Kenapa Anda Mesti Menjaga Anak Waktu Waktu Maghrib Tiba ?

Islam-Institute, JakartaWaktu Maghrib merupakan waktu pergantian antara siang dan malam. Biasanya daalm waktu ini dipakai oleh kaum muslim untuk melakukan shalat fardhu 3 rakaat. Selain perintah shalat Maghrib, ternyata kita juga diperintahkan untuk menjaga bocah-bocah supaya tak keluar rumah di waktu maghrib. Oleh karena itu, beberapa orangtua yang menyuruh anak mereka untuk menghentikan segala aktivitas di luar rumah.

Beberapa orangtua zaman dahulu juga berpesan untuk cepat menggendong atau memangku bayi sampai maghrib berlalu. Kenapa?  Ternyata hal tersebut bukan cuma sekedar wejangan orangtua yang berbau mitos atau tahayul saja. Akan tetapi juga merupakan bagian perintah dari Nabi Saw. Lalu kenapa Rasulullah memerintahkan hal tersebut? Berikut info selengkapnya….

 

Waktu maghrib ialah waktunya jin dan syetan berkeliaran. Itulah sebabnya selaku orangtua mesti menjaga anaknya dari gangguan makhluk tersebut. Dijelaskan oleh Nabi Saw dalam sabdanya:
“Bila malam datang, tahanlah bocah-bocah kalian sebab sesungguhnya syetan menyebar kala itu! Dan kalau sesaat waktu malam sudah berlalu, lepaskanlah mereka. Tutuplah pintu dan bacakanlah nama Allah! Sebab sesungguhnya syetan tak mampu membuka pintu yang tertutup. Tutuplah bejana-bejana kalian dan bacakanlah nama Allah meski engkau akan menghidangkannya. Dan padamkanlah lampu kalian.” (Hadist Riwayat Al Bukhari dan Muslim).

Mungkin di antara kita beberapa menemui bayi yang menangis terus semenjak maghrib sampai malam hari tanpa karena yang terang seperti mengompol haus atau sakit. Sanggup saja itu terjadi sebab bayi tersebut sedang diganggu oleh syetan.

Karena dikatakan pada waktu waktu maghrib tiba setan-setan itu menyebar mencari tempat untuk berlindung. Sebab itu tatkala magrib sudah tiba dan pintu rumah tak ditutup dengan menyebut nama Allah, maka berkemungkinan besar rumah tersebut akan dimasuki oleh syetan. Itulah sebabnya selaku orangtua mesti membentengi anak-anaknya dari gangguan jin dan syetan tersebut. Cara yang paling mudah untuk dilaksanakan ialah dengan membacakan 10 ayat di surat Al-Baqarah, empat ayat awal surat Al-Baqarah, ayat kursi dan dua ayat setelahnya serta dua ayat terakhir surat Al-Baqarah.

Dari Ibnu Mas’ud r.a sesungguhnya Nabi saw bersabda, “Barangsiapa membaca sepuluh ayat; empat ayat diawal Al Baqarah, ayat kursi dan dua ayat setelahnya dan penghujung surat Al Baqarah, maka syetan tak akan masuk rumah tersebut sampai Subuh.” Hadist yang diriwayatkan dari Thabrani dalam AlKabir.

Akan tetapi pada kenyataannya beberapa orangtua di zaman now melalaikan hadist tersebut. Mereka masih saja membiarkan anak-anaknya bermain sampai azan berkumandang atau berada di luar rumah waktu maghrib. Padahal pada kenyataannya bocah-bocah belum mampu membentengi diri dari gangguanjin atau syetan yang sedang berkeliaran di waktu maghrib.

Demikianlah ulasan perintah Rasulullah kpd orangtua untuk menjaga anak mereka di waktu magrib tiba. Maka dari itu, mulai waktu ini amalkanlah hadist Nabi Saw tersebut supaya rumah dan keluarga kita terhindar dari gangguan jin. (wiwik setiawati/infoyunik)

Jasa Website Alhadiy

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :