Berita Iran

Kenapa Arab Saudi Rugi Milyaran Dolar Atas Boikot Iran ?

Iklan

Itulah kenapa Arab Saudi sudah pasti rugi milyaran dollar atas boikot Iran yang menghentikan sementara pengiriman para Jamaah haji dan Umroh demi alasan kemanan. Bayangkan jika langkah Iran ini diikuti oleh Indonesia dan negara-negara lain yang berpenduduk muslim, maka ekonomi Arab Saudi akan lumpuh, bahkam ambruk untuk selama-lamanya.

 

 Jamaah haji dan Umroh

Islam-Institute, RIYADH – Ini adalah fakta bahwa Negara Islam Iran memiliki jumlah jamaah haji dan umroh ketiga terbesar setelah Indonesia dan Pakistan. Iran mengirimkan 61 ribu peziarah setiap tahunnya untuk melakukan ibadah haji, sementara ibadah umroh, Iran mengirimkan 750 hingga 800 ribu peziarah yang melakukan manasik umroh di tanah suci pada setiap tahunnya.

Namun melihat ketegangan antara Iran dan Arab Saudi, pemerintah Iran memutuskan menghentikan perjalanan umroh untuk sementara waktu dengan alasan kondisi keamanan. Semua orang tahu bahwa ekonomi Arab Saudi kini melemah dan goyah, dan kini perekonomian tersebut mengalami kerugian dari berkurangnya pendapatan umroh dan haji dari para peziarah Iran.

Angka dan Statistik menunjukkan bahwa pendapatan Arab Saudi dari ziarah haji merupakan bagian yang signifikan bagi anggaran tahunan negara dan bagi ekonomi secara umum, terutama ketika penurunan pendapatan minyak karena terjadi penurunan harga minyak, sebagaimana media internasional banyak menyoroti krisis itu.

Majalah Forbes menyebutkan bahwa pendapatan Arab Saudi dari haji dan umroh pada tahun 2014 sebesar 18,6 miliar dolar US, dan sekarang Riyadh sedang merencanakan upaya untuk meningkatkan pendapatan dari ritual tahunan ibadah haji.

Menurut majalah Forbes, para peziarah haji dan umroh dari Iran memberikan pemasukan sebesar tiga miliar dolar kepada Arab Saudi untuk setiap tahunnya. Majalah tersebut tidak menyebutkan nominal belanjaan barang para penziarah dari Iran di pasar-pasar Arab Saudi selama melaksanakan Haji dan Umroh yang tentunya akan mengangkat jumlah yang telah disebutkan secara signifikan.

Belum lagi pendapatan yang diperoleh dari anggaran belanja perorangan, jika kita mengatakan bahwa rata-rata barang pembelian setiap penziarah Iran dari Arab Saudi sekitar seribu dolar untuk setiap orangnya, itu berarti para peziarah Iran membelanjakan uang mereka sekitar 750 juta dolar untuk membeli barang dagangan dari pasar Arab Saudi. Sementara para ahli mengatakan bahwa jumlah sebenarnya jauh lebih tinggi dari pada jumlah yang telah disebutkan.

Itulah kenapa Arab Saudi sudah pasti rugi milyaran dollar atas boikot Iran yang menghentikan sementara pengiriman para Jamaah haji dan Umroh demi alasan kemanan. Bayangkan jika langkah Iran ini diikuti oleh Indonesia dan negara-negara lain yang berpenduduk muslim, maka ekonomi Arab Saudi akan lumpuh, bahkam ambruk untuk selama-lamanya.  (AL/ARN/AS/MP)

IklanJasa Web Alhadiy
Tags

Related Articles

Jika ada ditemukan artikel yang salah, dan lain-lannya, silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker