Karomah Gus Dur, Awan Senantiasa Menaungi Gus Dur waktu di Makkah

Ini cerita Karomah Gus Dur. Ada Awan Senantiasa Menaungi Gus Dur waktu di Makkah. Waktu itu Gus Dur sedang menjalankan ibadah Haji 1994 bareng KH Said Aqil Siroj ….

Karomah Gus Dur – Jazirah Arab di masa lalu sampai waktu ini merupakan daerah yang tandus dan panas. Seseorang kalau melaksanakan perjalanan di jazirah Arab telah pasti akan melewati padang pasir. Merupakan sesuatu perjalanan yang menyiksa yang jadi perjuangan berat dan butuh persiapan fisik prima dan mental yang tangguh.

Bagian tanda kenabian Muhammad Saw ialah saat beliau mengikuti misi dagang. Dari Makkah ke Syam, sekarang daerah Damaskus Suriah, bareng pamannya Abu Thalib. Sejauh perjalanan tersebut Nabi Muhammad kecil senantiasa dinaungi oleh awan sehingga tak kepanasan.

Terkait dengan cerita karomah Gus Dur yang dinaungi awan waktu di Makkah, tentu saja jangan dibandingkan dengan Nabi Muhammad. Alkisah, Gus Dur pernah mengalami fenomena keajaiban alam yang juga luar biasa. Ini dialami saat ia berada di Makkah untuk menjalankan ibadah haji tahun 1994 lalu.

Kyai Said Aqil Siroj yang mendampingi Gus Dur mengisahkan karomah Gus Dur. Waktu itu iring-iringan haji telah ada di Arafah. Lalu Gus Dur bertiga, dengan Kang Said dan Sulaiman, asisten pribadi Gus Dur, memisahkan diri. Dan menjauhi perkemahan untuk berdoa di suatu tempat.

Karomah Gus Dur dinaungi awan

Mereka bertiga berdzikir panjang di tengah udara gurun pasir yang panas sehingga keluar keringat yang beberapa. Untungnya ada awan yang berada di atas mereka yang menjaga pancaran sinar matahari langsung.

Di tengah-tengah dzikir tersebut, tiba-tiba awan tersebut menyibak dan satu cahaya kecil menerobos langsung mengenai tubuh Gus Dur. Sementara dua orang yang mengiringinya tak terkena sinar tersebut. Gus Dur yang memimpin dzikir meneruskan dzikirnya sementara mereka berdua cuma sanggup saling berpandang mata sambil terdiam dan ternganga.

“Kelihatan sekali ada mego (awan) membuka, ada cahaya yang ke Gus Dur, ini saya tahu sendiri. Jika diceritakan sulit, sebab orang pasti tak percaya,” kata Kang Said.

Namun sesudah kejadian tersebut, Kang Said tak menanyakan problem itu. Menurut dia, kalau pun ditanya, Gus Dur pasti jawabnya ringan-ringan saja. Padahal dalam ajaran Islam Ahlus Sunnah Wal jema’ah ada yang disebut karomah. Yaitu kejadian luar biasa yang tidak masuk akal yang dialami oleh seorang muslim mukmin. Sanggup jadi itu ialah bagian karomah Gus Dur. (mkf)

Sekali lagi kami ingatkan jangan membandingkan keistimewaan Gus Dur dengan keistimewaan Nabi Muhammad Saw. Keistimewaan luar biasa Rasulullah disebut mu’zizat, sedangkan yang ada pada gus Dur disebut karomah. Lebih spesifik disebut karomah Gus Dur.

Simpan

Simpan

Jasa Website Alhadiy

You might like

About the Author: admin

2 Comments

  1. Saya ingat. Saat di alun2 kebumen, waktu gusdur mau naik mimbar diawali dg shalawat badar. Awan menaungi alun2 berbentuk bundar persis diatas alun2. Tapi selesai beliau khotbah & mba Tutut naik mimbar. Awan mulai bercerai berai.

KOLOM KOMENTAR ANDA :