rahmatan Lil’Alamin. Bentuk kasih sayang Allah SWT bermacam-macam salah satunya dengan memberi mereka petunjuk. Dan tergantung dari bagaimana seseorang menjelaskan aqidahnya.

Penduduk Indonesia Mayorias Muslim Toleran

Intinya, harus menerima segala perbedaan agama karena Tuhan itu semesta bukan untuk satu golongan saja. Banyak pemahaman baru terkait dengan toleransi beragama, dan apalagi paham fanatik sekarang sudah menjadi makro (luas).

Maksud dari paham fanatik di sini yaitu banyak yang lebih tertarik bahwa Islam menyebar berasal dari peradaban Indonesia.

Islam menyebar ke Indonesia di bawa oleh orang-orang Arab dan Gujarat. Islam di bawa ke Indonesia tidak dengan cara kekerasan melainkan dengan perdamaian. Maka penyebaran Islam di Indonesia berkembang dengan pesat meskipun pada waktu itu penduduk pribumi pada masa itu mayoritas beragama Hindu dan primitif.

Jadi, Kenapa Penduduk Indonesia Mayorias Muslim Toleran? Karena Islam Masuk Indonesa Secara Damai. Sehingga Islam Indonesia Menjadi agama yang toleran, agama Rahmatan Lil’Alamin. (Mohammad Taufiq, mahasiswa UIN Jakarta)

Jasa Website Alhadiy

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :