Kenapa GP Ansor Tidak Minta Maaf atas Kejadian Pembakaran Bendera HTI ?

Kenapa GP Ansor Tidak Minta Maaf atas kejadian Pembakaran Bendera HTI, Ini Alasannya!

Kenapa GP Ansor Tidak Minta Maaf atas Kejadian Pembakaran Bendera HTI, Ini Alasannya!

Ketum GP Ansor H Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) mengumumkan bahwa pihaknya tidak akan meminta maaf atas insiden pembakaran bendera HTI. Ia mengumumkan bahwa pembakaran bendera HTI itu bukan sebuah kekhilafan dalam agama dan kekhilafan dalam hukum positif.

Gus Yaqut menambahkan bahwa bendera HTI bukan bendera ummat Islam. Sementara pada sisi lain, HTI sudah divonis oleh pengadilan tempo lalu selaku organisasi terlarang di Indonesia sebab menyalahi Perppu Ormas.

“Saya akan kembali lagi ke pernyataan awal, kenapa kami tidak akan meminta maaf sebab sekali saja saja maka HTI akan memperoleh pengakuan bahwa bendera mereka itu telah jadi bendera ummat Islam. Padahal kita ini juga ummat Islam bos. Kita tidak merasa terwakili oleh HTI,” kata Gus Yaqut ke NU Online di Kantor PP GP Ansor, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Selasa (23/10) malam.

Ia menambahkan bahwa jika pihak GP Ansor diminta atau dipaksa minta maaf, maka permintaan maaf ini wajib terang. Ia mengumumkan bahwa permintaan maaf itu ditujukan ke siapa dan atas kekhilafan apa.

Loading...
loading...

“Minta maaf ke siapa? Ummat Islam? Saya juga ummat Islam. Jika diminta untuk minta maaf, minta maaf atas dasar apa? Kan juga wajib terang,” kata Gus Yaqut.

Menurut dia, sejumlah pihak mengakui bahwa GP Ansor sudah membakar bendera tauhid. Pihak GP Ansor merespon bahwa bendera yang dibakar oleh member Banser pada warning Hari Santri 2018 di Garut ialah bendera HTI yang terang atribut dari organisasi terlarang.

Ia menambahkan bahwa penyebutan bendera tauhid ialah pengakuan sepihak. Ia mengatakan dengan tegas bahwa bendera yang dibakar sahabat Banser di Garut itu ialah bendera HTI.

“Atas pembakaran bendera HTI itu, kami tidak akan meminta maaf sebab ini menyangkut prinsip kenegaraan dan kebangsaan. Kami mencintai negeri ini. Kami tidak rela negeri ini diganggu, apalagi oleh HTI. Tidak. Kami akan mempertahankan itu,” kata Gus Yaqut. (Alhafiz K)

Loading...

http://www.nu.or.id/post/read/97884/ini-alasan-gp-ansor-tidak-minta-maaf-atas-insiden-pembakaran-bendera-hti?utm_source=dlvr.it&utm_medium=facebook

loading...

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :