Kemuliaan Dokter Soedanto: Setiap Orang Berhak Dilayani

Dengan Bayaran 1000 Rupiah per Pasien, Dokter Soedanto Melayani 200 Pasien Setiap Hari

Setiap orang berhak mendapatkan pelayanan kesehatan, makanya saya hanya menerima bayaran jika ada yang berobat itu Rp 1.000 saja.

Islam-Institute, Jakarta – Mahalnya biaya layanan kesehatan sering dikeluhkan pasien jika berobat ke dokter mau pun rumah sakit. Namun, hal itu tak berlaku bagi dokter Soedanto yang mengabdi di Timur Indonesia, Papua. Dokter Soedanto hanya mengenakan tarif Rp 1.000 per pasien jika ada warga Papua yang datang berobat kepadanya.

Pengabdian dan cinta kasih yang tulus itu mengantarkan dokter Soedanto sebagai peraih penghargaan Liputan 6 Award kategori Kemanusiaan. Ia mengatakan kesehatan adalah hak semua orang. Dan semua pasien berhak dilayani dan tidak terbatas hanya bagi orang yang bisa membayar.

“Saya hanya ingin menciptakan kesamaan. Setiap orang berhak mendapatkan pelayanan kesehatan, makanya saya hanya menerima bayaran jika ada yang berobat itu Rp 1.000 saja,” kata dokter Soedanto saat menerima penghargaan di Gedung Arsip Nasional, Jalan Gajah Mada No. 111, Jakarta Pusat, Kamis (23/5/2013).

Ia menambahkan selama bekerja di Rumah Sakit Abepure, Jayapura, Papua, banyak sekali kenangan yang mendorong dirinya untuk selalu mengabdi sebagai ahli kesehatan di Papua. Ia mengaku melayani sebanyak 200 pasien setiap harinya,kecuali Minggu. Namun, hal itu justru tidak membebani dirinya.

“Banyak hal yang telah saya lewati. 40 tahun sebagai dokter disana bukan waktu yang sebentar. Namun saya akan terus memberikan pelayanan kesehatan kepada siapa saja masyarakat di Papua yang membutuhkan bantuan saya,” ungkap Sodento asal Kebumen, Jawa tengah itu. (al/liputan6.com)

 

You might like

About the Author: admin

KOLOM KOMENTAR ANDA :